Monday, August 14, 2017

Agrowisata Bhakti Alam, bukan hanya wisata biasa!


Dear Readers...

Pernahkah mengunjungi tempat wisata yang memberikan suasana edukasi bagi anak dan keluarga?

Pernahkah saat traveling menikmati tempat wisata sambil berkeliling dan mencoba produk yang ada disana? Gratis?

Atau menikmati memberi makan hewan ternak secara langsung? Iyaaa...langsung didepan mata, hewannya pun bisa kita elus-elus? Seru sekali yaa?



Kira-kira dimanakah ada tempat wisata seperti ituuu??

Kebetulan weekend ini kami sekeluarga  traveling secara mendadak, tanpa rencana. Pokoknya jalan-jalan dulu melewati jalan tol, setelah itu baru mengaktifkan GPS😂

Berhubung perjalanan menuju ke Kota Malang dan Batu selalu macet, sehingga kami memutuskan mencoba wisata didaerah Pasuruan saja. Thanks to Google, akhirnya kami "menemukan" tempat wisata bernuansa alam didaerah Pasuruan. Dengan terlebih dahulu mencoba berbagai kata kunci  di Google hehehe.

Setelah melewati perjalanan yang cukup penuh perjuangan hahaha (medannya lumayan bikin perut teraduk-aduk), akhirnya kami sampai di Agrowisata Bhakti Alam.


Nah..sekarang di Jawa Timur ada agrowisata baru yang bisa bermanfaat untuk mengedukasi anak dan keluarga.

Berlokasi di Desa Ngembal, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan. Agrowisata Bhakti Alam menyediakan halaman parkir yang luas serta banyak sekali keseruan  wahana yang bisa dinikmati bersama keluarga, sahabat, dan rekan kerja lhoh!


Berada di ketinggian 450 sampai dengan 550 mdpl, readers dapat merasakan suasana alam pedesaan yang sejuk, serta menikmati rileksasi dan kesegaran nuansa perkebunan yang penataannya cukup rapi.

Saya terkesima dengan lingkungan yang asri, serta desainnya seperti kota mini. Ditambah dengan aneka patung lucu.






 Harga tiket masuk yang cukup terjangkau, readers dapat menikmati berbagai Wahana, tanpa perlu membayar lagi lhoh.
Tarif Agrowisata Bhakti Alam
Hari libur/ minggu dikenakan tarif Rp.45.000.
Sedangkan pada Hari kerja dikenakan Rp.40.000.

Jam buka loket
Jam 08.00 sampai jam 15.00
artinya loket hanya buka sampai jam 3 sore, setelah itu tidak menerima pengunjung lagi. Tapi pengunjung yang sudah masuk tetap bisa menikmati Wahana disana.

Taman Air Imut



Di Taman Air Imut ini readers bisa menikmati kesegaran taman air. Beragam alat permainan air tersedia di taman air imut, sangat cocok untuk memanjakan buah hati tercinta.




Feeding Animal (sapi, domba, dan trewelu)

Dengan membayar Rp.10.000 untuk makanan hewan, readers bisa menikmati wahana memberi makan hewan seperti sapi, domba dan trewelu.

Sangat cocok bukan untuk mengedukasi buah hati tentang jenis hewan ternak.



Menikmati perjalanan keliling tempat wisata 

Readers juga bisa mendapatkan tester produk hasil perkebunan di ABA. Tester berapa susu, melon, keripik buah, dan jus semangka bisa didapatkan di masing-masing tempat berikut ini:
1. Kingdom Milk 
2. Kebun Hidroponik 
3. Tempat Pengolahan Keripik Buah
4. Berkeliling melewati cottage

Dengan tagline agrowisata Bhakti Alam,  “Fun, Fruity dan Education”, ternyata banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh readers Bila berkunjung kesana.
Berkeliling Agrowisata dengan kereta dan mini bus



Salah satu keseruan di ABA, readers dapat menikmati suasana perkebunan dengan cara berkeliling menggunakan kereta atau mini bus.

Sambil berkeliling biasanya ada guide yang bisa ditanyai sepanjang perjalanan. Berhubung saat itu sudah sore (sekitar jam 3), kebetulan banyak kami bertiga yang naik kereta.

Menurut info Mas guide ((( Mas guide))), saat musim panen nanti readers bisa menikmati sensasi memetik buah langsung dari pohonnya lho! Cuman saya lupa bertanya, buah apa yang bisa dipetik, karena tidak semua jenis buah bisa dipetik langsung.

Sepanjang perjalanan terlihat penataan kebun sesuai jenis buahnya, antara lain:
sawo, belimbing, jambu air, buah naga, durian, dll. Pokoknya Mahasiswa pertanian, perkebunan, agribisnis pasti suka kalau ke sana dech  hehehe.

Selain itu saat ramai pengunjung biasanya dapat melihat langsung proses pasteurisasi hingga pengolahan aneka olahan susu. Pada lahan peternakan sapi, readers bisa menikmati sensasi melakukan perah susu sapi. Sebaiknya readers bisa menghubungi mengelola jauh-jauh hari, sehingga bisa melakukan reservasi apabila ingin membawa rombongan.




MILK KINGDOM
Kingdom Milk

Di Kingdom Milk, readers bisa menikmati berbagai produk susu segar yang telah di pasteurisasi, serta ada produk lain berapa yoghurt. Readers juga mendapatkan susu gratis dengan menukarkan tiket saat awal mendaftar di loket, tiketnya akan di minta oleh Mas Guide.



GREEN HOUSE
Green House



Setelah singgah di Milk Kingdom, pengunjung akan diantar menuju Green House untuk menikmati sensasi memetik sayuran segar hidroponik secara langsung.

Disekitar Green House terdapat stand kecil untuk menjual sayuran segar, serta salad buah (harga Rp.15.000). Readers juga dekat menikmati tester buah melon segar disini.


PAWON JAWA


Pawon Jawa (Dapur Jawa) adalah  tempat pengolahan keripik buah, readers bisa mendapatkan tester berbagai jenis keripik, seperti keripik pisang manis, keripik pisang asin, keripik singkong. Dan juga ada tester beras kencur dan sinom.


Harga keripik pisang dan singkong antara Rp.10.000 hingga Rp. 25.000
Sedangkan harga kentang Rp.25.000
Harga sinom dan beras kencur sekitar Rp. 20.000 (saya beli tapi lupa harganya).



Destinasi terakhir adalah melewati area pemancingan dan cottage Bhakti Alam. Bagi readers yang ingin "mengungsi" sejenak dari kebisingan kota, menginap di cottage adalah alternatif yang menyenangkan. Keluarga dan rekan bisa menikmati berbagai Wahana,jika lelah dapat beristirahat di cottage. Tarif cottage sekitar Rp. 500.000 hingga Rp. 700.000an.

Jalan menuju Area Pemancingan



Bagi readers yang  menyukai kegiatan outbound, bisa menghubungi pengelola. ABA ternyata juga menyediakan training motivasi, bahkan juga disediakan hall, camping ground, barak penginapan, dan toilet yang bersih.
Sedangkan yang ingin menguji adrenalin, ABA juga menyediakan fasilitas flying fox dan ATV.



Food Court dan Fruity Garden

Jika sudah lelah berkeliling, readers bisa menikmati beraneka macam kuliner di Food Court. Jenis makanannya bermacam-macam mulai Soto ayam, Mie ayam, tahu tegal, nasi rawon, mayoritas makanan khas Indonesia.

Sedangkan untuk membawa pulang oleh-oleh berupa buah-buahan segar, baik yang masih utuh maupun yang sudah dikupas, readers bisa langsung mengunjungi Gedung Fruity Garden. Sepanjang pengamatan saya, cukup ramai pengunjung yang membeli buah-buahan disana, mulai dari melon, semangka, buah naga, nangka, tergantung dari jenis buah yang dipanen.




Baiklaaah..sekian dulu review tentang Agrowisata Bhakti Alam. Recommended banget nich bagi readers yang ingin menikmati liburan dengan nuansa alam serta fasilitas edukasi tentang perkebunan dan hewan ternak. Khususnya bagi yang tidak ingin bermacet-macet ria menuju Kota Malang dan Batu *peace*


Agrowisata Bhakti Alam Pasuruan
IG: @agrowisatabhaktialam
FB: Agrowisata Bhakti Alam
Twitter: @agrobhaktialam
Website: www.bhaktialam.com
(0343) 611606
085 777 777 991
0816551200


Baca juga:
Perkembangan Emotional Intelligence Anak
Penting kenali bahan atas sebelum membeli

Semoga tulisan kali ini bermanfaat♥

Happy holiday Readers🙋



30 comments:

  1. Tiket 45 ribu bisa ke tempat seru begitu...wow! Berapaan itu harganya kalau di seputaran Jakarta:( Baru tahu ada agrowisata ini Mbak..Biasa kalo pulkam jalannya ke Malang dan sekitarnya dan dapat bonus macetnyaaa, hadehh! Tapi bisa dijadwalkan nih ke wisata edukasi ini. Anak-anak paling suka soalnya. Terima kasih reviewnya yang lengkap dan foto-foto yang cantik..Jadi tertarik nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus mampir Mbak Dian, sebelum ke Malang hehehe. Thank you Mbak

      Delete
  2. Bagus banget Mba tempatnya heheu saya belum pernah ke Jatim

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ada kesempatan jalan-jalan, direview yaa Mbak Sandra

      Delete
  3. Begitu liat tiketnya. Uhuuy asiik, masih ramah di kantong saya . Mudah-mudahan ntar dari Medan kami pindahnya ke Surabaya dulu... Hihihi. Biar bisa main ke Malang ama Batu. Udah kangen banget niy sama Malang ama Batu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jauh yaa Medan..semoga bisa balik ke Jawa Timur yaa Mbak Dila

      Delete
  4. Wah saya suka bangeeet wisata alam, senang dah makin banyak wisata alam gini dan banyak edukasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Ranny cocok jalan-jalan di Jawa Timur nich Kayaknya hehe

      Delete
  5. Pernah kesini bareng keluarga. Aduh melonnya, golden melon... manis banget.

    ReplyDelete
  6. wah, keren ya cocok banget ngajak keluarga wisata kesini, semoga setiap daerah punya wisata edukasi yang kayak gini yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiiih..kapan bisa ke Makassar yaa, disana juga keren-keren Kak Ery

      Delete
  7. Waah ...tempat wisata yang mengedukasi banget ya... Anak-anak pasti bakalan senang berlibur ke tempat yang penuh dengan edukasi ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emaknya yang ceriwis Kak Nurul, ngasih tahu melulu sepanjang jalan he he..seru sich

      Delete
  8. Wah tempat wisatanya bagus, banyak permainannya dan bisa metik buah juga ya. Kapan-kapan mau ah ke sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Metik buahnya waktu panen Kak Lianny, jadi tergantung musim panen hehe

      Delete
  9. bagus banget disana ... adem dan asri, jadi betah di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah pernah kesana yaa Kak Andreas? Gak terlalu dingin sich..tapi seru buat wisata

      Delete
  10. h hi hi pengenn, saya kepulau jawa baru nyampe bogor, semoga sutu saat bisa traveling hingga ujung jawa :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin..mampir ke Surabaya yaa Kak Ayu, kita meet up! 😍

      Delete
  11. Wah seru kayaknya lebih bagus dari farm house Bandung sepertinya,hehehe. Btw cara bikin fotonya di tulis nama blog kita gimana mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai aplikasi typografi Mbak Tuti.. Saya belum pernah ke Farm House nich Mbak :D Kayaknya seru yaa disana bisa berkuda

      Delete
  12. Itu tempat wisatanya bagus banget. Bukan cuma main jadinya ya, anak-anak juga jadi belajar. Seru ih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mbak Dian..emaknya lumayan ngoceh sepanjang jalan, senang bermanfaat untuk edukasi

      Delete
  13. Udah mupeng banget pengen ke bhakti alam, eh baca review yang lengkap gini makin mupeng ajah.. By the way berapa hektar mbak, kok kayaknya luas amat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah itu yang lupa nanya Mbak Enii.. lumayan ngos-ngosan sich karena anak kesenangan kelilingnya hehehe

      Delete
  14. Wow keren juga ya. Kapan hari si sulung outbond kesana tpi gak nyangka tempate sekeren itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti anaknya senang yaa Mbak Tata :D serunya outbound di ABA

      Delete
  15. Cakep, bersih, sayangnya pasuruan ini adalah daerah yang cuma dilewati belaka

    ReplyDelete
  16. keren bersih lagi tempatnya...sepertinya batita juga aman ya ke tempat ini...list ah untukjalan-jalan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komentar. Mohon tidak memberikan link hidup ya 😊.

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES