Sunday, October 1, 2017

Kereta Api Indonesia di Masa Mendatang






Apa arti kereta api bagimu?


Kereta api adalah transportasi perekat keluarga kami.


Hampir 20 tahun, saya dan keluarga menggunakan jasa transportasi kereta api.


Sejak orang tua saya pindah tugas ke daerah, setiap satu bulan sekali saya mengunjungi keduanya. Begitu juga sebaliknya, orang tua akan datang ke Surabaya mengunjungi saya. Sering kali kami habiskan waktu perjalanan 3 jam di kereta api.




Bahkan saat  magang dan meneruskan studi pascasarjana di Surabaya, saya setiap minggu harus bolak-balik menggunakan kereta api untuk kuliah, dan kembali ke daerah untuk bekerja magang.


Kereta api juga yang senantiasa menemani saya dan adik-adik saya untuk saling mengunjungi kala menempuh pendidikan perkuliahan. Kebetulan kedua adik perempuan saya saat kuliah berada di Solo dan Malang.


Itulah mengapa kereta api saya katakan sebagai transportasi perekat keluarga kami. Tanpa kereta api, entah berapa banyak waktu dan energi terbuang.


Tak ayal setelah 3 tahun merantau, salah satu hal yang saya rindukan dari pulau Jawa adalah kereta api (selain keluarga tentunya).



Dibandingkan  mode transportasi yang lain, kereta api sudah menjadi bagian penting bagi hidup saya. Kemudahan akses, ketepatan waktu, serta kenyamanan saat perjalanan menjadikannya pilihan utama saat bepergian.


Sekarang pun kereta api masih menjadi pilihan utama bagi saya dan suami. Jika ada pekerjaan sebagai researcher keluar kota, saya masih memilih menggunakan kereta api. Selain menghemat waktu dan tenaga, saya bisa mengerjakan laporan  dan tugas-tugas saat dalam perjalanan, sama seperti yang biasa saya lakukan saat kuliah pascasarjana. Banyak hal yang bisa saya selesaikan selama perjalanan, bahkan tak perlu khawatir pegal-pegal, karena bisa sewaktu-waktu menggerakkan dengan berjalan ke belakang gerbong.



Ah...begitulah sedikit cerita tentang pentingnya kereta api bagi saya.

Photo credit: PT.KAI.co.id


Perjalanan panjang PT.KAI berbenah diri juga saya ikuti, mulai dari harga tiket yang murah meriah kala itu, hingga  pelayanan pemesanan tiket via online dan Go Show serta perubahan pelayanan customer oriented pun saya turut merasakan.



Sebagai perusahaan BUMN mau tidak mau PT. KAI harus semakin maju meningkatkan kualitas diri. Kerasnya persaingan mode transportasi merupakan tantangan bagi PT.KAI agar terus mengembangkan bisnisnya sehingga semakin bersaing dan mampu memberikan value bagi para pengguna kereta api.


Photo credit: PT.KAI.co.id



Kereta Api Indonesia di Masa Mendatang



Sebagai salah satu pengguna setia kereta api, saya turut mempunyai harapan dan keyakinan bahwa PT. KAI akan semakin maju dan mengalami perubahan ke arah yang lebih baik.




Keterjangkauan

Sebagai negara kepulauan, transportasi kereta api sepertinya tidak mudah menjangkau semua wilayah ya?

Tentu harapan tersebut selalu ada, dengan keyakinan kelak Kereta Api Indonesia akan ada di seluruh wilayah Indonesia hingga Papua.

Membelah lautan dengan infrastruktur yang mumpuni serta memiliki kecanggihan tekhnologi yang maksimal.




Ketepatan Waktu


Harapan akan ketepatan waktu selalu menjadi hal utama yang diinginkan pada pengguna kendaraan umum. Di luar negeri, baik di benua Eropa, Amerika Serikat hingga Jepang dan Korea Selatan,  ketepatan waktu kedatangan dan keberangkatan kereta api menjadi hal wajib.


Bahkan ketepatan waktu menjadi standard kualitas perjalanan kereta di berbagai negara.


Semoga kedepannya PT.KAI mampu memaksimalkan potensi yang dimiliki Sumber Daya Manusianya agar ketepatan waktu perjalanan menjadi hal yang utama.




Fasilitas 

Fasilitas Kereta

Sebagai salah satu transportasi penunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia, PT.KAI  mengembangkan diri dengan berbagai macam jenis kereta. Mulai dari kereta KRL, kereta penumpang ekonomi-bisnis-eksekutif, hingga kereta wisata.


Jumlah kereta api dengan niche tertentu ini bisa diperbanyak dan ditambahkan sesuai kebutuhan di masing-masing kota.







Berbagai fasilitas didalam gerbong penumpang juga bisa ditambahkan sesuai nilainya dan fungsinya. Semakin memanjakan penumpang dan mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menggunakan layanan kereta api. Seperti adanya gerbong tempat bermain anak, hingga fasilitas WiFi gratis.


Misalkan ada TV di setiap kursi, atau headset untuk mendengarkan lagi dan menonton bermacam-macam channel, seperti kereta api wisata priority tujuan Jogjakarta-Solo. Alangkah nyamannya jika semua kereta api di Indonesia nantinya memiliki fasilitas semacam itu.
Photo credit: IG keretaapikita.






Fasilitas Stasiun Dengan semakin berkembangnya era digital, konsumsi masyarakat terhadap koneksi internet juga menjadi hal utama. PT. KAI bisa menyediakan fasilitas WiFi dan free charger untuk gadget.

Selain itu fasilitas musholla dan toilet juga semakin baik dengan standard seperti di Bandara.


Pembelian Tiket

Jika sekarang pembelian tiket bisa dilakukan secara online, via travel agent, di stasiun,  hingga minimarket atau lewat mesin vending,  mungkin kelak kita bisa menggunakan kartu elektronik yang hanya perlu mengisi di ATM sekaligus melakukan pembelian disana. Tak perlu repot mengeprint tiket😊
Dan kemudahan pembelian tiket terusan dengan harga promo yang jauh lebih murah, apalagi jika di beli jauh-jauh hari (H-90).

Serta adanya pembelian tiket terusan, dari Aceh hingga Papua. Sehingga kita sebagai penumpang setia Kereta Api Indonesia bisa menikmati indahnya Alam Indonesia, layaknya mengelilingi Eropa dengan adanya tiket terusan ini.


Sumber Daya Manusia

Layaknya perusahaan BUMN penguasa transportasi utama perkereta-apian, Kereta Api Indonesia di masa mendatang tentu harus didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas dan harus memiliki daya saing tinggi.


Sumber daya manusia PT.KAI di masa mendatang seharusnya memiliki kemampuan berbahasa Inggris, ramah dan customer oriented, selayaknya seperti petugas-petugas di bandara International.


Besar harapan kami sebagai penumpang setia Kereta Api Indonesia, semoga PT.KAI semakin maju dan menjadi perusahaan perkeretaapian terbesar di Asia.














Referensi:


  1. https://m.detik.com/travel/destination/d-2123741/ini-bedanya-naik-kereta-api-di-indonesia-dengan-eropa
  2. https://kai.id
  3. https://m.detik.com/travel/travel-news/d-2211334/begini-cara-naik-kereta-murah-keliling-eropa
  4. https://www.kompasiana.com/bart/kembara-eropa-2-tips-naik-kereta-api_5500d622a333119f6f512553



*Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Karya Tulis KAI di Masa Mendatang.

41 comments:

  1. Saya.. sampai setua ini belum penah naik kereta api. Semoga bisa terwujud di masa yang akan datang bersama KAI perkeretaapian Indonesia akan lebih baik lagi

    ReplyDelete
  2. Wah...betul Mbak An bisa? Semoga kelak KAI bisa menjangkau seluruh wilayah di Indonesia yaa

    ReplyDelete
  3. beginilah naseeb tinggal didaerah kepuluan, kereta api tidak ada, sarana transportasi kami antar pulau dengan menggunakan Ferry, sy pertama kali naik kereta Api waktu tinggal di malaysia tahun 2010, kemudian 2014 kami jalan-jalan kejohor dari kualalumpur memakan waktu 3 jam perjalanan menggunakan kereta api. nyaman jika menggunakan kereta api untuk perjalanan jauh. sempat kejakarta juga naik kereta api dari stasiun bogor ke jakarta, namun aturan ketertyiban penumpang sangat berbeda jauh dengan di malayasia, penumpang lebih tertib untuk antri berbaris menunggu kereta api datang, mugkin ituuntuk perjalanan singkat, tapi melihat informasi dari blog ummi Musa tentang KAi antar wiayah .. wahh pasti seru perjalanan jauh dengan menggunakan kerata api :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga kelak semua wilayah di Indonesia bisa dijangkau oleh kereta api ya Kak Ayu. Memang Malaysia kereta apinya baguuus kak

      Delete
  4. Kereta Api juga menjadi salah satu transportasi favorit buat saya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget Kak Gieska, gak terlalu pegal-pegal, bisa selonjoran dan jalan-jalan hehehe

      Delete
  5. Duh uda terlalu lama gak naik KA. Sekarang katanya pelayanan KA lebih bagus. Jadi pengen travelling pakai KA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo Mbak Tata, ke Sidoarjo aja naik computer Mbak :D

      Delete
  6. Iya setuju banget kereta api selalu jadi pilihanku kalau harus Travelling keluar kota, sekarang tambah bersih, nyenengin bangey

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersih dan AC nya dingin yang bisnis, ekonomi juga yaa Mbak Dewi

      Delete
  7. Aku malah blm pernah loh mba naik kereta api keluar kota.. Tapi pas liat foto2nya ternyata kereta sekarang kayaknya jauh lebih nyaman yaa.. Mau nyoba ahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke Surabaya aja Mbak Novia dari Semarang hehehe

      Delete
  8. Hidup kereta api! Penolong dompet saat pergi-pergi :D
    Aku paling senang waktu KAI berubah jadi bagus Mbak..Dusuk jadi enak, perjalanan jauhpun makin menyenangkan bagi anak-anak. Semoga harapan di atas tercapai, hingga KAI makin maju lagi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak Dian..murah dikantong sesuai dengan fasilitasnya yaa. Semoga semakin maju, dan harganya semoga gak naik lagi :D

      Delete
  9. Aku ga sabar banget pengen kereta api di makassar bisa cepat beroperasi.. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..Kak Alfu jangan lupa ajak Kak Ery jalan-jalan naik kereta api yaa

      Delete
  10. Sekarang saya prefer pilih kereta Api selama masih bisa dijangkau dan waktu tidak terlalu mepet. Seperti ke Cirebon,saya naik argo Jati, walaupun sebetulnya bisa naik mobil pribadi, tapi pengen nikmatin suasana aja. KAI sekarang keren, semoga terus ditingkatkan pelayanannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Cirebon mbak Arum, semoga pelayanannya semakin baik dan harganya bisa lebih murah seperti dulu ya

      Delete
  11. Eh aku baru tau mba di sby (kemana aja gue) enak ya disana ada kereta. Kalimantan gada kereta 1 pun.semoga ke depannya nanti ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Ruli khan sibuk pindahan kemarin hahaha.. Aduh pengen ya dari Jawa ke Kalimantan naik Kereta api, pasti seru banget *berkhayal*

      Delete
  12. Replies
    1. Berkhayal semoga menjadi kenyataan ya Mbak Syafni

      Delete
  13. di Aceh belum ada KAI. padahal pasti bakal cepat tuh kalau naik KAI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang sudah ada relnya ya Kak, seperti di Lhokseumawe, tapi belum ada sampai ke Banda Aceh sayang kali.

      Delete
  14. Menurutku, sekarang ini kerasa banget sih KAI terus berbenah diri. Fasilitas yang diberikan juga semakin baik.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah ga seperti dulu..semoga semakin baik dan murah ya Mbak Anindita

      Delete
  15. Aku malah lagi rindu naik kereta api, Mbak. Sudah terlalu lama enggak naik kereta api. Habis kalau mudik naik kereta api, habis di jalan. Maklum dari Surabaya masih nambah 5 jam perjalanan darat ke timur. Jadi akhirnya selalu naik pesawat biar satu hari sampai. Kalau pun punya cuti panjang malah bawa kendaraan sendiri.
    Sekarang lagi cari cara pulang ke Bandung naik kereta, tapi selalu ada yang berbaik hati nganterin. Gagal terus deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..iya mbak dian,ngangenin naik kereta api itu, pulang merantau saya ketagihan naik kereta api terus

      Delete
  16. Belum pernah naik kereta api, jadinya beneran gak ada bayangan sama sekali tentang kereta api. Hiks :(

    Saya request di Lombok dibuatkan kereta api dan jalurnya aja deh. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Kalau ke Surabaya bisa coba jalan-jalan naik computer kak Andy ke Sidoarjo yaa.

      Delete
  17. Seumur-umur saya baru sekali naik kereta api yaitu tahun 2004 waktu ada porseni politeknik seluruh indonesia..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Mbak Wiyati pernah nyjba naik KA, pengen lagi yaa mbak

      Delete
  18. Kereta api ekonomi yang saya naiki awal tahun lalu benar2 sangat menyenangkan, mba. AC nya adem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Alida naik comuter juga yaa..saya pernah sekali dari bekasi ke Jakarta, pas ga ramai enak banget, masyaallah 😂

      Delete
  19. Sekarang kereta udah enak bangte, terutama yg ekonomi. Pernah naik dua tahun lalu dr Jkt ke Sby bawa dua balita dan alhamdulillah lancar. Cuma sayang tiket eksekutifnya msh lumayan :D .
    Trus semoga KAI jg memperhatikan KRL, bbrp hari ini suka problem antara sinyal atau kereta anjlok hiks.
    TFS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya beritanya KRL lagi banyak problem yaa Mbak April, semoga membaik dan segera tuntas. Aduh eksekutif makin mahal hiks, dulu mah enggak mbak

      Delete
  20. Aku baru sekali naik kereta api jarak jauh, jogja - jakarta. Pingin cobain lg karena banyak cerita dan pengalaman yg didapat kalo naik kereta.

    Btw, aku ikut aamiin kan doamu mba. Smoga KAI smakin majuu

    ReplyDelete
  21. di daerah saya tidak dilewati kereta api.....jadi kalau kemana-mana naik bis hehe

    ReplyDelete
  22. kendaraan favoritku, kini makin bagus dan nyaman...

    ReplyDelete
  23. aku request toilet yang lebih bersih dan nyaman. Ya memang bakal goyang-goyang sih kalau kereta jalan. At least ga bau dan ada airnya.

    ReplyDelete
  24. Aku pengguna setia & fans berat kereta. Baik commuter line maupun kereta jarak jauhnya, hahaha. Sering babget aku "racunin" orang2 buat nail kereta, terutama commuter line, cepat, bebas macet

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES