Wednesday, April 26, 2017

Husnul khotimah


Hari ini melihat bagaimana sakaratul maut..Allahu Akbar..Masyaallah.. begitu indah kematian beliau.
Ustadz Qadr Ja'far meninggal saat membaca Surat Al Mulk..

May Allah SWT give us a good end Husnul khotimah
Aamiin.


Mommy's Musa

Beberapa keutamaan Surat Al Milk....

 beliau bersabda: Surah Al Mulk adalah Munjiyah (penyelamat) dan Mani’ah (penghalang) yang dapat menyelamatkannya dari siksa kubur.

Oleh sebab itu sahabat Ummi, Banyak manfaat yang dapat kita ambil dari membaca Surah Al Mulk antara lain sebagai berikut:

1. Diampuni dosanya

عنأبيهريرة،عنالنبيصَلَّىاللَّهُعَلَيْهِوَسَلَّمَقال: سورةمنالقرأن،ثلاثوناية؛تَشْفَعُلصاحبهاحتىيُغْفَرَله: تباركالذيبيدهالملك.

(رواهأبوداودواللفظله, والترمذيوغيرهما،وصححهابنحبانوالحاكموالذهبي،وحسنهالترمذيوالألباني)ـ

Dari Abu Huroiroh, Nabi -shollallohu alaihi wasallam- bersabda:

“Ada surat dari Alqur’an yang terdiri dari 30 ayat, Surat tersebut dapat memberikan syafa’at bagi ‘temannya’ (yakni orang yang banyak membacanya) sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu: Surat Tabarokalladi bi yadihil mulk“. (HR. Abu Dawud dg redaksinya, diriwayatkan pula oleh at-Tirmidzi dan yang lainnya. Hadits tersebut shohih dan telah di-shohih- kan oleh Ibnu Hibban, al-Hakim, dan adz-Dzahabi, sedangkan at-Tirmidzy dan Albani menghasankannya)







عنأنسبنمالكقال،قالرسولاللهصلىاللهعليهوسلم: سورةمنالقرآن،ماهيإلاثلاثونآية،خاصمتعنصاحبهاحتىأدخلته

الجنة،وهيتبارك. (رواهالطبرانيفيالمعجمالأوسطوحسنهالألبانيفيصحيحالجامع)ـ

Anas bin Malik mengatakan, Rosululloh-shollallohu alaihi wasallam bersabda:

“Ada surat dari Alqur’an, ia hanya terdiri dari 30 ayat, Surat tersebut dapat membela ‘temannya’ sehingga memasukkannya ke surga, yaitu: Surat Tabarok“. (HR. Thobaroni dalam Mu’jamul Ausath, dan dihasankan oleh Albani dalam Shohihul Jami’)

2. Dihindarkan dari siksa kubur dan siksa neraka

Keutamaan kedua yang dapat diperoleh dari membaca surat Al Mulk adalah dijauhkan dari siksa kubur dan siksa neraka yang pedih.

Dari Abdulloh bin Mas’ud mengatakan: “Barangsiapa membaca surat Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Alloh azza wajalla

menghindarkannya dari adzab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rosululloh-shollallohu alaihi wasallam- (masih hidup) menamainya “al-Mani’ah” (penghindar/penghalang).

"Sungguh surat tersebut ada dalam Kitabulloh, barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan” (HR. Nasa’i dengan redaksinya, diriwayatkan pula oleh al-Hakim dan ia mengatakan: sanadnya shohih, dan dihasankan oleh Albani)

Melihat keterangan hadits-tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa memperbanyak membaca Surah Al Mulk dapat menghindarkan seseorang dari siksa kubur dan siksa neraka.

3. Menjauhkan diri dari maksiat

Dalam surat Al Mulk disebutkan bahwa orang yang taat pada Allah adalah orang yang tetap taat meskipun tidak ada yang melihat sebagaimana dalam firman Allah SWT berikut Ini.

“Mereka itu takut pada Allah di kesunyian ketika mereka tidak nampak di hadapan manusia lainnya.Mereka pun taat pada Allah dalam keadaan sembunyi-sembunyi. Tentu saja dalam keadaan terang-terangan, mereka pun lebih taat lagi pada Allah” ( QS Al Mulk : 12 )

Pada intinya orang yang berima itu taat pada Allah meskipun di kesunyian dan takut berbuat maksiat kepada Allah. Sebagaimana dijelaskan oleh Syaikh As Sa’di, “Mereka takut pada Allah dalam setiap keadaan sampai-sampai pada keadaan yang tidak ada yang mengetahui amalan mereka kecuali Allah. Mereka tidak melakukan maksiat dalam kesunyian.

4. Menjadikan kita sebagai orang yang bertawakal

Dalam Surah Al Mulk ayat 15 , Allah SWT juga menunjukan diisyaratkan tentang perintah berjalan di muka bumi untuk mencari rizki dengan berdagang,bertani, dsb. Ini menunjukan bahwa tawakal bukan hanya berserah diri kepada Allah melainkan bekerja dan berusaha,sebagaimana tercantum dalam ayat berikut;

هُوَالَّذِيجَعَلَلَكُمُالْأَرْضَذَلُولًافَامْشُوافِيمَنَاكِبِهَاوَكُلُوامِنْرِزْقِهِ

“Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu,maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezekiNya”

Sebagaimana dijelaskan oleh Sahl At Tutsuri , “Barangsiapa yang mencela usaha(meninggalkan sebab) maka dia telah mencela ketentuan yang ditetapkan oleh Allah Swt.Barangsiapa yang mencela tawakkal maka dia telah meninggalkan keimanan. Tawakal juga membuat kita kuat dalam menghadapi musibah yang diberikan oleh Allah.”

Sudah tahu betapa dahsyat faedahnya, yuk kita amalkan!


Link below 👇
http://www.ummi-online.com/inilah-4-faedah-membaca-surah-al-mulk.html

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komentar. Mohon tidak memberikan link hidup ya 😊.

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES