Saturday, August 26, 2017

BSZ, Bukan Kebun Binatang Biasa



Dear Readers...

Pernahkah mengunjungi kebun binatang dengan berbagai macam wahana?

Kebun binatang yang lengkap koleksi satwanya serta berbagai jenis satwa dari seluruh benua, dengan suasana yang nyaman, pohon yang rindang, hawa yang dingin dan sejuk?




Jika belum pernah...inilah saatnya readers berkunjung ke Kota Batu, Kabupaten Malang, Jawa Timur.


Batu Secret Zoo adalah salah satu destinasi wisata yang sangat unik. Dari namanya saja sudah unik, ditambah Wahana, dan fasilitasnya... Sangat menyenangkan berkunjung ke lokasi wisata yang satu ini.

Mengapa?

Jatim Park 2 merupakan salah satu kebun binatang modern favorit saya dan keluarga, karena lokasinya didaerah yang dingin dan sejuk, serta berbagai wahana permainan didalamnya bisa dinikmati untuk refreshing dari kepenatan sehari-hari.

Dengan konsep theme park yang sangat nyaman untuk mengedukasi anak tentang berbagai macam jenis satwa di Indonesia maupun di dunia. Berjalan-jalan sembari mengenalkan aneka satwa pada anak.




Pohon Inn



Selain dapat memberikan informasi edukasi tentang satwa juga terdapat berbagai wahana permainan dan permainan air.

Dengan rute searah, pengunjung bisa melihat semua koleksi satwa tanpa ada yang terlewatkan

Dari sisi kebersihan, desain lokasi, foodcourt, fasilitas musholla dan toilet yang dijaga kebersihannya, sehingga sangat nyaman saat berada disana.

Kebun binatang versi theme park yang dikelola dengan sangat baik, desain yang unik, serta pelayanannya ramah, serta desain yang ramah untuk pengguna kursi roda.






Lokasi Batu Secret Zoo
Perjalanan menuju ke Batu Secret Zoo dari Surabaya membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 3jam (estimasi jika terjadi kemacetan yang tidak terlalu parah).

Bila ingin berkunjung ke BSZ  readers bisa melewati Jalan Tol melewati Tol Porong - Gempol menuju Pandaan, lalu menuju Purwosari - Lawang - Singosari - Karanglo. sampai di Karang Ploso nanti bisa mengikuti petunjuk arah ke arah Batu. Jika sudah memasuki Area Batu, ikuti petunjuk arah menuju Jatim Park 2.



Jam Operasional
Jam buka Batu Secret Zoo setiap hari,
pukul 10.00 - 18.00 WIB


Tarif tiket masuk Batu Secret Zoo
Weekday Rp. 84.000
Weekend Rp. 120.000

JIka ingin mendapatkan tarif lebih murah dengan wahana tambahan menuju ke Eco Green Park dikenakan tarif
Weekday Rp. 105.000
Weekend Rp. 150.000

Berhubung sudah tinggi diatas 85cm Musa anak saya  tetap dikenakan tarif masuk. Untuk anak dibawah 85cm tidak dikenakan tarif alias free.

Dengan tarif diatas sudah include semua wahana dan kolam renang anak, pengunjung tidak perlu membayar lagi.

Untuk mendapatkan tiket terusan dengan Wahana lainnya dengan tarif yang lebih murah, bisa ditanyakan kepada petugas di loket.





Koleksi Satwa

Berbagai satwa  juga terlihat dirawat secara profesional lhoh, kandangnya bersih, serta terdapat papan informasi tentang jenis satwa, habitat, dan asal  negara/benua.

Koleksi satwa yang dimiliki oleh BSZ berasal dari berbagai habitat, yang sebagian besar berasal dari Asia, Australia, dan Afrika. Beberapa diantaranya bahkan ada yang merupakan satwa langka dan hampir punah, sehingga perlu dilakukan konservasi.

Banyak sekali satwa yang jarang kita lihat di Indonesia, nah ini bisa menjadi sarana edukasi juga bagi buah hati. Mengenalkan satwa baru, yang jarang dilihat di buku bacaan๐Ÿ˜…






Karena luasnya hingga puluhan hektar, sebaiknya apabila ingin berkunjung ke BSZ harus sudah sarapan dan dalam kondisi stamina yang fit (terutama kaki yaa..karena harus berjalan jauuuh).

Bagi pengunjung yang tidak kuat berjalan, jangan khawatir BSZ menyediakan E-Bike dengan harga sewa Rp. 100.000/jam. Atau bila tak kuat berjalan ditengah perjalanan, pengunjung bisa menghubungi ke nomor 085815479991, atau minta tolong pada petugas yang membawa handy talky, E-bike akan diantar ke tempat pengunjung.


Kali ini kami tak bisa melakukan aktifitas memotret dengan leluasa, karena baterai lowbat๐Ÿ˜ญ jadi sangat berhemat..huhuhu!


Pertama kali masuk, pengunjung akan diminta mengenakan gelang tiket, lalu disortir barang bawaannya, setelah lolos nanti akan ada siraman air (((siraman air...apa coba))), tanda akan memasuki area koleksi satwa BSZ.

Koleksi satwa di BSZ ini dibagi berdasarkan beberapa zona, mulai dari Reptile Garden, Flying Lemur, Savanah, Aquarium, Kampung Afrika, dll.

Area pertama adalah koleksi satwa sejenis kukang, tikus raksasa, bermacam-macam spesies monyet. Di area ini desain-desain kandangnya sangat menarik, sepanjang jalur berlekuk-lekuk.







Savannah


Berbagai macam jenis hewan Afrika ada disini.



Zebra.. hewan kesukaan anak saya๐Ÿ˜‚

















Fantasy Land
Area Fantasy Land merupakan salah satu wahana permainan yang menyenangkan bagi para orang tua dan anak-anak, setelah berjalan-jalan pengunjung bisa mencoba merasakan berbagai permainan seperti shark coaster, mobil-mobilan, ada pula semacam gurita yang bisa berputar-putar (entah apa namanya...)

Food Court
Pengunjung bisa menikmati aneka hidangan khas Indonesia di Food Court BSZ, jadi tak perlu khawatir kelaparan karena tak bisa membawa makanan saat masuk ya. 
Selain Food Court, di area ini juga terdapat Musholla dan toilet, fasilitasnya bersih dan nyaman, terutama saat weekday karena agak sepi pengunjung.

KidZone
Area KidZone dari namanya pasti wahana permainan khusus anak ya. Bagi orang tua yang buah hatinya suka bermain aneka permainan, bisa mampir sejenak disini.

Waterpark
Area Waterpark biasanya digunakan untuk melepas lelah bagi pengunjung, buah hati bisa bermain air sepuasnya setelah lelah berkeliling.


Beberapa fasilitas lainnya bisa dinikmati oleh pengunjung:
  1. Berfoto bersama binatang seperti burung dan ular, dikenakan tarif Rp. 5.000
  2. Berfoto dengan latar belakang hewan
  3. Terkadang ada juga atraksi dibeberapa area seperti Pasar Afrika, Savannah River Adventure, Hippo and Croc Garden, tapi tergantung dari pengelola ya (kebetulan saat kami kesana ada atraksi).
  4. Pengunjung bisa menunggang gajah sesuai rute yang tersedia di BSZ
  5. Berkeliling danau menggunakan perahu atau kendaraan wisata air





Beberapa Tips Bagi yang Ingin Berkunjung ke Batu Secret Zoo:

  1. Selalu gunakan flatshoes, sandal, atau sepatu kets bagi Mommies, karena wahana ini sangat luas, pasti gempor kalau menggunakan sepatu high heels :D
  2. Sebaiknya datang pada pagi hari, agar terhindar kemacetan dan dapat dengan puas menikmati wahana saat tidak terlalu ramai.
  3. Ambil uang secukupnya di ATM di luar wahana, karena didalam wahana tidak ada ATM center (berjaga-jaga kalau ingin membeli makanan, menyewa bycle electric, membeli snack, dll)
  4. Bagi yang suka pusing kepala, sebaiknya membeli topi yang dijual oleh pedagang disekitar pintu masuk
  5. Jangan membawa makanan berat (jangan berniat piknik membawa makanan) karena akan disortir di pintu masuk, jagan khawatir didalam area BSZ tersedia food court dan berbagai stand corner
  6. Berjaga-jaga saat hujan, sebaiknya membawa payung atau jas hujan, atau memakai topi untuk mengurangi panas di kepala.




Batu Secret Zoo
Jl. Raya Oro-oro Ombo No.9
Kota Wisata Batu
Jawa Timur, Indonesia
65314
Telpon: (+62) 341 597777


Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi readers yang ingin menikmati traveling ke Batu Secret Zoo.

***

Tulisan ini diikutsertakan dalam #KEBCollabBlogging Group Raisa dengan trigger: Liburan Akhir Pekan, Ke Mana Ya? Yang ditulis oleh Primastuti Satrianto.


Untuk tulisan Group Raisa lainnya, ada di list dibawah ini ya

Mak Ery, Traveling Saat Hamil

Mak Gifta, Setelah Bertualang

Mak Winarni
5 Keistimewaan Traveling ke Batutumonga

Mak Farida
Si Candi Kembar Twins Temple

Mak Merida
Tak Harus ke Papua Persona Raja Ampat









47 comments:

  1. Seharian nggak cukup ya mak kl mau muterin seluruh Batu, Malang. Terima kasih tipsnya, noted.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak Ima...betah banget disana apalagi pas mendung :D

      Delete
  2. Wisata Batu inovatif dan murah tiketnya (dibanding Jakarta hhhh)
    Belum pernah ke BSZ saya, Mbak Dira...
    Kayaknya kalau mau semua memang harus nginep di Batu atau Malang yaaak:)...Habis bagus semua, nggak bisa kalau jauh-jauh datang terus pulang, paling cuma bisa satu tempat sehari...:D
    Btw, thanks info dan tipsnya...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Dian harus nginap kalo di Batu..baru puas nyoba semua wahananya

      Delete
  3. Pernah kesana, luasnyaaa....pokoknya puas deh...gak rugi bayar segitu, malah nyerah keliling karena capeknya. Untungnya anak-anak naik kendaraan listriknya...๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa gantian naik E-bike nya yaa Mbak Sri *lol*

      Delete
  4. Saya malah belum pernah ke kebun binatang! Haha...
    Tapi setelah baca tulisan ini saya jadi punya referensi tujuan wisata kalo ke Batu nanti ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Kak Ery main ke Jawa..semoga kami bisa ke Makassar yaa

      Delete
  5. Aku suka kesini. Harganya terjangkau tapi anak-anak puas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekali datang ga pengen pulang khan Mbak Lia hahaha

      Delete
  6. infonya lengkap kap ya ummi.. pasti asyik bawa bocil kesana, disamping bisa lihat aneka satwa, ada kids zone nya buat anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kak Ayu..mau berenang bisa, mau jalan-jalan naik bis bisa, seru banget

      Delete
  7. Di yogyakarta juga ad mak..namany gembira loka, klo mak k yogya..mampir deh kesitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mbak Farida..pasti mampir kesana kalo ke Jogja๐Ÿ‘

      Delete
  8. Udah lama banget ini tempat masuk list buat liburan keluarga, makin ngiler baca reviewnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. asyiik..harus kesana Mbak Arum, seruu!

      Delete
  9. Batu Malang adalah salah satu destinasi yang sudah lama ada di list tempat yang akan dikunjungi, tapi belum kesampaian. Dan sekarang dapat satu tempat wisata lagi, anakku pasti senang dibawa kesini. Sepertinya memang harus nginap nih di Batu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berangkatnya pagi-pagi Mbak Win..supaya bisa menikmati saat belum ramai pengunjung

      Delete
  10. Ya Allah bagusnyaaaa. Aku belum pernah pergi ke kebun binatang sebagus ini lho mbak. Kalo Aira diajak ke sini bisa dipastiin dia ga bakalan mau pulang lagi. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Merida, kebun binatangnya rapi dan bersih..senang berlama-lama disana Mbak

      Delete
  11. Replies
    1. Worth it banget Mbak Ayu..ga rugi karena banyak wahana gratisnya

      Delete
  12. Sya tak suka kebun binatang, tapi membaca ini membuat saya ingn mengunjunginya
    syafnihanifah.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Syafni semoga ada kesempatan ke Jawa Timur yaa

      Delete
  13. Udah lama nih pengen ke Malang, Batu Secret Zoo berarti must visit ya..Makasih buat informasi yang kaplengkap bangetngets. Lumayan untuk referensi wisata ke Malang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Gifta jangan lupa cek harga tiket terusan kalo ke sana, lebih murah plus Wahana lainnya dapat juga

      Delete
  14. Duh kan jadi tambah pengen ke Batu.

    ReplyDelete
  15. Informasinya lengkap banget mak, jadi pengen kesana. padahal sering bolak balik ke malang, tp gak pernah kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Next trip ke Batu yaa Mbak Mining..nanti direview hehehe

      Delete
  16. Saya udah denger Batu Secret Zoo..tempatnya terkenal ya? Ternyata gak hanya hewan lokal aja yang ada disana, ada hewan dari Afrika juga ya... Asik juga kalau ngajak anak-anak ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebun binatangnya dikelola secara professional Mbak Nurul, nyaman kalo kesana

      Delete
  17. belum pernah kesana, tapi sepertinya seru :)
    thanks informasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir disini Mbak Ningsih ๐Ÿ˜

      Delete
  18. Belum pernah kesana nampak seru ya... Terjangkau pula... Mirip Dufan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahananya ga selengkap Dugan Mbak Khipti..satwanya yg lengkap ๐Ÿ‘

      Delete
  19. Bener banget liburan murah dan asyik menurut saya mbak. Daripada jauh2 ke dufan. Hehehe... Mbak asli malang? Saya Lamongan nih. Salam kenal ya mbak๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Mbak Malicha sering ke WBL donk yaa hehhe..salam kenal yaa Mbak

      Delete
  20. saya beberapa kali kesini gara-gara si ponakan seneng banget kesini..
    dan nggak pernah bosen walopun sudah beberapa kali main kesini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaa..serunya rame-rame Mbak Noriko..iya ga bosen-bosen sangking luasnya Mbak

      Delete
  21. Pengen banget ke sana mbak
    Jauhnyaaaaa
    Nunggu anakku agak gede aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mbak Sulis..biar bisa main-main wahananya hehee

      Delete
  22. Sudah pernah kesana. Nggak cukup sepertinya kl cuma sehari disana. Kurang puas kelilingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..udah kecapekan yaa Mbak Gieska๐Ÿ˜‚

      Delete
  23. Udah 4 tahun bolak balik surabaya-Probolinggo. Tetap aja pas mau rencana ke Malang gak pernah jadi...
    Hiksss semoga lain waktu bisa ke sana ya MB Dira๐Ÿ˜ makasih tipsx kece banget... Aku follow yah ๐Ÿ˜˜

    ReplyDelete
  24. ya ampuuun tambah keren, aku terakhir kali ke BNS nggak sempat cobain semua wahana :D
    salam kenal mbak, aku blogger Sidoarjo :)

    ReplyDelete
  25. Nah, tulisan bagus nih, bisa jadi referensi kalau liburan keluarga.

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES