Friday, June 29, 2018

Lindungi Buah Hati dari TBC dengan Imunisasi BCG



Vaksin bcg – Imunisasi memang sangat banyak dilakukan terhadap anak-anak dimana mereka yang baru lahir biasanya membutuhkan suntikan khusus untuk membuat daya imun mereka menjadi lebih kebal. 

Meski sekilas bayi terlihat sehat, namun pada kenyataannya mereka sebenarnya masih sangat lemah dan membutuhkan kekebalan ekstra agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Itulah mengapa imunisasi sangat dibutuhkan oleh mereka agar tubuh mereka dapat menjadi lebih kebal hingga beberapa tahun mendatang. 

Salah satu bentuk imunisasi yang dilakukan terhadap anak – anak yang masih balita ialah imunisasi BCG atau biasa disebut juga dengan istilah vaksinasi BCG. 

Sama halnya dengan namanya, imunisasi BCG ini dilakukan dengan cara pemberian vaksin BCG bayi.

Pengertian Vaksin BCG

BCG ialah singkatan dari Bacillus Calmette Guerin.


Vaksin ini tidak boleh sampai terkena sinar matahari dan juga harus segera digunakan begitu diencerkan dalam waktu 8 jam. 

Penyimpanan vaksin ini juga tidak boleh dilakukan di tempat yang beku karena pada dasarnya vaksin bcg tidak boleh dibekukan, serta harus disimpan pada suhu 2 – 8 derajat celsius. 

Vaksin BCG untuk mencegah penyakit sendiri diciptakan untuk membantu tubuh membentuk sistem kekebalan yang lebih kuat sehingga tubuh akan menjadi lebih kebal terhadap segala jenis penyakit tuberkulosis. 


Kapan saat yang tepat untuk pemberian vaksin BCG?

Di Indonesia, pemberian vaksin BCG ini umumnya dilakukan kepada bayi yang baru lahir.

Waktu pemberian vaksin paling lambat kepada bayi ialah pada usia 3 bulan. Jika pemberian vaksin lebih lambat dari masa 3 bulan tersebut, maka sebelum melakukan imunisasi bcg bayi harus melakukan tes tuberkulin terlebih dahulu untuk memastikan apakah sebelumnya sudah terkena tuberkulosis atau belum.


Tujuan imunisasi BCG

Pada intinya semua imunisasi bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dari sebelumnya sehingga tubuh tidak akan mudah terserang penyakit. Jika memang terkena suatu penyakit maka dampak yang ditimbulkan tidak begitu parah atau bisa dikatakan hanya sebatas penyakit ringan saja. 

Imunisasi BCG yang dilakukan dengan pemberian vaksin BCG kepada bayi ini bertujuan untuk membuat kekebalan tubuh bayi menjadi lebih kuat sehingga tidak akan mudah terserang penyakit tuberkulosis. 

Pemberian vaksin BCG  ini, banyak manfaat yang bisa diambil oleh bayi di antaranya ialah resiko terkena penyakit tuberkulosis apapun hingga berkurang sekitar 50%, dan efek perlindungan yang didapatkan oleh anak bisa bertahan hingga 10 tahun lamanya. 

Efek samping vaksinasi BCG

Sama halnya dengan vaksinasi atau penyuntikan untuk tujuan imunisasi lainnya, bayi yang menerima imunisasi bcg pun juga akan mengalami efek samping berupa rewel karena merasakan sakit. Selain itu, bisanya juga akan timbul reaksi pada area bekas suntikan berupa pembengkakan kecil, kulit memerah, dan pada sebagian kasus ada yang hingga meninggalkan bekas luka parut. 

Efek lain yang mungkin dialami ialah adanya pembengkakan getah bening di area ketiak, namun kasus ini hanya terjadi pada sebagian kecil anak saja. Hal ini terjadi karena bayi masih memiliki kekebalan yang lemah, maka sebaiknya setiap orang tua rutin melakukan imunisasi terhadap bayinya dengan mengunjungi klinik kesehatan atau puskesmas terdekat. 

Para orang tua tidak perlu khawatir untuk memberikan imunisasi apapun termasuk imunisasi dengan vaksin BCG. Proses pemberian vaksin ini sangat penting untuk membuat anak-anak menjadi lebih kebal terhadap penyakit tuberkulosis di masa sekarang dan masa mendatang.


Segera datang ke fasilitas kesehatan terdekat untuk konsultasi tentang imunisasi BCG yaa Moms ❤.

11 comments:

  1. Imunisasi BCG penting banget. Karena kalau sampai tertular TBC, pengobatan nya minimal 6 bulan minum obat tanpa putus. Ngeriiii...

    ReplyDelete
  2. Memang penting imunisasi. Kita cuma bisa berusaha meminimalkan, tidak bisa benar-benar menangkal.

    ReplyDelete
  3. Imunisasi penting untuk melindungi bayi. Termasuk imunisasi BCG ini. Kalau sudah diimunisasi kita jadi lebih tenang akan bahaya beragam penyakit menular yang ada di sekitar 😊

    ReplyDelete
  4. Whuaaa nanti sekolahnya gak jauh-jauh dari ilmu kesehatan ya mba. Bikin buku bareng yukks...

    ReplyDelete
  5. Ini cara cerdas melindungi anak-anak kita dari penyakit TB. Bayi itu gampang sekali terkena virus, bakteri maupun kuman, karenanya salah satu melindungi bayi dari berbagai penyakit yah itu dengan imunisasi

    ReplyDelete
  6. semua imunisasi itu penting yah mba Dira, sayangnya masih banyak yang meragukan dan mempertanyakan ke halalannya. Wah boleh nih mba Dira habis ini membahas tentang kehalalan vaksin-vasin ini :)

    ReplyDelete
  7. vira baru imunisasi BCG bulan lalu mbak alhamdulilah. jadi lebih tenang

    ReplyDelete
  8. Memang imunisasi Salah satu Cara buat melindungi anak dari berbagai penyakit soalnya sekarang virus semakin cepat nyebarnya.

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah DuoNaj BCG semua, dan "jadi" begitu istilah dokter saat melihat bekas suntikannya. Hahaha, maksudnya "jadi" itu apa saya juga nggak paham. Mgkn berhasil kali yak

    ReplyDelete
  10. Paling sedih kalau lihat anak sakit. Maunya anak selalu sehat dan bisa sempurna tumbuh kembangnya. Dan salah satu cara agar anak selalu sehat, yaitu dengan memberi mereka imunisasi ya...

    ReplyDelete
  11. Liat postingan ini jadi diingetin untuk imunisasi ualang anakku.
    Sekarang semakin banyak virus yang aneh-aneh ya mbak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komentar. Mohon tidak memberikan link hidup ya 😊.

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES