Friday, October 6, 2017

Safety Moms, Safety House!




Dear Mommies...

Ada yang hobi memasak?

Saya baru-baru ini mulai suka memasak, terutama setelah cuti bekerja.

Terkadang ada juga sich drama dibalik konten masakan yang disajikan hehehe, biasalah emak emak!

Mulai kecipratan minyak panas, kosong sebelum waktunya, si kecil lagi salto jungkir balik naik meja makan.

Yang paling mengerikan sebenarnya dari event masak memasak, adalah api yang menyambar-menyambar di wajan atau panci hingga bau gas bocor yang kayak bau durian itu. What!!




So what should we do then? Agar event memasak yang meriah ini tidak menjadi disaster, berikut ini tips ala saya saat memasak:


1. Selalu Pastikan tabung elpiji dan kompor dalam keadaan prima.
Peralatan utama yang sangat penting dalam memasak, tentu kompor dan tabung gas elpiji. Pastikan tidak ada kebocoran, selang dalam keadaan baik.
Tabung gas dan kompor sebaiknya dipisahkan dengan satu dinding.

2. Gunakan wajan, panci, atau peralatan masak yang aman.
Selalu letakkan gagang panci dengan posisi yang mudah dijangkau.


3. Jauhkan barang yang mudah terbakar dari dapur.
Segala barang yang mudah terbakar sebaiknya dijauhkan dari kompor, seperti plastik, koran, styrofoam.



4. Selalu siapkan Kain pel tebal di dapur. Jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran, tutup dengan Kain pel basah.

5. Jangan menggunakan pakaian yang menjuntai dan terlalu longgar saat memasak.
Moms, sangat berbahaya menggunakan pakaian yg longgar saat memasak, Kain bisa tersambar api.

6. Selalu bersihkan tumpukan minyak dan lemak yang menutupi lubang kompor dan di sekitar kompor.
Selesai memasak akan lebih mudah dibersihkan dengan kain, dan tidak menjadi tumpukan yang berbahaya.

7. Siapkan di tempat yang Judah dijangkau, obat-obatan berupa salep untuk mengurangi sakit akibat luka bakar. Sediakan selalu didapur.

8. Jangan menyiram api dengan tepung, karena akan sangat berbahaya, api bisa semakin membesar.






Sebagai safety Moms beberapa hal ini bisa kita lakukan saat terjadi kebakaran "kecil" di dapur:

1. Jangan panik
Duh bohong banget kalo kita gak panik ya Moms. Melihat wajan, panci, atau alat masak lain terbakar diatas kompor pasti horor banget.
Menjerit-jerit boleh, tapi you must do something!
Panggil orang di rumah, nyalakan alarm mobil di luar.

2. Jika api tidak terlalu besar, hanya di atas wajan, segera padamkan api dengan kain basah yang tebal. Tutup bagian yang apinya menyala dengan Kain pel basah tersebut.




3. Jika api tidak juga mati saat ditutup dengan Kain basah. Moms  sebaiknya menggunakan APAR (alat pemadam api ringan). Moms jangan khawatirkan lagi makanan yang dimasak ya, ikhlaskan, keselamatan jiwa lebih penting.

3. Jika api tetap tidak bisa dikendalikan, segera bawa anak anak dan keluarga yang ada di rumah untuk keluar. Evakuasi ke tempat yang aman.

4. Jangan lupa tutup ruangan yang terbakar, agar tidak merambat ke ruangan yang lainnya.


5. Segera telepon pemadam kebakaran bila api tak dapat dikendalikan lagi.

Untuk mempermudah Moms melakukan tindakan pencegahan akibat kebakaran di dapur, alat pemadam kebakaran bisa menjadi solusinya.

Produk dari SafePro ini bisa menjadi solusi saat event memasak kita mengalami kekacauan akibat kebakaran.



Untuk harga tabung pemadam produk SafePro bervariasi tergantung volumenya.

Moms bagian bisa memesannya via Gojek lhoh, praktis khan!


Jika habis, tabung pemadam ini bisa juga diisi ulang
Berikut ini adalah beberapa perusahaan yang menggunakan jasa tabung pemadam Globalfire.



Mengatasi kebakaran bukan hal yang mudah, asalkan tidak panik, segera gunakan Apar untuk mengatasinya.

Dengan menyediakan apar di rumah, mobil, hingga mall akan membantu mengatasi kebakaran sehingga tidak mudah membesar.

Produk SafePro juga digunakan pada alat-alat proyek, untuk mengamankan peralatan bisa terjadi kebakaran.



Photo credit: pexels.com


Referensi:

  1. https://www.rumah.com/berita-properti/2013/9/21133/cara-mencegah-kebakaran-di-rumah
  2. http://damkar77.blogspot.co.id/2015/09/10-cara-mencegah-kebakaran-di-rumah-kita.html?m=1

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Readers.

Happy sharing and happy blogging♥



30 comments:

  1. Sangat informatif mba artikelnya. Kayaknya harus punya nih. Itu penggunaan safepro mudahkah? Sering lihat doang alatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya yang bukan orang lain Mbak Arum, saya ga berani😂 *jujur*

      Delete
  2. waaahhh, bermanfaat sekali, sy yang hari-harinya masak nggak pernah terpikir untuk mengunakan tabung pemadamm api dan kain basah, makasih infonya ummi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang kalau bermanfaat untuk Kak Ayuu😍

      Delete
  3. Yang berhubungan sama gas aku paling atuuut. Setua ini blm lulus masang gas sendiri 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa mbak, saya juga panggil Tukang gas yang pasangin hahahha

      Delete
  4. Etapi kan, pernah pakai safepro itu, pas disemprotkan pertama api akan menyembur gitu ya? Sesudahnya memang api padam, tapi sempat horor duluanlah....😁

    ReplyDelete
  5. Pakai safepro itu awalnya horor sama semburan apinya, sesudahnya memang api padam... 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa Mbak Sriii, saya makan gak berani pakai sendiri, panggil orang hahaha payah ya

      Delete
  6. Klo lagi memasak, aq paling takut kena kecipratan minyak goreng Ummi hihihi. Apalagi udah kna kecipratan minyak goreng ditambah sambil drama jg ma anak. Rasanya itu sesuatu hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh Kak Yeni, pas abis kena minyan itu yang pakai melepu-melepuh sereem yaa

      Delete
  7. Wah boleh disiapkan di rumah ya si safepro, buat jaga-jaga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Dwi, buat jaga-jaga..kalau ga ada bisa pakai karung goni atau handuk tebal

      Delete
  8. Informasinya bermanfaat sekali terutama untuk Emak-Emak nih, kayak saya yang sering kerja di dapur

    ReplyDelete
  9. Jangan pakai pakaian longgar saat memasak. Hmm...aku biasa pakai daster. Supaya ga menjuntai kemana mana, pakai apron.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kain yang longgar agak ngeri ya Kak kalo dipakai masak, semacam kaftan atau bergo panjang, takut kesambar api. Pakai apron solusinya👍😍

      Delete
  10. Saya pernah panik banget karena kelupaan matikan kompor pas lagi masak air. Untung kompornya mati sendiri, sepertinya gasnya habis. Huhuhu, mana waktu itu cuma lagi berdua sama si kecil di rumah.

    ReplyDelete
  11. Saya belumbpunya nih, harus segera dipertimbangkan buat adopsi di rumah.

    ReplyDelete
  12. Teman di saat kecil, musuh di saat besar. Itulah api.
    Aktivitas dapur pasti berhubungan dgn api. Safepro udah pas banget nih jadi teman setia di dapur.

    ReplyDelete
  13. Punya pengalaman pas kerja di Mcd, api nyembur di dapur. Pas jadi duty mgr pula...Panik! untung ada alat beginian. Jadi cuma crew satu luka bakar, nginep di RS seminggu. Api nggak merembet. Alat ini penting!

    ReplyDelete
  14. Terimakasih infonya mba manfaat banget...

    ReplyDelete
  15. Mesti banget ada safepro di rumah nih.. Noted, mbak.. ^^

    ReplyDelete
  16. Sampai sekarang, impianku pengen punya APAR mb. Tapi belum kesampaian. Apalagi abis liat Upin Ipin yang seri kebakaran dulu

    ReplyDelete
  17. Kegiatan memasak memang banyak dramanya ya..kadang suka kecipratan minyak goreng, kehabisan bumbu atau anak yang mengerecokin yang semua itu masih bisa diantisipasi. Tapi kalau ada yang terbakar, bawaannya memang panik. Hihihi

    ReplyDelete
  18. Saya nih yang paling ngeri sama api,minyak saat memasak.klo gas agak mau sedikit milih ga jadi masak

    ReplyDelete
  19. Kompor meleduk mbak yang jadi momok buatku. Makasih infonya

    ReplyDelete
  20. Wah, saya interested banget bacanya Mbak. Informatif

    ReplyDelete
  21. murah banget mbak. sayangnya di surabaya ya...klo di bogor lebih mahal

    ReplyDelete
  22. Terjangkau ya mbk ternyata harga tabungnya kirain mahal bgd

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES