Thursday, January 4, 2018

Hutan Bambu dan Taman Harmoni Surabaya



Dear readers... 

Sebagai moms jaman now, saya termasuk pecinta taman bermain anak. Minimal seminggu sekali saya pasti mengajak Musa berkeliling taman bermain. Apalagi Kota Surabaya saat ini memiliki begitu banyak ruang terbuka hijau yang cukup luas. 

Destinasi wisata baru di Kota Surabaya ini ternyata "hasil olahan" dari lahan bekas pembuangan sampah lho yang disulap oleh Pemkot Surabaya menjadi salah satu taman kota yang indah.



Jika Anda berkunjung kesana,  jangan heran kalau diantara tanah tempat berpijak akan muncul plastik bekas sampah.

Menemukan lokasi hutan bambu dan Taman Harmoni tidak terlalu sulit, selama ada GPS Anda pasti mudah sampai ke tujuan hehehe.
Acuannya menuju ke Terminal Keputih saja,  sekitar 2-3 Km nanti Anda akan melihat hutan bambu di sebelah kiri jalan dan Taman Harmoni di sebelah kanan. Tak susah kok, cukup bertanya ke warga sekitar, pasti ketemu lokasinya.



HUTAN BAMBU 


Kalau sempat menyisir jalan di sekitar Keputih, Anda akan menemukan pemandangan hutan bambu yang sangat panjang, di sebelah kiri dan kanan jalan raya. Hutan bambu yang berada di sekitar Taman Harmoni terlihat cantik sekali karena ditata rapi, memanjang. 

Rasanya kalau malam hari cocok buat acara uji nyali dech yaaa hyiiiii. 
Huaaaa nulis beginian tengah malam #horor.







Saat saya dan Eyang-nya Musa serta Musa datang, cukup banyak pengunjung di Taman Harmoni, rupanya sore hari adalah waktu favorit pengunjung untuk menikmati Taman Harmoni dan Hutan Bambu.



Lokasi Hutan Bambu ini menjadi tempat favorit untuk para fotografer, setidaknya lebih dari sepuluh orang membawa camera DSLR dan mirrorless. Dan lokasi favorit untuk pre wedding juga lho.

Instagramable dech pokoknya.









Taman Harmoni yang merupakan aset Pemkot Surabaya ini cukup luas lebih dari 8 hektar. Taman ini memiliki fasilitas arena bermain seperti perosotan, ayunan, playground, jungkat-jungkit dan lain-lain. Nah... cocok sekali mengajak Musa bermain disini, karena lokasinya yang luaaas, energinya habis untuk lari-larian dan memanjat.

Pokoknya olahraga sore disini bagus dech untuk Mommies yang pengen kurus, apalagi kalau.bukan olahraga ngejar-ngejar anak Huaaaa *curcoool*.







Anda pasti tidak akan percaya kalau lokasi taman Harmoni ini bekas lahan pembuangan sampah, karena hampir sebagian taman sudah tertata rapi. Sampai akhirnya kami melihat sampah-sampah yang nongol di tanah yang kami pijak hehehe.

Keren yaaaa... Pemberdayaan lahan yang tak terpakai, menjadi ruang terbuka hijau. Memang yang jadi ciri khas di Taman Harmoni ini yaa sampah yang masih muncul di beberapa permukaan tanah. 

Overall Taman Harmoni ini cakep banget kok, tenang saja disana tidak tercium bau sampah karena lumayan jauh dari lokasi TPA Keputih. 



Taman Harmoni ini juga dikenal sebagai Taman Sakura Keputih. Berhubung (mungkin)  belum waktunya berbunga, saat kami kesana bunga Sakuranya gak ada. Hihihi 😊 berasa di Jepang kali yaa kalo bunganya berguguran. 



Naaahh... Tips untuk Anda yang ingin berjalan-jalan ke Taman Harmoni dan Hutan Bambu :
  1. Datang saat pagi atau sore hari saja. Sekitar jam 11 keatas biasanya sudah panas sekali, karena di Taman Harmoni pohon masih belum banya yang besar. 
  2. Selalu bawa penutup kepala bisa topi atau bawa payung. Selain bisa untuk mengurangi panas,  bisa jadi properti foto-foto. 
  3. Bawa kamera, pemandangannya oke banget untuk ditulis di blog #eh. Instagramable dech. 
  4. Bawa tongsis donk. Gak lucu khan udah tahun 2018, masa nyuruh orang motretin kita hehehe
  5. Bawa snack atau jajanan piknik dari rumah. Bawa bekal makanan dari rumah. Disana gak ada kantin. Ada sich penjual makanan di pinggir jalan,  kayaknya lebih seru piknik bawa bekal sendiri sambil menemani anak bermain. 
  6. Buang sampah pada tempatnya.  Walaupun bekas lahan pembuangan sampah,  tapi jangan dikotori lagi donk yaa. Jangan buang sampah sembarangan.



Okay readers, sekian cerita singkat tentang Taman Harmoni dan Hutan Bambu Surabaya. Bagi yang tinggal di wilayah Surabaya dan sekitarnya,  sesekali coba mampir yaa kesana siapa tahu dapat inspirasi dari angin sepoi-sepoiiiii di sekitar hutan bambu *lol. 



Jumpa lagi di postingan berikutnya yaaaa 😘

Happy sharing and happy Blogging ❤

16 comments:

  1. Aku dong gak cuman tongsis kalo wisata apalagi tempatnya okeeeee. Tripod pun aku bawa .... Hahaha. Maksudnya biar bisa foto keluarga gretongan gitu deh . Ketauan kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku gak punya camera Mbak Dila jadinya pake tongsis udah senang banget hahaha

      Delete
  2. Sepertinya tempat ini kurang familiar untuk orang luar Surabaya, saya belum pernah tahu tentang tempat ini. Next pasti berkunjung ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Munasya, kalo singgah waktu pagi aja, ademm Mbak

      Delete
  3. bagus banget mba dan gratis ya hehehe minggu ini harus kucoba untuk mampir ke sana nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii mbak Diarisivika, gratis Mbak :D

      Delete
  4. Iya, Mbakkk. Kalo malem pasti serem. Kan bambu itu...... zzzzz udah jangan dilanjutin hahahaha.

    Masuk bawa kamera pocket atau dslr gak kena charge ya, Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Free Mbak Liaa, bawa DSLR, pocket cam, apa aja boleh. Belum ada info berbayar :D

      Delete
  5. keputih ya... ih ini deket kampusku dulu... hahah dulu rawa-rawa sekarang udah bagus aja nih..
    kapan-kapan harus dicoba kesana nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Main sama Mas Alfan pasti suka dia Mbak, ada taman bermain anaknya juga di Taman Harmoni

      Delete
  6. Satu kata: Kereeeen!
    Di Jakarta juga banyak lahan beralih fungsi jadi RTH tapi nggak seluas itu, Mbak..Dah kadung kebanyakan bangunan hiks! Tapi lumayan , jadi ada taman di sekitaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya bisa jadi alternatif refreshing kalo bosan sama mall dan kidzone ya Mbak Dian. Ingat jaman duli piknik di kebun

      Delete
  7. Baru mau komen, itu panas apa kagak. Eh udah ada penjelasannya hihihi. Saya baru 2x ke Surabaya dan ittuuuuh puanaas sekalih 😂😂

    Kayaknya next kalo ke Surabaya harus kontsk Mbak Dira nih hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh harus banget kontak aku!!! Hahaha ntar kuajak keliling Surabaya Simbok kerenn!

      Delete
  8. Ya ampuun, aku liat foto barisan bambunya sereeem hahahaha.. Untung aku g ada kemampuan bisa melihat makhluk halus.. Pohon bambu kan dipercaya jd tempat kesukaan mereka hihihi.. Katanya sih mbaaa :p. Tp kalo siang hari gitu memang baguuus yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kwkwkwkw... Asalkan penghuninya gak ikutan kita aja Kak Fanny, heleuuuh serem euuy malam-malam bahas ginian :D

      Delete

Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komentar. Mohon tidak memberikan link hidup ya 😊.

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES