Thursday, January 25, 2018

Pempek Farina Surabaya - Wisata Kuliner Olahan Ikan




Dear readers...

Makanan olahan ikan apa yang paling Anda sukai?
Kalau saya yang ditanya, pasti akan saya jawab pempek nomer satu.

Saat saya merantau ke pulau seberang, menu favorit pasti pempek Palembang. Sebulan sekali pasti membeli kuliner asli Palembang itu.

Olahan ikan tengiri dan tepung kanji yang khas dan gurih ditambah kuah cuka yang asam pedas selalu menjadi favorit saya. Apalagi kalau ada mie dan mentimun. Yuuuummy!!!

Saat ini kuliner pempek bisa dinikmati dimana saja ya,  mulai dari pedagang kaki lima,  hingga outlet di mall-mall. Sudah bukan rahasia lagi,  kuliner Pempek menjadi makanan yang dapat dikonsumsi setiap hari.

Nah...
Kalau Anda sedang berkunjung ke Kota Surabaya dan ingin mencicipi kuliner khas Kota Palembang ini. Ada salah satu vendor kuliner yang menyediakan beraneka olahan ikan lho.




PEMPEK FARINA SURABAYA

Anda bisa mengunjungi Pempek Farina di beberapa outletnya di Kota Surabaya.

Awalnya Pempek Farina ini memulai usaha dari pedagang kaki lima sekitar tahun 1994 lho di pinggiran Jalan Tidar Surabaya, kini Pempek Farina sudah menjadi yang terdepan dalam kancah kuliner Indonesia. 

Berbagai olahan ikan tengiri bisa Anda nikmati disini, seperti pempek lenjer,  pempek kapal selam,  adaan,  dan tekwan.

Naah.. Bagi yang mager di rumah, tak perlu repot lagi membelinya, karena bisa pesan melalui ojek online. Bahkan ada kemasan bekunya lhoh,  cocok untuk disimpan di rumah untuk stok lapar saat hujan, yaa khan.





     TEKWAN    

Salah satu menu andalan di Pempek Farina Surabaya adalah tekwan.

Menu olahan ikan ini cukup nikmat bisa dinikmati saat masih panas, apalagi di Surabaya sering hujan di sore hari.



Perpaduan olahan ikan, jamur,  udang dengan kuah yang gurih ditambah dengan taburan seledri, dihidangkan saat masih panas sungguh menggugah selera. Jangan lupa menambahkan jeruk nipis dan sambal,  dijamin lebih segar *menurut saya*.

Oh iya... Ini pertama kalinya saya menkonsumsi tekwan lhoh,  hahaha. Begitu mencoba,  rasanya ketagihan,  maklum saja saya sangat doyan bakso ikan,  rasanya mirip-mirip sich, tapi lebih kenyal. 

Jadi kesimpulannya,  kalau kesana lagi,  saya akan beli tekwan hehehe. 


     PEMPEK KAPAL SELAM    


Duuuh,  siapa yang tak suka pempek kapal selam siich?  Menu favorit saya kalau makan pempek,  harus ada yang satu ini, karena gedhee hehehe jadi pasti mengenyangkan donk. 

Saat menikmati pempek kapal selam ini olahan ikannya terasa sekali, selain itu gurihnya pas dan kekenyalan tepungnya pun mantap. 

Ditambah dengan kuah cuka yang pekat dan pedas yang pas, serta ditambah mie kuning dan mentimun. Semakin menggugah selera makan siang saya pastinya. 






Ruangan Yang Luas dan Nyaman
Pempek Farina cabang Rungkut memiliki ruangan yang luas dan nyaman.

Saat masuk ke dalam ruangan,  seketika saya merasa disambut dengan dekorasi berwarna oranye dan coklat. 
Meja makan pun cukup banyak, sehingga Anda tak perlu khawatir berdiri saat menunggu giliran penyajian makanan. 

Bagi yang gemar merokok, di luar juga disediakan meja makan. Jadi bisa menikmati angin sepoi-sepoi tanpa terperangkap didalam ruangan. 



Bagi Anda penggemar kuliner olahan ikan tengiri dan tepung kanji, Pempek Farina Surabaya bisa menjadi pilihan Anda untuk menikmatinya bersama keluarga dan kerabat Anda ya. 

*thanks to Mbak Mita and Mbak Swastikha buat fotonya*


Happy sharing and happy blogging ❤




40 comments:

  1. Wah..ini pusatnya farina ya mba? Di makassar juga ada ni. Kebetulan deket sama rumah. Sempet pesan bawa pulang,di box nya ada alamat farina yang surabaya. Gede yaa disana. Jd pengen sarapan pempek nih😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Dhika cabangnya ada di Makassar juga. Di Rungkut tempatnya luaas Mbak, enak nongkrongnya hehehw

      Delete
  2. Makasih infonya Mbak Dira. Btw, alamatnya di mana nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang di blog post ini di Rungkut Asri Barat Mbak Laila, nyalakan Google Maps carinya yang daerah Rungkut yaa kalo ke Surabaya hehehe

      Delete
  3. Replies
    1. Duuuh, pengen juga panas-panas dimakan waktu hujan sore hari ya Mbak Tikheee haha

      Delete
  4. Anakku suka banget mpekmpek. Jadinya ya pasti suka nih kalau ke Surabaya dan diajak ke sini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maiiiim ke Surabaya donk Mbak Lidaa, kita meet up yaaa hihi makan pempek boleh juga

      Delete
  5. Kalo pas mudik ke Surabaya, dan lagi pengen makan pempek, jujuganku juga selalu ke sini, mbak.. Enak! Biasanya aku singgah yang di Nginden..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah sering ke Surabaya Mbak Dian yaaa.. Oya di Nginden juga adaa, lebih duluan disana Mbak

      Delete
  6. Mau pempek ga usah ke Palembang jauh2 ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iyaa Mbak Okti, belum pernah ke Palembang hiiks

      Delete
  7. Pempek, Tekwan, kedua makanan ini favorit aku dan suami. Suami malah paling doyan tekwan, dalam seminggu bisa 4 kali beli hihi doyan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya ampun empat kali Kak Syafiaaa hahaha, Dira aja baru pertama kali nyoba, rupanya enak euuuy, suka suka suka

      Delete
  8. Kesukaanku niiih, kapal selam Farina. Biasanya beli di Delta Plaza atau pas ke PGS. kenyang deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku biasanya di Cito Mbak Septi, baru tahu kalo di Rungkut juga ada, pas dekat rumah yaa

      Delete
  9. Pempwk dan Tekwan ..haaaa,, enaknya. Cuko nya itu suka enggak tahan. meski pedas, apalagi yang kapal selam, digigit bagian dalam ada telurnya..hadeh..nyusss!

    ReplyDelete
  10. mbak.. saya seumur2 baru makan pempek satu kali.. itupun udah lebih dari 10 tahun yg lalu..

    hehe.
    kebetulan saya di surabaya nih...
    belum lama tapi..
    kasih info kuliner di surabaya yg paling maknyus dong yg recomended..hhihi

    ReplyDelete
  11. wahh, jadi pengen nyoba kapal selam.

    ReplyDelete
  12. Aah pempek jadi kangen makan di palembangnya langsung. Hee

    ReplyDelete
  13. Noted nih klo k surabaya.makan pempek2 farina. Jd lapeerr saya mba Dira 😊

    ReplyDelete
  14. Kesukaan Ibu aku banget iniii...
    Sejak kenal sama pempek Farina, Ibu jadi gak pernah mau masak pempek sendiri lagi ((kaya dulu)).
    Katanya,
    Farina enak...dan gak perlu susah-susah.

    Jadi kalau sedang ada tamu, tinggal telp mang Ojol buat dibawain Farina.
    Maknyuuss....

    ReplyDelete
  15. Saya paling suka tekwan. Sayangnya di sini nggak ada yang pas rasanya di lidah. Kalau ke surabaya, nyobain aah

    ReplyDelete
  16. Aku iyes banget kalau pempek, gak tau kalau mas Anang.bhahahaha

    ReplyDelete
  17. Empek-empek memang khas Palembang, kuliner khas Palembang beragam tapi yang lebih di kenal ya empek-empek hehe,,, aku tinggal di Lampung cabangnya belum ada ya di Lampung
    keluargaku sering makan empek-empek mungkin karena empek-empek khas daerah kelahiran orang tua hehe ....

    ReplyDelete
  18. Pempek itu, anehnya, ga ngebosenin loh mba. Makan setiap hari pun masih nagih kadang-kadang πŸ˜†

    ReplyDelete
  19. kesukaanku bgt. Waktu awal k sby aku pengen pempek bingung beli di mana. Eh nemi Pempek Farina di ITC sekarang langganan deh kalau beli pempek ya Pempek Farina

    ReplyDelete
  20. Jadi pengen makan pempek deh.. di jakarta pempek yang enak dimana ya.. jarang disini yang jual pempek kyaknya deh :(

    ReplyDelete
  21. Saya juga penggemar pempek. Pangan yang satu itu, memang lezat dan segar ya...

    ReplyDelete
  22. Kayaknya aku pernah nih makan pempek Farina, klo nggak salah di Transmart yang depan Fave Hotel itu. Aku suka pempek, kuahnya segeeer. Kalo tekwan belum pernah nyoba.

    ReplyDelete
  23. Jadi pingin mampir nih kalo ke Surabaya ^^

    ReplyDelete
  24. Kalo ditanya makanan favorit, aku bakal jawab mostly makanan palembang itu kesukaanku :D. Pempek, mie celor, tekwan, model, Pindang udang, pindang patin, bergo, laksan.. Omg, beruntung banget para orang yg tinggal di palembang sana :D

    Di farina ini cm jual pempek ama tekwan ya mba?

    ReplyDelete
  25. Aku paling suka mpek-mpek bulat, bisa jadi referensi nih kalo pas ke Surabaya

    ReplyDelete
  26. Pempek Farina, udah lama loh.. sekarang rasanya pingin nyobain gara2 liat foto mbak DiraπŸ˜‚

    ReplyDelete
  27. Duh jd pengen makan pempek2 juga mbak. Kyknya enak ya ujan2 makan pempek anget2 :D

    ReplyDelete
  28. Yang pertama sih Sup Ikan Batam yang paling endess. Baru deh kedua empek2.

    ReplyDelete
  29. Mau empek-empek atau tekwan, aku sukaaa dua-duanya :)

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete
  30. Enyaaakkk bangettt pempek dan tekwannyaaa
    Akhirnya ku bisa bersua dgn Diraindi :)

    ReplyDelete
  31. kalo pengen pempek, mama saya tuh bawain pempek Farina. Sempat saat saya main ke Surabaya diajak mama makan di pempek Farina di food court CITO :) Emang enak bingits, tapi saya belum pernah coba Tekwannya. Sukannya yang goreng-goreng cenderungnya hehehe cari yang krispi disiram saus jadi lunak-lunak tetep menggigit gituu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komentar. Mohon tidak memberikan link hidup ya 😊.

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES