Friday, June 29, 2018

Imunisasi DPT, Langkah Awal Supaya Anak Sehat dan Kebal terhadap Berbagai Penyakit


Dear Mommies... Semua orang tua pasti menginginkannya anaknya dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat ya.  Oleh karena itu, penting bagi anak untuk mendapatkan imunisasi DPT supaya sistem imunnya menjadi lebih kuat dan tahan terhadap  penyakit, khususnya penyakit difteri yang akhir-akhir ini kembali marak dan banyak menyerang anak-anak. 


Apa itu imunisasi DPT?


Imunisasi berasal dari kata "imun" yang berarti "kekebalan tubuh"

Jadi, imunisasi merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Adapun pengertian DPT ialah singkatan dari Difteri, Pertusis, dan Tetanus. 

Imunisasi DPT ialah salah satu upaya peningkatan kekebalan tubuh terhadap penyakit Difteri, Pertusis, dan Tetanus


Di Indonesia, imunisasi DPT merupakan langkah wajib yang harus dijalani oleh setiap anak guna meningkatkan kekebalan tubuh mereka terhadap ketiga penyakit ini. 

Imunisasi DPT ini dilakukan dengan cara memasukkan vaksin DPT ke dalam tubuh. Vaksin DPT generik sendiri bisa didapatkan secara cuma-cuma di puskesmas terdekat. Selain vaksin DPT generik, ada juga vaksin DPT kombinasi Hepatitis B atau biasanya dikenal dengan imunisasi DPT Combo. Seiring dengan berkembangnya tekhnologi, kini pemerintah pun mencanangkan imunisasi kombinasi pentavalent yang meliputi  DPT, Hepatitis B, dan juga HIb (Haemophilus influenza type B). Bisa dikatakan kombinasi pentavalent ini bisa meningkatkan kekebalan terhadap 5 penyakit sekaligus.  

Tujuan imunisasi DPT

Sesuai dengan penjelasan diatas, imunisasi DPT lanjutan ini bertujuan untuk meningkatkan kekebalan anak terhadap tiga penyakit antara lain Difteri, Pertusis, dan Tetanus. Setiap anak yang telah mendapatkan vaksinasi DPT ke depannya akan menjadi lebih kebal terhadap penyakit ini.

 Tidak sedikit kasus di mana anak – anak juga akan mengalami salah satu di antara ketiganya di kemudian hari. Namun reaksi yang ditimbulkan tidak akan terasa begitu parah atau hanya terbilang sakit ringan saja. 

Kapan imunisasi DPT dilakukan?

Pemberian imunisasi di Indonesia telah dijadwal sebaik mungkin dan wajib dijalankan oleh unit kesehatan di masing-masing daerah guna memberikan pelayanan kesejahteraan kesehatan masyarakat. 

Para balita dan anak-anak merupakan objek dari imunisasi DPT itu sendiri.

Jadwal imunisasi DPT dilakukan secara bertahap sampai tiga kali: 
  1. imunisasi DPT 1 dilakukan ketika anak berusia 2 bulan, 
  2. imunisasi DPT 2 diberikan kepada anak ketika mereka memasuki usia 3 bulan, dan 
  3. imunisasi DPT 3 diberikan pada saat mereka usia 4 bulan. 


Sedangkan imunisasi DPT ulangan dapat diberikan sebanyak dua kali dengan tahapan imunisasi DPT ulangan 1 pada saat anak berusia 1 tahun setelah imunisasi DPT ketiga diberikan, dan imunisasi DPT ulangan 2 pada usia prasekolah atau 5 tahun.

Efek samping imunisasi DPT

Dengan memberikan vaksinasi DPT, tubuh seorang anak akan menjadi lebih kebal dan secara praktis tubuh akan menyesuaikan kekebalannya sendiri. 

Vaksinasi DPT ini juga memberikan efek samping terhadap anak seperti timbulnya kemerahan pada area penyuntikan yang disertai bengkak dan juga nyeri, reaksi alergi sistemik, demam, anak menjadi rewel dan menangis sekencang – kencangnya, serta dalam sedikit kasus (0.008%) pernah dijumpai ada yang mengalami kejang. 

Kendati demikian, orang tua tidak perlu khawatir untuk memberikan imunisasi DPT  kepada anak-anaknya karena reaksi tersebut tidak mengkhawatirkan dan hanya bersifat sementara. Terlebih sekarang sudah ada vaksin DPT yang tidak menimbulkan reaksi demam tinggi, namun untuk vaksin ini harganya cukup mahal.

Itulah informasi kaitannya dengan imunisasi DPT. Sebagai orang tua, wajib untuk menyadari pentingnya akan pemberian imunisasi DPT kepada anak supaya kekebalan anak menjadi kuat dan tidak mudah terkena penyakit.

Jangan lupa untuk datang ke fasilitas kesehatan terdekat, konsultasikan kesehatan anak kita kepada tenaga ahli ya Moms ❤.

12 comments:

  1. Alhamdulillah DuoNaj DPTnya lengkap. Kalau si Najwa dulu karena panas trus Mbahnya gak tega akhirnya imunisasi di dokter anak. Ya emang nggak panas sih. Kalau Najib di posyandu sama bidan, hehehe. Agak panas tapi karena ibunya di rumah saja ya nggak masalah. Di sekitar saya masih banyak yg gak mau imunisasi. Tapi ya semua dikembalikan pada pilihan sendiri2 sih.

    ReplyDelete
  2. Waaah...aku paling streng klo urusan imunisasi buat anak2, bahkan sampai besar imunisasi yg hrs diberikan aku lakukan. Tp imunisasi kanker servik belum..hehhehe

    ReplyDelete
  3. Imunisasi DPT masuk imunisasi wajib. Biasanya tidak lewat, karena biayanya ringan. SeteLah 6 tahun harus diulang begitu pula dengan dewasa.

    ReplyDelete
  4. Luigi imunisasi DPT sama bidan di puskesmas hehe. Kadang kalo panas emang bikin gak tega, tapi bener kata mbak, itu khan reaksi sementara :)

    ReplyDelete
  5. Bener banget. Anak2ku juga imunisasi lengkap bahkan dpt tambahan juga 😸😸

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah, dua anak saya lengkap DPT-nya, di posyandu. Sempat sedikit demam, sih. Tapi ga sampai rewel. Yups, imunisasi tuk anak adalah anjuran pemerintah yg sebaiknya dilaksanakan ortu. Sayang sih kalo masih ada yang ragu, hehe

    ReplyDelete
  7. Erysha itu ya Bun kalau imunisasi jenis lain dia itu ga suka demam. Cuma tiap imunisasi dpt pasti malamnya itu suka demam. Tapi biasanya cuma sehari sih demamnya, jadi emaknya ga terlalu khawatir juga jadinya

    ReplyDelete
  8. Anakku alhamdulillah lengkap sudah imunisasinya. Karena emaknya gak tega nyuntik bocahnya jadi sama yangtinya aja, alhamdulillah gak pake antri soalnya mbahnya bidan, ehehehe...

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah anak-anak imunisasinya lengkap..termasuk DPT ini yang sampai saat ini masih diulang secara berkala di sekolah, program dari pemerintah.

    ReplyDelete
  10. Kadang suka nggak tega ngeliat anak-anak nangis ya. Tapi demi kebaikan mereka di masa depan ya harusss hehe

    ReplyDelete
  11. Dulu waktu anak-anak masih kecil, saya berusaha selalu memperhatikan jadwal imunisasinya. Demi kesehatan mereka, ya, kan...

    ReplyDelete
  12. alhamdulillah anak saya semua imunisasi dengan sempurna, maksud saya sesuai jadwal dan petunjuk, Ngeri liat ortu yang nggak mau imunisasi anaknya ya bun

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komentar. Mohon tidak memberikan link hidup ya 😊.

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES