Friday, August 18, 2017

Dirgahayu NKRI, mengenang Surabaya

Dirgahayu Indonesia
Selamat Ulang Tahun NKRI yg ke 72 tahun!

Haiii readers, apa kabar?
Seru yaa menikmati Acara Agustus-an di sekolah, di kantor, di kampung?
Dapat hadiah apa saja?
Saya sedari pagi menonton TV, menikmati acara di Istana Merdeka Jakarta yang seru banget.
Ikut bangga khan ya?
Pengen dech jadi Paskibraka!



Berhubung tahun ini kami tidak mengikuti upacara bendera, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya saat kami dinas. Kami sekeluarga pun berencana mengunjungi salah satu monumen bersejarah simbol perjuangan masyarakat Surabaya.

Ya... Monumen Tugu Pahlawan Surabaya, icon bersejarah Kota Pahlawan. Bagi yang tinggal di Surabaya, belum lengkap rasanya bila belum pernah mengunjunginya. Kami berkunjung pada hari Minggu pagi ya, bukan tanggal 17 Agustus, karena biasanya digunakan untuk Upacara Kemerdekaan.


Jadi pas sekali bukan? Merasakan nuansa Dirgahayu Kemerdekaan NKRI sambil berkunjung ke Monumen Tugu Pahlawan, temanya masih tentang perjuangan mempertahankan kemerdekaan NKRI.










MONUMEN  TUGU PAHLAWAN

Monumen Tugu Pahlawan merupakan monumen bersejarah yang dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur mempertahankan kemerdekaan di Surabaya. Tepatnya tanggal 10 November 1945, terjadi pertempuran antara masyarakat Surabaya melawan Belanda, Inggris dan Pasukan Sekutu. 

Area lapangan yang luas sering digunakan untuk  berolahraga maupun kegiatan pramuka. Seperti pada hari sabtu ketika kami datang, banyak yang sedang jogging, serta beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh sekolah mulai siswa TK, SD hingga SMA.

Jika readers ingin menggunakan lapangan untuk beraktifitas dalam jumlah banyak, sebaiknya harus ijin terlebih dahulu ke pihak pengelola.



Tarif 
  • Tarif masuk Monumen Tugu Pahlawan hanya dikenakan tarif parkir saja
  • Tarif masuk Museum 10 November Rp. 5000,-


Jam Buka
Jam buka Monumen Tugu Pahlawan dan Museum 10 November

  • Senin dan hari libur national : tutup
  • Selasa - Jumat : 08.00 - 14.30
  • Sabtu - Minggu : 08.00 - 13.30


Lokasi
Lokasi Monumen Tugu Pahlawan  berada di pusat kota, tepatnya di Jalan Pahlawan Surabaya, dan berada tepat di depan Kantor Gubernur Jawa Timur. Jadi cukup mudah untuk menuju kesana bukan?


Ketika memasuki Monumen Tugu Pahlawan, readers akan melihat Patung Proklamator Republik Indonesia, Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta sedang berdiri membacakan teks Proklamasi. Dibelakang kedua patung tersebut terdapat pilar-pilar menyerupai reruntuhan, bertuliskan tulisan penyemangat selama masa-masa perjuangan.


Salah satu tulisan yang terbaca pada pilar-pilar adalah "Merdeka ataoe Mati".

Oh iya..tempat ini salah satu spot foto paling favorit. Saat ramai pengunjung, readers harus mengantri jika ingin berfoto disini.



Arsitektur
Monumen Tugu pahlawan mempunyai bentuk PAKU terbalik, dimana diameter bawah tugu bentuknya lebih besar dari diameter atas. Tingginya  mencapai 45 yard atau sekitar  41,15 meter dengan diameter 3,1 meter,  ukuran diameternya semakin ke atas, akan semakin kecil.




Tubuh Monumen Tugu Pahlawan mempunyai bentuk lengkungan-lengkungan (Canalures), dengan 10 lengkungan, dan terbagi atas 11 ruas. Tinggi, ruas, dana canalures mengandung makna tanggal 10, bulan 11, tahun 1945.






Untuk menuju ke Museum 10 November, readers akan melewati jalan trotoar disamping kanan dan kiri lapangan. Terdapat taman yang rindang dan asri, dengan beraneka jenis tumbuhan, readers bisa beristirahat sejenak bersama keluarga di area ini.






Di area sekitar lapangan juga terdapat  6 buah patung tokoh pejuang Surabaya, beberapa peralatan bersenjata, dan mobil Bung Tomo.

Patung tokoh pejuang yang terdapat di sisi kanan dan kiri dari lapangan antara lain patung dari:
  • Bung Tomo (penerus BPRI, tokoh pengobar semangat perjuangan masyarakat Surabaya melalui radio pads peristiwa 10 November 1945)
  • Doel Arnowo (Ketua KNI, Walikota Surabaya, 1950)
  • Gubernur Soerjo (Gubernur Pertama Jatim, 1945)
  • R. Muhammad (Mantan tentara PETA, tokoh perundingan dengan Jendral Mallaby)
  • Mayjen Sungkono (komando BKR, pemimpin berbagai serangan pada Jepang & Sekutu) 
  • Residen Sudirman (Kepala Karesidenan, tokoh perundingan dengan Jendral Mallaby)
*keterangan dari tulisan dibawah patung* 

Beberapa Koleksi Patung
 di Monumen Tugu Pahlawan


Beberapa kendaraan tempur dan peralatan bersenjata juga terdapat di bagian belakang Monumen Tugu Pahlawan, tepatnya pada halaman terbuka di area Museum 10 November. Antara lain:

  1. Panser Brend Carrier. Model MK-II (STD), buatan Inggris.
  2. Mortir 120m. Model M-52, buatan  Yugoslavia.
  3. Meriam PSU 40mm. Model L 60 BOFORS (STD), buatan Swedia.


Semuanya merupakan hasil rampasan perang dari tentara Sekutu pada pertempuran 10 November 1945 oleh para pejuang yaitu arek-arek Suroboyo. Saat ini menjadi koleksi Kodam V Brawijaya.






Mobil Bung Tomo buatan Jerman, jenis Opel Kapitan, juga dapat readers lihat di area taman, saksi bisu sejarah perjuangan salah satu tokoh pejuang Surabaya.




Untuk memasuki kawasan Museum 10 November, loket tiket museum berada beberapa meter di belakang "Batu bertulis".
"Padamu generasi, tanpa pertempuran Surabay . Sejarah, bangsa, dan negara Indonesia akan menjadi lain"




Postingan berikutnya tentang Museum 10 November.  Jangan lupa mampir juga ya😊





Monumen Tugu Pahlawan dan Museum 10 November

Jl. Pahlawan Surabaya
Phone: +6231 3571100 
Fax : +6231 3571100


Nah..demikian kunjungan saya kali ini ke salah satu icon bersejarah Kota Surabaya. Tak terasa negara kita tercinta menempuh Usia 72 tahun ya? Usia yang cukup matang bagi sebuah negara, semoga senantiasa berdaulat serta mampu mensejahterakan seluruh rakyatnya.

Semoga kunjungan kali ini bermanfaat bagi readers. Ke Surabaya jangan lupa mengunjungi Monumen Tugu Pahlawan yaa♥



Baca juga:
Cara Mendidik Anak Berdasarkan Usia






Special thanks to Reference:
Museum 10 November Jl. pahlawan Surabaya
  1. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Tugu_PahlawanPahlawan diakses 17 Augustus 2017
  2. https://daerah.sindonews.com/read/801803/23/peristiwa-10-november-1945-1383559832 diakses 17 Agustus 2017

28 comments:

  1. Ingat surabaya ingat kisah suro dan buaya jaman kecil. Semakin cantik kotanya skrg..bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surabaya semakin cantik, nyaman, dan bersih...bangga jadi orang Surabaya ya

      Delete
  2. aku udah bertahun-tahun disurabaya tapi belum pernah masuk ke sini, hahhaha ternyata dalamnya bagus ya.. baru tau aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Museum 10 Novembernya juga Bagus Mbak Ike.. Mampiir kesana yaa

      Delete
  3. surabaya memang bersejarah banget yaa.. terkesan sama yg rampasan perang. dirgahayu Indonesia ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merdeka! Thanks sudah mampir Mbak Putu

      Delete
  4. Pernah ke Monumen Tugu Pahlawan ini sekitar 4 tahun yang lalu. Tapi baru baca kisah lengkapnya di sini. Terima kasih sudah berbagi informasi, Mbak. Selalu senang dengan bangunan bersejarah, membuat kita jadi bersyukur tinggal menikmati perjuangan para pahlawan bangsa dan tentu musti semangat lagi melanjutkan perjuangannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Melanjutkan perjuangan, mengisinya dengan semangat positif yaa Mbak Dian..makasi udah main kemari

      Delete
  5. aku lama gek ke sini
    pengen sekalian sama jalan2 di sekitar Jalan Rajawali gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walah can suroboyo to..hehe jalan Rajawali dimana ya Mas Ikrom?

      Delete
  6. Ahhh aku ke Surabaya selalu nggak sempat kesini huhuhu

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Next trip mampir ke MTP Mbak Inez..terus nulis di blognya hehhe

      Delete
  7. Berkali-kali lewat, sempat tinggal nggak terlalu jauh dari Tugu Pahlawan, tapi belum pernah sekalipun masuk sedekat ini. Ternyata menarik, ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga baru dua kali, pertama kali masuk Museumnya kemarin Mbak Imaniar..Bagus!

      Delete
    2. Saya juga baru dua kali, pertama kali masuk Museumnya kemarin Mbak Imaniar..Bagus!

      Delete
  8. Jadi kangen surabaya lagiiii... kemarin banyak daerah yg belum dieksplor. Nice posting mba πŸ˜‰

    ReplyDelete
  9. lengkap nformasinya ..thank you ummii
    jadi kepengen kesurabaya :=)

    ReplyDelete
  10. Main kesini ketika suami masih dinas di Surabaya. Anak-anak paling suka foto di mobil-mobil kuno itu.

    ReplyDelete
  11. Jadi kangen pengen pulang ke Surabaya mbak..hehe..
    Dulu pernah beberapa kali berkunjung ke Monumen Tugu Pahlawan nya, dan memang nuansa perjuangan nya kerasa banget disana..

    ReplyDelete
  12. Waktu ke Surabaya gak sempat singgah...πŸ˜•

    ReplyDelete
  13. Waaah keren mbak.. Jadi berasa ke museum.. Lengkap infonya😘

    ReplyDelete
  14. Tugu pahlawab oke juga buat spot foto-foto. Aku udah 2x kesini

    ReplyDelete
  15. Wah...tiket masuk ke Monumen Tugu Pahlawan, murah ya... Suatu hari nanti, kalau saya ke Surabaya, tempat ini bisa jadi salah satu tujuan yang akan dikunjungi.

    ReplyDelete
  16. hmm, saya belum pernah ke situ kak. jadi pengen ke sby nich.

    ReplyDelete
  17. Surabaya oh Surabayaa. Tempat yg jd khasnya arek Suroboyo πŸ˜‡ Jd rindu sama Surabaya mbaaak. Oiyaa monumen tugu pahlawan ini setiap 6 bulan sekali selalu jd destinasi para mahasiswa asing yg mengikuti summer camp di ITS mbaak. Suroboyo banget soalnya πŸ˜…

    ReplyDelete
  18. pingin deh kesana buat berlibur dan menambah ilmu pengetahuan

    ReplyDelete
  19. Surabaya.... buminya para pahlawan...berani, cerdas, dan terampil...mantap euy....ayo arek arek suroboyo jo lali karo pahlawan ....

    ReplyDelete
  20. Banyak tempat bersejarah di Surabaya ya.

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES