Wednesday, January 17, 2018

"Content is The King" Ngobrol dengan Carolina Ratri



Dear readers... 

Ada yang suka baca blog orang lain,  sampai hafal kategori dan isinya,  lalu diboormark dan berlangganan newsletternya? Saking pentingnya isi blog tersebut bagi kehidupan blog Anda. 

Bicara tentang ilmu blogging, ada beberapa blog dengan niche khusus,  yang selalu saya kunjungi hampir setiap hari. Manfaatnya apa? 

Setiap kali membaca "barang baru", saya langsung merasa baper ternyata masih banyak yang perlu diperbaiki dalam tulisan dan tampilan blog saya. *kena palu godam*

Nah... Salah satu blog yang turut berjasa besar dalam kemajuan konten di blog saya, adalah carolinaratri.com.





Pernah suatu masa,  saya hanya seharian "nongkrong" di salah satu blog ber-niche konten blog milik Kak Carra ini. Gak pindah kemana-mana masa! 
Pokoknya bacaaaaa terus terus, sampai mau nangis. Kenapa? 
Karena waktu itu masih nulis semaunya,  konten amburadul, berasa seperti diejek-ejek, padahal emang yang dibilang Kak Carra sich hampir semua benar. 
*balik badan,  nangis dipojokkan*


*Content is The King*

Segala hal yang menyangkut tulisan blog,  konten, dan tetek bengeknya saya ublek-ublek di carolinaratri.com. Serasa berada di toko buku online yang isinya daging semua (itu toko buku apa pasar daging, Dira??? *please*). Maksudnya isi blognya bermanfaat banget untuk meningkatkan kualitas tulisan di blog gitu.



Setelah momen itu, saya "memberanikan diri" untuk  follow  dan mengajukan pertemanan di Facebook (bahasanya kayak mengajukan kredit kwkwkkw).



Mrs. Carolina Ratri,
The Author of carolinaratri.com



Pokoknya kalau Kak Carra update status tentang postingan di blog carolinaratri.com, saya secepatnya meluncur, baca,  bookmark dan simpan file di folder khusus.
*udah macam dapat sms dari pacar,  dikekepin ahhaha*

Kak Carra yang berprofesi sebagai penulis dan editor,  tentu menguasai sekali tentang content writing. Jadi perlu banget dikekepin ilmunya,  supaya menular dech ke blog saya. 

Pokoknya bagi yang belum pernah baca carolinaratri.com, hari ini harus baca dech,  kalau pengen wajah berasa ditampar-tampar *ini promosi macam apa pula*.
Dijamin setelah baca-baca, balik ke blog sendiri, lalu pengen rombak ulang tulisan di blog, pengen buat riset baru - nyari foto - pengen bikin video *eh itu saya diiink*.


"Halaah,  emangnya apa aja yang bisa didapat kalo baca carolinaratri.com?" (omongan yang belum pernah singgah nich...).
Bagi yang suka belajar kayak saya *kibas kemoceng*, Anda bisa dapat buanyaaak ilmu.
"Apa aja emang coba sebutin!"
Anda akan tahu kalau selain curhat-curhat kesana kemari, juga ada curhat berfaedah yang bermanfaat untuk meningkatkan traffic. Cara mendapatkan ide nulis. Tools untuk menunjang aktivitas ngeblog pun ada. Golden rules untuk blogger pemula saat mulai ngeblog. Tips sukses ngeblog ala master blogger luar negeri. Sampai tutorial basic SEO.


Duluuu banget waktu awal-awal saya nge-blog, suuer gak ngerti Kak Carra itu nulis apa hahaha. Intinya saya baca, saya browsing yang saya gak ngerti, terus dipraktekkan. Yaah,  alhamdulillah sekarang blog saya gak jelek-jelek amat lah *tepuk dada Bang Rhoma* #eh
*tepuk dada Bang Rachmad - suami saya*.
Iyaa khan.. Iya khaan? Blog saya gak jelek khan!!!





Nah... Pada suatu hari saya pengin interview Kak Carra khususnya untuk mengelola blog bagi blogger pemula. 

Simak yuuuukk obrolan singkat bareng Kak Carolina Ratri. 


❤❤❤

Kaka Carra mulai ngeblog sejak tahun berapa? Apakah alasan awal mula Kaka nge-blog?

Mulai banget ngeblog sih tahun 2007 awal di Multiply, terus di Wordpress. Yang Multiply sudah mati, yang di WP gratisan masih. 
Pertama kali juga nggak tahu kenapa. Waktu sign up juga ngeblank. Emang mau nulis apaan? Hahaha. Ga jelas banget.

Mengapa diantara banyak niche blog,  Kaka sangat concern menulis tentang seluk beluk blog? Dan mengapa referensinya blogger luar negeri?

Aku sih bukan fokus ke seluk beluk ngeblognya, tapi lebih ke content creationnya. Kenapa memilih niche itu, karena aku belum menemukan blog referensi Indonesia yang khusus bahas mengenai konten. Kalau tutorial dan teknik blogging sih banyak, tapi ngulik kontennya belum ada. Padahal katanya content is the king. Kulihat juga masih banyak yang nanggung konten-kontennya punya teman-teman blogger ini.
Kenapa referensi blogger luar, ya karena belum ada yang cukup mumpuni di dalam negeri. Kalau soal teknik SEO, teknik blogging, sih banyak. Tapi yang konten, belum ada.
Lagipula eranya udah duluan luar negeri. Kita mah di sini masih zaman batu, mereka udah millenial. Hahahaha.



Kaka bekerja sebagai editor senior, desain grafis, penulis buku,  content writer, dan blogger. Bagaimana cara Kaka membagi waktu untuk menulis di blog? Apalagi blog Kaka lebih dari dua,  apakah ada manajemen khusus untuk ide dan pembagian waktu menulis blog? 

Weekdays, aku full di pekerjaan. Karena semua freelancing, jadi memang mesti dibagi waktunya dalam sehari. Aku orangnya rela mengurangi tidur, demi pekerjaan.

Untuk blog pribadi, aku nulisnya di weekend. Tapi untuk tahun ini, aku mungkin akan mengurangi nulis di blog pribadi juga sih, karena ada beberapa proyek yang mesti aku fokusin.

Kalau buat ide, aku nggak ada waktu khusus nyari ide. Ide itu selalu datang sebelum aku cari. Hahahaha. Sambil jemput anak-anak di sekolah pun aku bisa brainstorming. 



Sebagai blogger yang malang melintang di dunia kepenulisan,  adakah tips untuk blogger pemula yang baru terjun ke dunia blog? Cara mencari ide tulisan?  Dan mengelola tulisan menjadi konten yang kece? 

Yang pertama pengin aku tekankan, tulislah yang sesuai passion, meski mungkin bukan topik yang trending. Lalu kalau sudah lancar menulis, baru disesuaikan dengan trending supaya dapat traffic. 

Saat mulai, jangan dulu mikirin apa yang bakalan didapat dari ngeblog, tapi nikmati dulu prosesnya. Karena ngeblog bukan perkara semalem dua malem terus sukses. Perlu napas yang panjang. Kalau sudah salah tujuan saat mulai, pasti nggak akan bertahan lama.

Cara mencari ide tulisan, berlatihlah untuk peka terhadap sekitar. Sering mengamati, sering mendengarkan dan merasakan. Menulis itu soal mengolah rasa.

Untuk jadi konten yang kece ya, berlatihlah terus. Hahaha. Ini susah ini kalau dijawab hanya dalam satu paragraf. Di blogku aja jadi beberapa artikel soal konten kece ini.



Adakah tips mengenai tools yang bisa digunakan oleh blogger pemula untuk mencari ide tulisan,  menyimpan catatan,  dan membuat konten yang menarik? 

Untuk nyari ide tulisan, aku sih biasanya mengandalkan buzzsumo.com, terus web-web yang punya konten bagus aku jadikan satu di Feedly. Lalu aku sortir lagi ke Evernote. Jadi tiap kali mau nulis, dan nggak ada yang lagi trending di medsos untuk bisa kutulis, aku tinggal tengok ke bank ide itu. Pilih yang pengin ditulis.

Aku juga punya 2 notes; yang khusus buat nulis headlines yang terpikirkan mendadak, dan yang buat nulis outline dan corat-coret.

Kalau dipikir, kok niat amat ya buat ngeblog aja. Ya, soalnya aku juga mesti punya tabungan konten buat portal ya. Jadi kerjaanku ini semua memang aku kerjain secara simultan gitu. Nangkep idenya ya buat blog sekaligus buat portal dst.



Untuk memonetize blog membutuhkan proses yang panjang dan rumit. Adakah tips untuk blogger pemula yang ingin menghasilkan "sesuatu" dari blognya tersebut? 

Waini. Buat pemula, aku nggak nyaranin untuk buru-buru monetize. Enjoy aja dulu kegiatan ngeblognya. Banyakin “modal”-nya, yaitu kontennya yang menarik demi traffic yang bagus. Istilahnya, bikinlah portfolio dulu yang bagus.
Baru nanti bisa dipakai modal buat monetize.


Nah... Kesimpulan dari obrolan diatas adalah blog bukan hanya soal tampilan,  tapi isinya-kontennya punya peran penting bagi keberlangsungan blog itu sendiri. 

So readers,  sepertinya ngeblog ibarat membangun istana, perlahan tapi pasti, konsisten, dan mulai berpikir tentang menulis dengan hati bukan tentang uang. Ya khaaan? 

Okay... Sementara itu dulu yaaa ngobrol bareng Kak Carolina Ratri. Next time kita ngobrol-ngobrol lagi dengan topik yang lain. 



Happy sharing and happy blogging ❤



52 comments:

  1. Ish ish ish... pagi-pagi bikin bapeer niii... langsung nyungsep karena malu ama tulisan sendiri, wkwkwkwkwk

    Intinya, saya harus banyak belajar lagi hehe. Makasih mba Dira sudah menampol sayaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halah Simbok keren ngapain baper hahaha. Khan tulisannya udah cetar, mengalir kayak Sungai Brantas. Lanjutkeun ngeblognya, juara lomba terus euuuy!

      Delete
  2. Kakak pijey keren deh, udah interview Kak Carra aja. Kak Carra itu rujukan banget buat belajar. Rajin banget bagi ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku tahu Mbak Damar juga fans beratnya Kak Carra hahaha, kita selalu nongol di facebooknya Kak Carra.

      Delete
  3. Wow pagi-pagi dapat info bagus banget. Makasih, mba Dira :)

    ReplyDelete
  4. Makasih inspirasinya mbak Dira.

    ReplyDelete
  5. Wah, pagi-pagi udah dapet ilmu banyak.

    Jadi saya ngga usah mikirin pengen bikin gif yang lucu-lucu itu ya, nulis dulu yang banyak hihi...

    Thank you for sharing, Mba Dira <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gif salah satu untuk menunjang konten tulisan menjadi menarik Mbak Yuli *alasan*. Semangat nulis lagi yaa.

      Delete
  6. Wah, pagi-pagi udah dapet ilmu banyak.

    Jadi saya ngga usah mikirin pengen gif yg lucu-lucu itu dulu ya, nulis dulu yg banyak hihi...

    Thank you for sharing,Mba Dira <3 <3

    ReplyDelete
  7. Mbak Carra, daku ngefans hihi😘 Blognya keren banget dan selalu jadi panduan buat belajar.

    ~~Dian Nova

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini kenapa fansnya Kak Carra jadi Mas Sugeng. Pake akun suaminya ya hahaha, Mbak Diaan.

      Delete
  8. Mantep nian ini.. Btw kereen nih mba Dira udah gerak - gerak aja fotonya hihi makin betah sering mampir.
    Dan toss dulu dong, saya jga seneng baca blog mba Carra

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abis mau masukin banyak foto ntar penuh banget Mbak Shinta 😁. *tosss.

      Delete
  9. Makasih sudah diingatkan mbk. Yap, konten adalah raja. Aku jg sring mampir ke blognya mbak Carra, emang keren :)) salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
  10. Saya juga penggemar blognya Kak Carra. Sampai langganan pula. Jadi kalo ada posting baru langsung ada pemberitahuan lewat email.
    Isi blognya memang daging semua ya...😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Nurul, itu blog apa kaleng kornet, isinya daging semua? *kabooor*

      Delete
  11. aku juga nge-fans sama mbak Carra, suka baca blognya, manfaat banget buat blogger pemula ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Dona, jangan lupa suka blog aku juga donk *tampang melas*

      Delete
  12. Betul ya menulis itu mengolah rasa,dan kepekaan.

    ReplyDelete
  13. Ikyuuuut langganan aaah.. Maluuu banget liat tulisan sendiri. Hahaa... Thx mba Dira postingannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau langganan mingguan, bulanan, atau tahunan Mbak Arum?
      *itu koraaaan...*

      Delete
  14. Samaaaa Bundaaaa. Awal saya ngeblog, referensi tmpat saya belajar adalah blognya carolina ratri. Dan saya trmsuk orang yang beruntung menemukan tulisan beliau akhirnya mencari tahu banyak tebtang beliau. Ketemu deh blognya beliau 😍

    ReplyDelete
  15. Ahhhh.... Jadi tercerahkan sekali berkat wejangan kak Carra ini. Thanks mba Dira. Pengen bangeeet bisa punya blog yang bermanfaat dan nyaman dibaca kayak punya mba Dira dan kak Carra. PR besar buat newbie 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Tuhan, akhirnya ada yang muji blog akuuu *salto*

      Semangat ngeblog Mbak Dhikaa

      Delete
  16. Kaka Carra memang rujukan banget dah... Saya syuka intip blognya, sambil tutup muka sadar saya masih remahan kacang..😬 Senengnya bisa baca interpieww beliau di sini...Makasih sharingnya kaka Dira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Remahan kacang ya.. Mbak Dian mah kacangnya kacang almond, kacang mede hahaha mahal!!! Orang keren gitu tulisannya, juara lomba pula.

      Delete
  17. Wah, harus segera meluncur ke blog kak Carra nih. Blog saya masih abal-abal.. Huhu.. Nangis deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Abal-abal, astagaaa enggak kok. Blog Mbak Lisa bagus, ayoo semangat ngeblog terus dan terus.

      Delete
  18. Keren banget, setuju dengan tulisannya. "Content is a king", jadi tulislah sesuai minat, dan yang dikuasai. Makanya saya tidak mau bikin tulisan di luar minat saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heleuh Ceu Meta mah semangat membina Entreprenur sejati :D Makasih Ceuuu udah mampir.

      Delete
  19. Aku belum tahu tentang kak carra. Blogger pemula neh... Jadi ingin berkunjung di blognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa sering-sering berkunjung ke blog ini lagi yaaa *kasih peta*

      Delete
  20. Cuccok banget jawaban terakhir mbak Carra : perbagus dulu kontennya, perbanyak dulu modalnya, baru mikirin monitize 😜
    Soalnya yang ada sekarang banyak blogger pemula yang udah merasa hebat, langsung pasang tarif dan gak mau nulis kalo gak dibayar... Ya gimana klien bisa baca blogmu kalo isinya gak update, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha Kaka blogger hits Makassar ngamuk hihihi *kabuuur*.

      Aku gak dibayar gapapa kok Ka, asalkan dikasih backlink, aku ikhlas *kedip-kedip*
      *kelilipan*

      Delete
  21. Wah terima kasih sudah memperkenalkan Mba Carra ya Mba (Iya, aku sekuper itu belum tahu Mba Carra). Aku juga baru tahu kalau ada platform Multiply, ckckck.
    Setiap paragraf dan kalimat jawaban Mba Carra aku baca dengan saksama (biasanya cuma baca cepat), dan jawabannya semua berisi. Aku jadi semakin termotivasi menulis dan berprogress.

    ReplyDelete
  22. Wah terima kasih sudah memperkenalkan Mba Carra ya Mba (Iya, aku sekuper itu belum tahu Mba Carra). Aku juga baru tahu kalau ada platform Multiply, ckckck.
    Setiap paragraf dan kalimat jawaban Mba Carra aku baca dengan saksama (biasanya cuma baca cepat), dan jawabannya semua berisi. Aku jadi semakin termotivasi menulis dan berprogress.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mvak Nadella, jangan bosan mampir kesini yaaa 😍
      Gak kuper kok Mbak Della, kapan-kapan mau belajar tutorial di blog Mbak Nadella ah.

      Delete
  23. Harus belajar terus ya bikin konten yang berkualitas, PR besar buat aku juga

    ReplyDelete
  24. Tamparan keras nih buat aku yang nge blog nya asal nulis aja.... hiks hiks

    ReplyDelete
  25. .kalo saya gx ada bakat nulis. .hhh
    padahal pngen bnget bisa nulis artikel yang memiliki bobot. .hh

    ReplyDelete
  26. Wuaaaaaah. Udah rame aja!
    Aku malah baru sempat mampir. Macam apa pulak?
    Makasih ya, Dira, kesempatannya. Jadi bisa kenalan sama teman-teman lain yang belum kenal.

    Buat yang belum kenal, salam kenal yah. Yuk, saling berbagi inspirasi. Saya juga masih remahan rengginang, belajarnya ya dari teman-teman ini. Mengamati. Hahaha.

    Buat yang ngaku ngefans, alamak. Aku kayak terbang ke langit ketujuh. Hahaha. Makasih yaaa. AKu padamu deh :-****

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you udah balas email aku yaa Kak Carra. Ini banyak banget yang ngerasa ditamparin, sumpah bikin ngakak hahaha.


      Astaga... Astaga... 😂😂😂

      Delete
  27. Aku kalau baca punya mba Carra emang bikin tertampar bolak balik maklumlah aku bloher yang nichenya ngasal hahaha tapi aku setuju sama mba carra tulislah yang sesuai passion dan passionku ngaler ngidul mba :D

    keren deh uda interview mba Carra :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha passion ngalor ngidul ya Mbak Herva, sama donk kita 😂

      Delete
  28. Wah, judulnya ngga bisa ditolak banget, ehehehe.... Udah baca juga blogpostnya mbak Ra dan emang, jadi ketampar2 sendiri, hahaha! Simbak yg satu itu emang inspiring bingits!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Carra kayaknya jago nampar yaak hahaha *kabuur*

      Delete
  29. Mba carra ini guruku juga :D. Pokoknya tiap baca blognya, pasti dpt ilmu baru soal tulis menulis. Walopun banyak yg blm bisa aku praktikkan juga dlm blogku. Gara2 baca salah satu tulisannya, aku jd kepikiran juga utk bikin blogku bercerita soal wisata ekstrem only :D. Kapan2 mau lebih digodog lagilah ide ini :p

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komentar. Mohon tidak memberikan link hidup ya 😊.

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES