Thursday, December 28, 2017

Tips Travelling Ala Lifestyle Blogger





Dear readers...

Happy long weekend ❤.

Libur panjang sudah hampir berakhir,  bersiap menghadapi kenyataan yaa πŸ˜‚.

Travelling kemana saja selama tanggal merah kemarin? Pasti seru sekali berkumpul bersama keluarga dalam waktu yang lumayan lama. Meskipun di beberapa lokasi terjadi antrian kemacetan yang mengular, asalkan bersama keluarga besar,  pasti terasa bahagia bukan?

Ngomong-ngomong soal travelling, saya dan suami termasuk pasangan yang terorganisir  ketika akan bepergian, meskipun kadang juga bisa spontan tiba-tiba berangkat berkeliling tempat wisata.

Untuk mengakali agar barang-barang penting tak tertinggal saat akan pergi menuju ke tempat wisata,  saya mempunyai check list khusus πŸ˜…. Maklum saja kadang kalau tergesa-gesa saat berangkat, bisa lupa barang-barang penting. Selain itu untuk memudahkan perjalanan nantinya, kami membuat itinerary atau rencana perjalanan agar lebih banyak obyek wisata yang bisa kami kunjungi.






Beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat travelling


Tempat wisata

Menentukan destinasi wisata sebelum keberangkatan adalah hal wajib bagi kami. Paling malas kalau sudah di kota tujuan lalu bingung hendak kemana.


Dengan menentukan lokasi wisata apa saja yang ingin dikunjungi,  akan memudahkan mengatur daftar perjalanan, waktu konsumsi, waktu sholat, serta rute perjalanan, dan mengisi bbm (sedetil itu yaaa hihii...). 

Biasanya kami browsing terlebih dahulu,  lalu mulai mencatat arah dan lokasi untuk menentukan rute serta hotel tempat menginap. Jadi lebih efisien dan efektif ketika di perjalanan. Jangan lupa selalu mengaktifkan GPS selama perjalanan. 

"GPS sangat membantu mengurangi keributan dalam rumah tangga akibat tersesat!". Kalau salah jalan,  enak banget nyalahin GPS, yaaa khan? πŸ˜‚πŸ˜…

Transportasi 

Jenis transportasi yang akan digunakan untuk mencapai lokasi wisata perlu ditentukan sejak awal. Apakah dengan mobil,  pesawat, tau kendaraan umum lainnya. Hal ini berhubungan dengan biaya dan waktu perjalanan. 

Berhubung kami jarang bepergian menggunakan pesawat dan kereta api, mobil selalu menjadi pilihan utama untuk berwisata di Jawa Timur. Kondisi mobil perlu di-cek sebelum keberangkatan: oli, rem, air karburator, air wiper,  hingga bensin juga perlu diperhatikan. Untuk sesi transportasi biar bagian Abinya Musa saja πŸ˜…. 


Hotel

Booking hotel jauh-jauh hari sebelum berwisata akan lebih memudahkan perjalanan dan juga tarifnya akan lebih murah dibandingkan saat booking di hari libur.

Browsing harga dan melihat foto kamar juga harus dilakukan untuk menghindari hal-hal yang gak diinginkan ya πŸ˜…. Jangan sampai tiba di hotel malah shock dan kecewa karena gak seperti yang dibayangkan. 



Estimasi biaya 


Mempertimbangkan lokasi, hotel. dan tempat wisata akan berhubungan dengan estimasi biaya yang akan dikeluarkan.  Seperti harga tiket masuk tempat wisata,  hotel/penginapan, harga konsumsi, biaya  transportasi, hingga oleh-oleh. 

Dengan pencatatan yang detil dapat mengurangi pengeluaran tak terdugaπŸ˜‚.


Berikut ini notes itinerary yang biasa saya buat sebelum bepergian.  Biasanya saya print lalu dicatat segala keperluannya sebelum berangkat. 










Tak lupa untuk menghindari kehilangan atau tertinggal barang-barang penting,  sebaiknya Anda membuat check list barang.

Saya termasuk yang suka mencatat semua barang yang perlu dibawa, maklum urusan mengingat-ngingat agak puyeng, apalagi kalau barang bawaannya banyak. 





*Tips Mencari Ide Tulisan saat Traveling*


Sekedar berbagi tips yaa, saya selalu menyediakan  catatan kecil untuk menulis hal-hal kecil yang menginspirasi,  tips,  atau apa saja. Kadang karcis parkir pun saya coret-coret. Bisa menggunakan notepad di smartphone 😊.

Lalu mulai membuat outline mini, dan mengembangkannya dengan kalimat yang lebih panjang saat tiba di rumah.

Bagi  yang suka traveling,  mulailah mencatat apa saja di tempat wisata (5W+T+I):
What, Where, How, Why, When, Technologi,  Information.

 Gunakan kamera atau rekaman suara jika tidak sempat mencatat ya  hehehe. Jangan lupa foto-foto dan video untuk mempermanis konten tulisan Anda.

Selalu pastikan baterai smartphone dan kamera Anda sudah dicharger dan dalam kondisi lengkap untuk digunakan ya πŸ˜…. Penting sekali untuk dokumentasi artikel travelling.


Okay sekian dulu tips travelling ala diraindi.com. Tulisan ini kolaborasi bersama Blogger Medan,   Dila Augusty. Tulisan Dila bisa Anda baca juga "Tips Traveling menggunakan Mobil ala Dila Augusty".

Selamat berbahagia bersama keluarga yaaaa ❤
Happy long weekend


16 comments:

  1. Yang paling susah saya lakukan adalah estimasi biaya. Suka kecolongan, belanja oleh-oleh. Betewe tipsnya bisa juga nih diterapkan.

    ReplyDelete
  2. Biaya lain - lain niy yang sering bikin kejutan. Apalagi kalo jalan ke tempat yang jualannya bikin mata melek. Adeeeeuh bikin pengen beli aja

    ReplyDelete
  3. Eh, checklistnya boleh jugaaaaa :D. Slama ini kalo traveling aku jg bikin checklist, tp di excell biasa.. Kyknya boleh jg dibikin lbh detil kyk punyamu mba :) ..

    Buatku traveling itu hrs jauh2 hr dirancang. Traveling ku utk january 2018 nanti, itu udh 8 bulan yg lalu aku bikin. Kenapa hrs jauh2 hr, krn aku butuh arrange siapa yg cover aku saat cuti :) . Team yg bisa cover itu terbatas, sementara mereka hrs bisa cover 30 branches di jkt :p. Itulah kenapa aku bikin plan traveling bahkan bisa setahun sebelumnya :D.

    ReplyDelete
  4. Wooooow semua jadi terperinci, ga takut bocor deh dompetnya... keren mba dira

    ReplyDelete
  5. Good article!
    Tipsnya lengkap dengan contoh list segala.
    Happy holiday, mak Dira :)

    ReplyDelete
  6. Kalau aku biasanya juga bikin list ittenary dan apa yang harus dibawa terutama saat trip bareng keluarga.

    ReplyDelete
  7. Baca ini jadi kerasa banget kudu segera traveling yang jauhan dikit keburu bayi brojol nanti mah. Makasih share nya mbak

    ReplyDelete
  8. Long weekend natal 4 Hari kemarin v& long weekend akhir tahun 4 Hari juga, Saya nga liburan ke luar Kota ataupun travelling ke tempat-tempat seru.. soalnya udah kebayang akan super macet bin stress hihihi....

    Next liburan 2018 kalo diliat di kalender banyaknya kejepit Nasional. Sepertinya tahun depan harus direncanakan nih pake tips-nya Dira πŸ˜‰
    Thanks share nya ya sis. Happy holiday n Happy new year....
    Semangat baru!

    ReplyDelete
  9. Long weekend kali ini kebobolan banget. Secara tiket pas berangkat harus berubah tanggal, harganya pun tak kira2 naiknya. Penginapan naik 150%. Pokoknya mabuk pengeluaran, tp ya sudah disyukuri saja msh bisa berlibur dan kembali ke Jakarta.

    ReplyDelete
  10. Asyiknya jika liburan terencana begitu ya.

    ReplyDelete
  11. Kalau baca tulisan tentang traveling selalu bikin saya pusing karena mupeng. Balada emak sangkar emas, tahunya cuma dapur dan kasur bhahahahaha... tapi meski mupeng, tetep aja seneng baca artikel2 traveling. Sambil berdoa suatu hari bisa jalan-jalan beneran. Aminn

    ReplyDelete
  12. Wah lengkap banget tipsnya, mva Dira :)

    ReplyDelete
  13. Wah lengkap banget tipsnya, mva Dira :)

    ReplyDelete
  14. Wah detail sekali ya. Saya nih tipe yang spontan. Biasanya hanya atur budget, transport dan penginapan. Keseringan mzlah booking H-1, hehehe.

    ReplyDelete
  15. Mbak Dira, saya lupa nyatat kadang.. Atau fotoin yang bagus... Huaaa.. Giliran mau nulis cerita perjalanannya baru nyesel... Dan akhirnya nyesek... Kwkwk.. Makasih tips lengkapnya, bermanfaat sekali ini 😊

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komentar. Mohon tidak memberikan link hidup ya 😊.

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES