Wednesday, December 9, 2015

Cara Mengganti Template Blog


Dear readers... 


Apa alasan Anda betah berlama-lama di blog orang lain?  Selain tulisannya menarik, saya termasuk yang suka dengan tampilan blog yang templatenya nyaman dan responsive. 

Template yang responsive sangat berpengaruh terhadap jumlah kunjungan, karena pembaca blog menyukai template yang cepat loadingnya. 


Trend kekinian template responsive bisa dipilih disesuaikan dengan selera Anda, saat ini yang sedang diminati adalah tampilan minimalis dan background putih. 

Jangan lupa sesuaikan tata letak untuk widget, kategori, navigasi, logo header, jenis font pada judul dan postingan,   dll.  Sesuaikan dengan personal branding Anda yaa. 

Bingung cara mengganti template pada blogspot? Takut dan tidak pede mengganti template karena khawatir merusak tampilan blog? 

Saya dulu juga begitu, tapi lama-kelamaan berani utak-atik template sendiri.  Modalnya hanya dibaca perlahan tutorialnya,  dan dipraktekan.






 Berikut ini langkah-langkah mengganti template pada platform blogger/blogspot:


1. Login ke akun blogger Anda di www.blogger.com

2. Setelah itu pilih menu Template / Theme di dashboard blog






Cara mengganti Template Default Blogspot

Bila ingin mengganti template bawaan blogspot,  Anda tinggal pilih menu Customize / Sesuaikan.  
Pada template default blogspot  terdapat bermacam template seperti Contempo,  Soho,  Emperio,  Simple, dll. Pilih salah satu template lalu klik menu Terapkan ke Blog di bagian kanan atas.  



Cara mengganti Template Download Free atau Premium

Jika Anda merasa kurang cocok menggunakan tampilan template default blogspot,  sebaiknya Anda men-download template blogspot yang free maupun yang berbayar (premium template). 

Jangan lupa download template  yang responsive dan berformat .xml.


3. 
Backup dulu template lama Anda  dengan menekan tombol “Unduh template lengkap” (Download theme) dan jangan lupa copy semua kode widget Anda di notepad. Simpan di folder file yang mudah diingat (di laptop). 


5. Setelah mendownload templete baru.   
Buka menu Template /Theme  Pilih  menu  Backup/Restore (cadangkan/pulihkan).

*Selalu ingat nama template yang baru yaaa... *



Pilih  klik browse (pilih file) , lalu pilih template .xml yang sudah Anda download tadi di laptop, lalu open dan kemudian klik Upload (Unggah)




Harap bersabar,  Anda bisa menunggu sebentar hingga tampilan template baru muncul.  

Biasanya posisi widget akan berubah letaknya,  atur kembali di menu  Layout / Tata Letak,  atur dengan cara didrag ke posisi yang Anda inginkan. Jika sudah cocok posisinya,  jangan lupa di Save /Simpan.



Jika template yang diubah tidak sesuai dengan yang Anda inginkan,  tak masalah,  Anda bisa merubah kembali dengan template yang sudah Anda backup sebelumnya.  


Asal jangan lupa lokasi folder file dan nama file template Anda yaaa!! 


Okay readers... Selamat mencoba mengganti template blog Anda yaa.


Happy sharing and happy blogging❤

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komentar. Mohon tidak memberikan link hidup ya 😊.

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES