Wednesday, October 31, 2018

Ibu Rumah Tangga, Usaha dengan Pengelolaan Keuangan

source : Canva

Dear readers... Kebayang gak sich kalau sekarang berbisnis jauh lebih mudah dibandingkan jaman dahulu kala? Tentu saja persaingan dalam bisnis juga semakin berkembang pesat. 

Era digital yang semakin berkembang pesat saat ini menuntut para pekerja industri creative bekerja giat. Berbagai inovasi harus semakin dikembangkan oleh para pelaku industri. Dengan beradaptasi terhadap keinginan dan kebutuhan konsumen serta kemampuan mengikuti pesatnya informasi, para pelaku industri kreatif akan mudah menghadapi tantangan di masa depan.


salah satu faktor yang mendukung keberlangsungan modal usaha adalah moda yang kuat. Tak dapat dipungkiri modal memegang peranan penting bagi para industri kreatif yang berjibaku dengan persaingan yang ketat.

Dengan adanya pasar khusus industri kreatif ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sehingga semakin banyak lapangan kerja yang dapat dimasuki oleh para pencari kerja, hal ini akan berdampak positif bagi ekonomi negara.







Beberapa cara yang bisa teman-teman saat ingin memulai suatu bisnis online antara lain:

1. Planning

Rencanakan bisnis yang sesuai dengan bidang dan minat yang Anda kuasai.
Berbagai platform toko online juga semakin berkembang saat ini.
Tentukan produk apa yang paling diminati masyarakat, luncurkan dengan harga bersaing, tentukan waktu yang tepat untuk melakukan promosi serta pengguaan media sosial yang tepat untuk memudahkan produk Anda diakses oleh pelanggan.

Penggunaan media sosial berupa Facebook FanPage, Instagram, Twitter, serta blog turut mempengaruhi jenis target market yang Anda pilih.

2. Kelola pencatatan keuangan dengan tepat

Pencatatan dan pelaporan keuangan bagi bisnis haruslah detil dan tepat. Semakin Anda menguasai keuangan bisnis Anda, maka untuk mengembangkan bisnis akan semakin mudah.
Saat ini bantuan modal untuk bisnis pun semakin mudah didapatkan dengan mudah, baik online maupun offline, bahkan ada pinjaman uang tanpa jaminan langsung cair.

Sebaiknya tetap perhitungkan hutang untuk kebutuhan bisnis Anda yaaa.

3. Evaluasi dan Kontrol

Selalu lakukan evaluasi dan kontrol untuk produk, finansial, pekerja, dan segala yang menunjang kegiatan bisnis Anda.



Untuk laporan keuangan sederhana bagi pebisnis pemula, perlu dipelajari meskipun ada bagian khusus untuk mengelola keuangan. Setidaknya kita perlu mengetahui guna dari laporan keuangan yang terdiri dari neraca, laba rugi, perubahan modal, dan laporan arus kas.

Mengapa kita perlu mengetahui tentang keuangan bisnis sederhana?

Ibu rumah tangga tentu sudah terbiasa  mengatur keuangan rumah tangga, melalui proses pencatatan, berbelanja kebutuhan rumah tangga, serta cermat merancang strategi, melakukan proses perencanaan bagi keluarga di masa depan.
Dengan mempelajari pola pengelolaan keuangan bisnis, kita bisa bertindak sebagai manajer keuangan yang melakukan pengambilan keputusan, termasuk keputusan investasi. Melalui pencatatan dan pelaporan yang detil dan lengkap, serta sistematis akan mempermudah kita melakukan pengambilan keputusan.



Pengelolaan keuangan bisnis khususnya bagi ibu rumah tangga juga perlu dilakukan, berikut ini beberapa tipsnya :

1. Kelola anggaran sesuai dengan kebutuhan
2. Buat pencatatan yang mendetail
3. Pisahkan dana untuk bisnis dan keuangan rumah tangga
4. Buat skala prioritas kebutuhan dan keinginan, khususnya yang terkait dengan bisnis


Demikian beberapa tips mengenai pengelolaan keuangan bisnis bagi ibu rumah tangga. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Thank you for reading my blogpost. See you. ^_^

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komentar. Mohon tidak memberikan link hidup ya 😊.

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES