Thursday, February 1, 2018

Why I Love Being A Blogger?


Helloo Readers...

#CeritaDilaDira is baaack pemirsa!

Collab dengan Mbak Dila kali ini kami membahas tentang hobi ngeblog dan apa saja benefit yang didapat sebagai seorang blogger.

*Warning: Konten ini mengandung curhat akut yang bermaksud meracuni pembaca untuk mencintai profesi sebagai blogger* lol. 

Saya ingin sharing juga disini ya,  betapa bahagianya menjadi  seorang blogger yang absurd πŸ˜… macam saya.


 Why I Love Being A Blogger?




Jenuh Saat Bekerja 

Sebagian besar pekerjaan saya selalu menggunakan laptop,  sehingga rasa jenuh sering melanda. Meskipun disupport oleh moodbooster seperti mendengarkan musik, browsing berita,  dan nonton video, tetap saja rasa bosan pasti mendera. Apalagi jika harus berhubungan dengan analisa dan mengolah angka-angka yang gak ada habisnya. *nulisnya udah mirip pantun belum?* 😁.


meja kerja dan keriweuhannya 😁

Pengalaman Membaca Blog Orang Lain

Hingga suatu hari saat browsing  untuk beristirahat sejenak dari pekerjaan,  saya sering membaca opini orang di web pribadi. Waktu itu belum tahu yang namanya blog.  Blog pertama yang saya kunjungi tahun 2008 tentang curhatan anak muda masa itu,  tentang traveling ke luar negeri dan menempuh studi disana.

Ada juga blogger perempuan yang suka menulis tentang kehidupan sehari-hari, pekerjaannya sebagai MC dan pegawai negeri di salah satu lembaga pemerintahan, dan rasanya menyenangkan membacanya sembari bekerja. Serasa dia lagi ngobrol sama saya, dengan gaya kocaknya. 

Berasa membaca diary online hahaha. Dulu juga nongkrongin blognya Raditya Dika, gak pernah terpikirkan Mas Radit (((Mas Radit)))  akhirnya bisa sekece sekarang. Habisnya blognya absurd dan becanda melulu, rupanya passion-nya becanda yang menghasilkan karya ya, keren!

Sebenarnya saya dulu punya akun multiply yang isinya tulisan tentang puisi dan resensi novel ala ala goodreads.   Ternyata menulis di web milik pribadi itu seru,  lucu,  dan menyenangkan. Dan saya baru tahu, kalau itu namanya blog.







Silent reader yang enggan menulis
Tahun 2009-2010 saya akhirnya membuat blog via platform blogger.com. Namanya kala itu diravaganza.blogspot.com, dan baru berubah domain di tahun 2017 menjadi diraindi.com.

Di tahun 2010 saat saya kuliah pascasarjana,  kami di kelas belajar membuat blog untuk tugas kuliah.  Sedangkan untuk mengamati blognya blogger,  saya masih menjadi silent reader yang baik,  singgah - baca - pindah blog,  seterusnya begitu.

Yang saya ingat,  dulu saya selalu mantengin blognya Dian Pelangi dan Diana  Rikasari dan teman-teman hijab bloggers. Kenapa?
Pengen nyari model baju dan hijab buat berangkat kuliah *so mainstream*. Tahun 2010 sedang in hijab yang diputar-putar gitu, terus tutorial di blog para hijabers blogger banyak banget. Thanks to them, jaman kuliah saya ketemu jodoh #eh, gara-gara gak kumel-kumel amat kali hihii.



Awal Mula Menulis Blog (lagi) 
Setelah cuti dan mengerjakan job sebagai researcher freelace, serta  menjadi editor majalah ilmiah, waktu didepan laptop semakin banyak.

Pertama kali mulai menulis sungguh terasa berat,  apalagi saya paling malas menulis tulisan personal seperti ini. Perlahan-lahan saya belajar, baca tutorial dan praktek, mencari niche dan konten yang cocok dengan karakter saya. Penasaran dengan cara memonetize blog, hingga belajar coding.

Saya pun dipercaya menjadi penanggung jawab di grup Pasukan Blogger Joeragan Artikel.

Hingga akhirnya hasil belajar selama beberapa tahun itu membuat saya berani membuka training online Blogging for Beginner yang diadakan oleh Joeragan Artikel.  Training online ini sudah dua kali dilaksanakan, Batch 1 di bulan Desember, dan Batch 2 di bulan Januari. Alhamdulilah semakin banyak peserta yang memulai hobinya menulis di blog.

Saya juga mulai diundang sebagai narasumber tentang blogger dan dunia digital di beberapa grup WA. Meskipun secara online, tetap saja rasanya senang sekali bisa berbagi hobi yang mendatangkan manfaat bagi orang lain.

Rupanya banyak kesempatan yang bisa saya dapatkan hanya dengan menulis di blog ya?

Akhirnya setelah terjun bebas di dunia blogger yang fana ini, perlahan saya menemukan jati diri *halah*.




Kenapa blogger?
Hmmm... Kenapa ya?  Kenapa bukan penyanyi?  Kenapa bukan penulis buku? Kenapa bukan vlogger atau youtuber?

Mungkin karena saya suka ngobrol,  suka cerita,  dan suka nulis kali yaa? Dan saya suka banget tampilan blog jaman sekarang yang minimalis, jadi semangat mau nulis apapun. Alasan lainnya,  karena jadi vlogger,  saya ga pede ngomong didepan kamera sambil senyum-senyum,  apalagi sejak jerawatan *penting banget?*. Pengen jadi penulis buku, ga selesai-selesai ngedit naskahnya. Pengen jadi penyanyi,  suara saya versi Cakra Khan dicekik hahaha.





Manfaat ngeblog

Nah.. Ini penting untuk dishare disini. Saya beruntung sekali bisa mengenal dunia blog.

Hobi menulis dan ngomong saya tersalurkan. Bisa berdiskusi dengan banyak blogger dan para infulencer di media sosial.

Rekomendasi Destinasi Wisata Saat Travelling. 
Ketika travelling ke suatu daerah, saya bisa mendapatkan informasi dari blogger yang tinggal didaerah tersebut lengkap dengan link tulisan mereka tentang lokasi wisata *anugeraaahh banget*. So, saya gak takut tersesat, tak tahu arah jalan pulang bagai butiran debu, eh bukan,  tak takut salah pilih destinasi wisata. Blogger itu saling membantu memberi rekomendasi, dan itu kereeen buanget!!

Impian menjadi penulis
Lewat ngeblog,  aktivitas menulis saya semakin pesat. Saya berani bergabung komunitas penulis buku, ikut workshop dan seminar menulis, karena mereka bisa melihat portofolio tulisan saya melalui blog. Meskipun saya belum pernah menghasilkan antologi  dan novel cetak. Media tulisan saya yaa blog www.diraindi.com ini.



Selalu belajar dan menerima hal baru.
Percaya atau tidak, bergabung dengan komunitas blogger akan mengubah cara pandang terhadap sesuatu hal. Kalau dulu saklek,  pokoknya opini saya begini. Sekarang lebih luwes mendapat informasi panjang lebar di postingan orang.

Bermacam-macam ilmu baru yang tak pernah saya tahu, mulai dari travelling extreme ala Fanny DCatqueen, travelling ke luar negeri dan segala hal konyol ala Koh Deddy dan Simbok Olenka, sampai ilmu parenting yang untuk anak dengan gangguan sensori integrasi seperti Musa saya bisa dapatkan pengetahuan dan pengalaman dari para blogger. Bahkan mau masak apa pagi ini, saya buka dulu blognya Mbak Nita Lana hahaha. Atau mau jalan-jalan kemana di Jawa Timur, saya ubek-ubek blognya Mbak Vika.

So,  blogger its not just about freebie doank!!!  Kita juga selalu sharing hal yang bermanfaat kok untuk banyak orang.


Bareng Blogger Surabaya di GIASS Pertamina

Bisa ikut event blogger mulai dari Blog Coaching Clinic sampai acara kerjasama dengan perusahaan besar. Belajar ilmu baru setiap hari dengan blogwalking ke blog teman-teman.

Belajar monetize blog.
Alhamdulillah blog juga bisa menghasilkan sesuatu berupa voucher, fee,  hingga diskon penginapan. Yaa... Akhirnya saya berhasil memonitize blog walaupun belum mendatangkan pendapatan dari Adsense. Saya bisa mendapatkan kesempatan menjadi buzzer,  endorser, dan paling senang dapat hadiah buku-buku dari para penulis.




Suka duka menjadi blogger
Sejauh ini banyak sukanya sich hihihi. Belum pernah perang komentar, gak suka juga ribut-ribut. Belum pernah ditolak proposalnya [karena belum pede buat mengajukan kredit eh penawaran].

Dibilang tukang pamer. Hmmmmpf... Kalau udah komentar seperti ini saya senyumin aja, yang penting niat didalam hati hanya Allah yang tahu, ya khan?  Yang penting tidak sombong,  baik hati,  dan rajin menabung *dilempar kelompen*.


Paling sering memori hp penuh.  Kebayang donk tiap melakukan reportase harus berapa kali jepret, alhasil memori penuh ama video dan foto. Belum lagi harus diedit pakai aplikasi typografi dan photo resizer, pasti penuh dech folder-folder di SD Card πŸ˜…. What a life???

Saat liburan otak suka loading pengen nulis apa,  kontennya apa, fotonya harus dari sudut mana bagusnya. Terkadang gak bisa feel free buat vacation, karena kepikiran "wah bagus banget nich buat ditulis di blog" hehehe. Senang bisa berbagi dengan yang membutuhkan informasi.

Paling happy kalau ada yang DM atau inbox menanyakan tentang yang ditulis, yang meminta saran atau rekomendasi. Rasanya tulisan saya dibaca orang, bermanfaat dan memberikan solusi, duh senangnya. *joget India*

❤❤❤

Nah... Itu tadi kisah behind the scene tentang alasan ngeblog, benefit dari hobi ngeblog, dan suka dukanya. Haduh... Curhatnya panjang lebar cyiiiinn persis jalan tol Mojokerto - Jombang yaa hihi. Maafkan 😘.

Senang rasanya bisa bercerita tentang hobi dan passion saya di artikel ini. Semoga readers gak kapok untuk membaca blogpost saya yang lain yaa hehehe.

Kalau Anda, apa hobi dan passion Anda?  Jika Anda seorang blogger, mengapa Anda menyukai profesi ini? 

Oh iyaaa... Mbak Dila Augusty, blogger Medan juga menulis tentang blogger ini, linknya "Menjadi Blogger Bahagia".
Silahkan mampir juga yaaaa.



Happy sharing and happy blogging❤



45 comments:

  1. Ini bukan lagi tol Mojokerto-Jombang tapi Jakarta-Semarang (eh belum nyambung deng...kwkwkw). Satu kata buat Mbak Dira: kereeen! Lha tahun 2008 aku kemana ya, kenal blog aja baru tahun lalu hiks!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sepanjang tol Jakarta - Semarang aku mau jualam lumpia aja Mbak Dian hahaa. Belum keren mbak, ini mah biasa aja πŸ˜‚

      Delete
  2. Saya sebenarnya juga pingin seperti mbak dira. Tapi kesibukan saya mengajar dan setumpuk tugas dan administrasi kadang membuat saya gak produktif menulis di blog. Tapi bagaimanapun, saya mau ngucapin makasih sama mba dira yang sudah bersedia berbagi ilmu di grup pasukan blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Rina, bu guru cantik, gapapa Mbak, ngeblog mah hobi yang tidak mengikat asal happy nulisnya jadi senang. Tetap semangat Mbak Rinaa

      Delete
  3. mbaaak, suka deh tulisanmu. aku ya baru-baru ini aja menekuni perbloggingan dan ternyata emang rewarding. Bisa ketemu temen-temen baru yang sehobi dan punya interest yang sama juga. Pengalamanku sih blogging juga ngaruh buat boosting confidence aku, dari yang ngga berani tampil jadi berani at least foto-foto pas event hehehe. Salam kenal ya mbaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal jugaa Mbak Agiii yang kereeen, seru euuuy baca blognya Mbak Agi. Keep sharing the good vibes yaa Mbak ^^

      Delete
  4. Wah hahaha... pasti jauh lebih enak nih hasil masakannya. Iyes, apapun itu pasti ada suka dukanya ya. Tapi selama nyaman mengerjakannya, pasti menyenangkan. Keep writing the good things for us, mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaap Miss Food Blogger yang kerenn! Masakannku lebih berwarna sejak baca blogmu Miss Nitaa hihii, kecuali foto yg gak kece blas, ga bisa motret πŸ˜‚

      Delete
  5. Makin demen nulis daaaah. Abis baca tulisannya mba Dira serasa dinasehatin. Semangaaattt nuliiiis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaiiish... Itu bukan nasehat Mbak Sani, tapi curhat ngalor ngidul gak jelas hihi, thank you kalo jadi boosting nulis yaak!

      Delete
  6. Ya ampun keren bingit Mba Indira...itu fotonya bisa dibikin seperti slide.asyik juga klo diajarin...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaaa yang keren fotonya doang yaa Mbak Srieeee *gigitin foto* πŸ˜‚

      Delete
  7. Mbaak, emang sekarang tinggal di Surabaya mana? Kisahnya keren dan menginspirasi euy. Btw, th 2009, saat Mbak Dira udah kenal blog, saya baru kenal ama pesbuk, haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surabaya pinggiran Mbak Laa jauh dari kota. Jaman friendster udah tutup yaa Mbak hehehe

      Delete
  8. Ah Mbak, tulisan ini menyuntik semangatkuuu..... Terima kasih. Salam kenal dr saya.. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mbak Juli, thank you udah mampir yaa Mbak. *suntiik suntiikk* ^^

      Delete
  9. Alhamdulillah ya banyak berkahnya kalau jadi blogger. Dapat Jodoh pula. Asik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mpook Ratne, walaupun belum sekece Mpo Ratneee ^^

      Delete
  10. Miss baru belum domain. Alhamdulillah udah nyobain makanan restoran hasil review

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah ini enak banget Miss ^^ wisata kuliner teruuus

      Delete
  11. Pingin bisa jadi blogger sekeren mbak Dira ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuh, kebaliiikk Mbak Novaaa. Saya yang pengen kayak Mbak, tulisannya banyak sering menang lomba lagi ^^

      Delete
  12. Seru banget baca kisah perjalanannya
    Hehehe semangat ngeblog mbak...

    ReplyDelete
  13. Bunda dira, profesi seorang blogger yang mengharuskan kita eksis di dunia maya. Membuat kita mudah disangka pamer ma orang ya, gara2 kita suka unggah foto jalan2nya kita, foto makanan, foto prestasi dll. Mereka nggak tau aja ya, sbnernya kita tu ga pamer cuma salah satu cra kita utk mengenalkan tulisan n blog kita pda bnyak orag trutama buat ngedapetin job blogger ya πŸ˜‚

    ReplyDelete
  14. Dulu mulai ngeblog karena pengen curhat,
    Kalo sekarang ngeblog, ehm, karena pengen curhat jugak (lho?)

    Semoga kita bisa semangat terus ngeblog-nya yaaah!

    ReplyDelete
  15. Seneng bisa kenal mbak Dira via pasukan blogger JA. Awal kenalannya juga menyenangkan, ramah banget orangnya 😊 btw, kalo saya baru agak serius ngeblog Agustus tahun lalu. Kondisinya sebenarnya ga banyak waktu sih karena harus ngajak main si kecil, plus lagi LDR-an. Tapi justru dengan ngeblog saya jadinya terhibur, lebih adem terhadap berbagai opini & bisa memperkaya pemikiran dan pengalaman. So, saya sekarang sih momblogger yang sedang menikmati 'marathon' ini :)

    ReplyDelete
  16. Ngeblog memang asik, ya. Walau termasuk terlambat, tapi aku menikmati banget ngeblog bermanfaat begini. Otak juga kepakai untuk mikir biar ngga lekas pikun :D.

    ReplyDelete
  17. Wahh kamu keren skali mba. Ampe bisa ngajar blogger u beginner gitu. Aku masih suka suka nih nulisnya πŸ˜…πŸ˜…

    ReplyDelete
  18. Aku juga suka banget ngeblog..aku sangat menikmati jadi blogger dan tak ingin kerjaan lain hihi

    ReplyDelete
  19. aku juga sangat menikmati ngeblog mbak. sampai sekarang gak pernah ikut acara komunitas. Soalnya pengen tetep menjadikan blog ajang senang senang aja, jadi gak ada beban 😁

    ReplyDelete
  20. Wow luar biasa mbak dira, pembelajar blog sejati. Dan kerennya lagi bisa berbagi ilmu dunia blogging buat mereka yang pengen melek dunia blog *macam saya* :D
    Semoga terus menebar manfaat melalui tulisan2nya ya mbak.
    Aku ngeblog cuma buat curhat dan mgkn akan begitu aja *Unfaedah banget yaak huhu :(

    ReplyDelete
  21. Kereeen iih. Aku tuh msh super gaptek nih soal urusan di balik layar blog. Tau nya cuma nulis doang, yng utak atik lainnya suka nyuruh orang *tutup muka. Pdhl kan blog ga cuma nulis ya.. Pgn belajar tp memory otak ud penuh. Hihihi

    ReplyDelete
  22. Wah sayang jauhhh... Kalau ngga, bakalan daftar jadi murid kelasnya Kak... :-)

    ReplyDelete
  23. Aku juga sering dikatain pamer. Gk apalah ya mbk, kan niat hanya Allah yg tau. Btw, makasih sharingnya mbk dan salam kenal, muthihauradotcom

    ReplyDelete
  24. aku jadi terinspirasi sama tulisan ini, boleh juga nih kapan2 bikin blogpost khusus cerita kenapa suka blogging hehe

    ReplyDelete
  25. Kereeeen Mba Diraaa.. Semoga kesampaian nanti bisa nerbitin buku ya mba.. Aku pun pingin banget bisa punya buku.. Aamiiiin.. :D Yang paling aku seneng dari ngeblog ini, temenku jadi nambah banyak walaupun kebanyakan belum pernah ketemu tapi udah berasa deket gitu.. :D

    ReplyDelete
  26. Gara2 ngeblog, saya jg sempet bercita2 jd penulis, kebuka deh jalan dan berhasil nerbitin buku solo di penerbit mayor, ada jg beberapa antologi. Tp ternyata jd penulis itu gk mudah. Jadi blogger aja deh kalo gitu. Haha

    ReplyDelete
  27. Tulisannya rapi deh mbak. Udah cukup lama ya nulisnya... pantesan susunan kata-katanya bagus.
    Oh ya, mbak dari Surabaya? Saya juga besar di Surabaya tapi setelah menikah pindah ke Bali.
    Eh sama, dulu juga saya punya Multiply isinya ya essay kecil-kecilan, tapi sekarang udah kehapus, dan saya nggak sempat selamatkan tulisan-tulisan saya disana hehehe XD

    ReplyDelete
  28. Aku suka mampir ke blog mba Dira, kadang sampe lupa jejak komen saking asiknya baca hihi.
    Jadi blogger seru ya mbak, banyak suka nya bagi saya. Duka nya ada sih cuma biar aja tar juga lewat hihi.
    Jadi blogger dan kita jadi teman, yeay..
    Happy blogging

    ReplyDelete
  29. Keren memang rasanya jadi bloger, hehe. Saya aja nyesal kenapa gak dari dulu ngeblog. Dan baru dua tahun ini berkecimpung di dunia maya ini.

    ReplyDelete
  30. Wqah keren banger Mbak. Awal saya menemukan kata blog, saat membaca politikus wanita yang menuliskan perjalanan hidupnya. Saat itu tahun 2010 saat saya memulai awal resign dan mengasuh anak. Sampai hari ini, ilmu ngeblognya yaa, hanya yang dasar-dasar saja, tapi suka kok baca-baca tentang ilmu blogging, meskipun enggak 100 persen langsung diterapkan. I love blogging to untuk merekam kenangan ataupun memberikan opini pribadi. Kalau menuliskan personal msih agak canggung, kecuali pengalaman parenting y

    ReplyDelete
  31. Dari zaman sd aku sbnrnya rajin nulis diary. Walopun ada waktunya ngambek, ngebuang diary krn dibaca ama mama :p. Tp ttp aja, bbrp bulan kmudian bel it diary baru, trus nulis lg. Pas internet booming baru deh nulisnya online. Awal2 di friendster, dulu ada fasilitas kayak blognya. Tp isinya cendrung masih curhatan ga jelas wkwkwkw

    Seingetku mulai nulis ttg traveling pas kerja di jkt, di multiply. Ceritanya baru kenal suami, dan dialah racun traveling sampe aku bisa tergila2 gini :p. Dia mentorku hahahaha. Nah, dipikir2 akukan pelupa, masa iya pengalaman jalan2nya ilang gitu aja. Ya sud, mulai deh ditulis di blog multiply sampe akhirnya ditutup :p. Untung masih dikasih wkt utk pindahin ke platform lain. Akhirnya pilih blogspot. Sampe akhirnya jd kecanduan, dan blog bisa jd obat stress ku selain jalan2. Dengan nulis, walopun aku tau masih agak kacau dan blm bisa menyamai idolaku mba trinity traveler :D, tp menulis blog slalu bikin aku happy, rileks juga me time banget. Belum kepikiran utk memonetize walo ada bbrp tawaran, krn jujurnya aku ga mau menulis hal lain yg ga berkaitan dgn traveeling dan kuliner. Dan sepertinya menulis sponsored post, ga bisa sebebas kalo nulis sesuai pandangan sendiri :D. Dan aku sadar belum jado nulis sponsored post yg halus cara ngiklannya :p.

    ReplyDelete
  32. Wah keren mbak histori perjalanan blog nya
    saya sendiri ngeblog mulai 2007. vakum, terus bikin blog lagi sudah 5 tahunan kayaknya.
    sekarng masih berjuang biar banyak pengunjung yang baca blog saya, nambah teman, dan bantu ngatasi masalah 'introvert-thing' saya sendiri
    :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komentar. Mohon tidak memberikan link hidup ya 😊.

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES