Sunday, November 5, 2017

Menyalurkan hobi bercerita dan berkhayal, via Wattpad.




Dear Readers... Long time no see yaa *halah sok sibuk*😂

Saya sedang kena sindrom writer's block selama beberapa minggu terakhir nich. Sejak suami dan anak sakit, saya blank mau nulis apa di blog, karena waktu dihabiskan untuk merawat mereka berdua.

Betul-betul stuck dan tak mampu menerima inspirasi, sementara draft di blog kosong. Seolah rasanya jenuh menulis tentang aktivitas sehari-hari. Asalkan keduanya sehat kembali, saya tak masalah mengabaikan blog sementara waktu.

Ditengah kebuntuan ide ini, saya akhirnya membuka file-file cerita pendek dan novel yang saya tulis di laptop. Ternyata cukup banyak tulisan saya yang terendap disana. Ada yang hampir selesai, dan banyak juga yang baru 3-6 bab.



Saya memang sangat menggemari buku, terutama cerita yang memberikan inspirasi untuk berjuang meraih impian. Penulis favorit saya Anwar Fuadi dan Andrea Hirata, menjadi sumber inspirasi saya meneruskan studi pascasarjana (meskipun tak kesampaian ingin keluar negeri).😍

Sebelum menikah, saya gemar sekali ke toko buku, membaca berbagai macam novel. Jadwal  membeli buku biasanya tiga bulan sekali hehehe.

Berhubung sudah menikah dan mempunyai buah hati, keinginan mengkoleksi novel mulai berkurang, tergantikan oleh kebutuhan membeli buku untuk penelitian. Alokasi keuangan sudah berganti prioritas ya,  meskipun terkadang keinginan menggebu-gebu ingin membeli novel, tapi teringat harus memenuhi kebutuhan yang lebih penting.

Selain itu, rasanya kurang bebas kalau harus bepergian ke toko buku dengan anak dan suami hehehe. Mamanya betah berlama-lama berdiri membaca sinopsis dari satu buku ke buku lainnya. Pasti anak dan suami saya akan bosan menunggui saya bukan?

Meskipun skala prioritas kebutuhan membeli novel sudah berubah, tak mengurangi hobi saya menulis cerpen dan novel. Salah satu cara me time yang efektif untuk menenangkan diri adalah dengan menulis cerita fiksi.

Nah...untuk menyalurkan hobi saya ini, akhirnya saya bergabung ke komunitas penulis di aplikasi Wattpad.

Di Wattpad terdapat beraneka genre tulisan ada disana. Kita bisa memilih bermacam-macam jenis tulisan. Begitu banyak kisah yang akhirnya dibukukan dan bertebaran di rak-rak toko buku terkenal, karena jumlah pembacanya yang fantastik.



Akun Wattpad saya,
dengan nama Pena Shania Rani


Kenapa memilih Wattpad untuk menulis kisah fiksi saya? Karena aplikasinya mudah diakses, dan cara menulisnya sangat mudah, semudah menulis di notepad, serta ukuran hurufnya besar sehingga mata tidak mudah lelah saat mengetik. Wattpad juga sangat nyanan untuk membaca kisah penulis lainnya.

Selain itu kita bisa men-share bermacam tulisan, dan mengkoleksi berbagai genre untuk menambah kemampuan menulis yang kita miliki.


Oh iya... Setiap penulis pasti mempunyai harapan akan tulisannya bukan?

Saya berharap kelak, akan ada nama pena saya Shania Rani di deretan rak buku-buku best seller. Doakan saya yaa agar terus berkarya.


Salah satu kisah yang saya tulis terinspirasi dari kegagalan saya meneruskan kuliah S3 di luar negeri adalah kisah berjudul December, I'm coming.

December, I'm coming


Karena impian saya yang harus terkubur, akhirnya saya mengalihkannya ke dalam tulisan. Tempat-tempat yang dulu sangat ingin saya kunjungi, saya ceritakan kedalam novel yang saya tulis.

Kisah December, I'm coming terinspirasi dari negara Norwegia, di Eropa bagian Utara. Kebetulan riset lokasi yang saya lakukan sangat terbantu oleh rekan saya yang sedang tinggal di Kota Trondheim.

Kisah ini menceritakan persahabatan dan perjuangan meraih cita-cita dan impian, dengan berbagai konflik yang harus dihadapi selama menempuh studi dan merantau di negeri orang.




Okay, sekian dulu ya sharing tentang aplikasi Wattpad. Jangan lupa salurkan hobi bercerita dan berkhayal readers via Wattpad. Siapa tahu kelak readers akan menjadi Penulis ternama😍.

Happy sharing and happy blogging♥




20 comments:

  1. Akhirnya keluar juga tulisan ini. Saya sendiri mulai gelisah juga ni, tokoh-tokoh fiksi mulai menarik perhatian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tokoh fiksi jadi alter ego yaa Mbak Tikhaa😂 ayoo back to wattpad

      Delete
  2. Enlightment ! Menulis emang selalu berhasil jadi 'way-out' kalau lg mumet jg kan, mbak?
    And..
    Aamiin utk doa mbak dira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa Mbak Uly...solusi di saat suntuk, menulis fiksi😅

      Delete
  3. Saya juga udah coba2 di wattpad mbak. Nanti saya follow ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Kak Lidha, nanti saya follback Kak

      Delete
  4. wiiuuh nggak nyangka, emak satu ini jago ngeblog rupanya jago jug anulis fiksi.. btw kok naman penanya jauhh dari naman aseli Umiii dira??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..nama aslinya berada kurang menjual Kak Ayu😂

      Delete
  5. Wah saya baru tahu tentang aplikasi ini bun. Tapi hebat ya, bunda udah suka nulis kayak fiksi gtu. Kalau saya, kayaknya belum nyampe ke sana ilmu menulisnya. Soalnya ini baru bgt bljar nulisnya. Pelan2 dulu hihihi. Oh ya Smga bunda dan sekluarga dbrikan keshatan terus ya 😃

    ReplyDelete
  6. Almira dan Restu, yesssss

    * sengaja nyepam hihihi*

    ReplyDelete
  7. Meski sya kurang tertarik dgn fiksi fiksi tapi untuk Andrea Hirata smuanya saya suka mba.. hehehe

    ReplyDelete
  8. Saya belum nyoba, padahal suka juga nulis. Mau dicobain ini

    ReplyDelete
  9. Udah ada pikiran mau buat di wattpad jg, tapi belum sempet aja nih..he
    lain kali harus coba lah, biar kayak Teh, Indi//

    ReplyDelete
  10. Wattpad..pengin coba juga ah..kemana saja saya ya..:)
    Oh tidak...!
    Mau baca December I'm coming. Mumpung masih November..sebelum Desembernya tiba:)

    ReplyDelete
  11. Kayak-kayaknya boleh dicoba nih. Belakangan menulis artikel terus, rasa fuksi saya semakin blur. Dan saya tidak suka itu sebenarnya...🤔

    ReplyDelete
  12. Walopun aku maniak baca, rutin beli novel walo msh banyak yg blm sempet kebaca jg, tp utk nulis cerita sendiri msh blm mba :D. Ntah kenapa semua ide lgs stuck :p. Sejam dpn PC ga menghasilkan alur cerita samasekali -_- . Kyknya aku ttp fokus di bagian membaca cerita orang lain saja :D huehehehe

    ReplyDelete
  13. Mudah mudahan mba segera mendapatkan nama penanya dan pastinya bisa terbitkan buku best seller seperti apa yang di dambakan.

    ReplyDelete
  14. Keren mba, aku belum pernah coba bikin cerita fiksi. Imajinasi harus tingkat tinggi ya, hehe.

    ReplyDelete
  15. Dira nih keren, salut aku masih lanjut pasca sarjana, ayo kembangin terus hobi menulisnya, jangan kaya aku nulis sesuai mood :p

    ReplyDelete
  16. Saya gak begitu familiar dengan wattpad hihihi...kurang gaul yak!
    Beberapa teman memang suka cerita kegemaran mereka menulis di wattpad. Lain kali saya lihat-lihat, aplikasi wattpad, deh.
    Bukunya segera diselesaikan, pengen baca juga...

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES