Monday, January 1, 2018

Petik Kurma, Tak Perlu Ke Timur Tengah

Wisata-Kebun-Kurma

Dear readers...
Happy long weekend❤

Libur panjang dua minggu berturut-turut yaa,  pasti seru  perjalanan travellingnya.
Berhubung pasti macet mengular, mencari alternatif lokasi wisata patut dipertimbangkan ya :D. 

Salah satu destinasi wisata baru yang sedang trend di wilayah Pasuruan adalah Wisata Kebun Kurma. Nah bagi Anda yang malas sekali bergumul dengan kemacetan menuju Malang dan Batu, maka Pasuruan bisa menjadi alternatif wisata juga lhoh. 




Wisata Kebun Kurma Pasuruan

Pertama kali kami mengetahui ada wisata kebun kurma berawal dari kemacetan parah menuju Singosari.  Melihat baliho yang sangat besar,  kami penasaran ternyata ada wisata petik kurma tak jauh dari jalan raya sekitar 1 Km. 

Beruntung hidup di jaman digital,  dengan bantuan Google, kami browsing dan menemukan tempat wisata unik ini. Alhasil akhirnya kami banting setir menghindari macet,  dan mencoba mendatangi lokasi wisata kebun kurma. 

Melewati beberapa rumah penduduk dan pabrik, akhirnya kami sampai juga. Lahan parkirnya cukup luas, dibuat dengan membuka lahan, mungkin untuk memudahkan bis dan kendaraan angkutan yang biasanya banyak berdatangan di hari libur. 

Wisata-Kebun-Kurma

Harga Tiket Masuk Petik Kurma Pasuruan
Biaya masuk ke kebun wisata kurma cukup murah hanya dikenakan Rp. 5.000 per orang. Harga tiket masuk untuk mobil Rp. 5.000 dan Rp. 2.000 untuk sepeda motor.



Lokasi Wisata Kebun Kurma Pasuruan
Posisi wisata kebun kurma tak jauh dari jalan raya Pasuruan Malang. Tepatnya di Desa Sukorejo Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Kebun kurma yang luasnya lebih dari 3 hektar ini ternyata menyediakan tak hanya pohon kurma saja lho,  tapi juga ada buah Tin,  hingga pohon Zaitun.

Memang pohon kurma di Pasuruan ini tak sebanyak seperti di Arab Saudi *yaaa iyalaah... tapi ternyata  bisa tumbuh lho di tanah Indonesia.  Teringat saat umroh dulu, pohon kurma tumbuh di tanah gurun pasir.  Usut punya usut, bibit kurma di wisata kebun kurma ini dibeli di Jakarta. Wah... Asyik yaa baru tahu kalau pohon kurma bisa tumbuh di tekstur tanah selain gurun pasir. 



Di lokasi perkebunan juga terdapat Miniatur Ka'bah serta miniatur batu untuk lempar jumrah,  dan jalan menuju Shafa Marwa. Pengunjung bisa menikmati wisata bernuansa edukasi haji.

Berhubung nuansanya ala Timur Tengah,  pohon-pohon juga belum tumbuh tinggi, so pasti hawanya panas banget disana. Beberapa tips agar Anda enjoy menikmati wisata kebun kurma 
  • Bawa penutup kepala seperti topi, payung atau handuk jika ingin berjalan kaki mengelilingi kebun kurma. Terlalu lama berjalan kaki tanpa menggunakan penutup kepala dapat menyebabkan kepala pusing. 
  • Gunakan sepatu atau sandal yang nyaman dipakai. Jangan menggunakan high heels karena konstruksi tanahnya naik turun, kecuali di daerah perkebunannya sudah di paving. 
  • Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat agar nyaman berlama-lama disana.
  • Sediakan dana cadangan untuk membeli oleh-oleh yang dijual didalam pesawat. 
  • Jika membawa anak kecil sebaiknya sediakan makanan sendiri,  karena variasi makanan yang dijual tidak terlalu banyak. 

Wisata-Kebun-Kurma

Berbagai wahana permainan juga disediakan oleh pengelola,  seperti sepeda diatas roda putar,  kereta anak,  delman,  hingga RTV. Cocok untuk anak-anak dan orang dewasa.

 

Musa bisa empat kali bermain kereta anak karena saat itu tidak terlalu ramai pengunjugnya hehehe. Puas-puas dech main disana saat sepi. 

Wisata-Kebun-Kurma

Anda juga bisa berkeliling lokasi perkebunan dengan menggunakan delman.  Dijamin seru, sambil merasakan angin berhembus menyegarkan. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp.  10.000 saja. Tak mahal bukan?

Fasilitas Wisata Kebun Kurma


Beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola membuat nyaman pengunjung seperti tempat parkir yang luas, rest area,  toilet, dan  warung olahan kurma.

Wisata-Kebun-Kurma


Wisata-Kebun-Kurma



Nah...  Bagi Anda yang belum pernah mengunjungi wisata kebun kurma ini,  saya rasa Anda patut mencobanya bersama keluarga.  Apalagi jika datang pada saat panen, sehingga Anda bisa menikmati sensasi  memetik kurma disana (yang memetik karyawannya yaa heeheehe) . 


Okay readers, selamat berlibur yaa. 
Happy sharing and happy blogging ❤.








9 comments:

  1. Wuiisss...keren. Ini bisa nih dijadiin tempat membayar kerinduan pada tanah suci.

    ReplyDelete
  2. Wuoo kebunnya kece... banyak ruang terbukanya... Bulan apa biasanya panen mba?

    ReplyDelete
  3. huaaa..menarik mba, saya baru tau ada wisata kebun kurma di pasuruan, menarik nih buat alternatif wisata bareng keluarga yaa..:)

    ReplyDelete
  4. wah must visit nih kalo ke pasuruan.. seru nampaknya

    ReplyDelete
  5. Makasih reviewnya mbak..

    Jd pgn kesana

    ReplyDelete
  6. waahh seru bgt nih kampung kurma, ternyata bisa hidup ya kurma . tp jauh klo dr sini mba :)

    ReplyDelete
  7. Tempat ini aku baru tau dari Mbak Dira. Belum pernah liat di sosmed apalagi TV. Aku belum pernah makan kurma dari pohon , jadi penasaran euy

    ReplyDelete
  8. Wah semakin-semakin aja nih wisata di Jawa Timur.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komentar. Mohon tidak memberikan link hidup ya 😊.

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES