Sunday, December 6, 2015

Mengenal dan Menguasai Dashboard Blogspot




Dear Readers...


Setelah mulai menyukai dunia menulis di blog, Anda pasti ingin belajar mengutak-atik postingan  dan menguasai dashboard blog bukan? Ada kah yang awalnya takut mengutak-atik menu di dashboard?


Dashboard merupakan halaman utama pada blog yang berguna untuk mengontrol aktivitas blog Anda. 


Tak perlu khawatir, semakin Anda berani membuka menu yang ada di dashboard, Anda akan semakin ahli mengelola blog Anda.


Modalnya tetap "Berani dan Praktekkan!". 



Untuk mempermudah Anda mempelajari DASHBOARD BLOG, berikut ini postingan saya mengenai "Mengenal dan Menguasai Dashboard".


Selamat mencoba 😍















Post : menu untuk melihat semua postingan atau tulisan,  membuat  postingan atau artikel terbaru, yang sudah dipublish,  dan yang masih dalam bentuk draft.

Stats : Menu statistik bermanfaat untuk menampilkan statistik blog yang kita kelola secara lengkap.
Mulai dari pageviews,  jumlah post dengan pengunjung tertinggi, sumber traffic, dan negara asal pengunjung serta browser dan sistem operasi yang digunakan oleh pengunjung blog. 



Comments : Menu komentar berguna untuk mengontrol komentar komentar yang masuk ke blog. 
❤ Published berarti komentar yang sudah dipublikasikan dan akan muncul di kolom komentar
❤Awaiting moderation berarti komentar yang ada di kolom tersebut  sedang  menunggu dikonfirmasi oleh pemilik blog. 
❤Spam berarti komentar tersebut dianggap spam.  Anda bisa memasukkan link hidup ke kolom spam, agar tidak merepotkan anda di kemudian hari.  



Earnings : Menu Earnings atau Pendapatan dapat Anda pergunakan bila Anda telah terdaftar sebagai Publisher Adsense. Melalui menu ini Anda dapat mengontrol dan mengetahui berapa banyak pendapatan Adsense Anda.


Campaigns : Menu campaigns atau kampanye merupakan sarana untuk mengiklankan blog Anda melalui Google Adword, yang tentu saja berbayar.



Pages : Menu pages atau halaman adalah menu untuk membuat halaman baru pada tampilan blog Anda.


Layout : Layout atau tata letak merupakan halaman penting yang digunakan untuk mempercantik tampilan blog. Anda bisa membuat blog yang bervariasi melalu layout ini, mulai memasang banner, memasang header, memasang iklan, hingga memasang profil diri Anda.


Theme : Menu theme atau template merupakan menu penting yang dapat anda gunakan untuk mengubah tampilan blog. Anda bisa mengubah judul artikel, warna template, hingga jenis dan ukuran font pada blog Anda melalui menu ini.


Setting : Menu setting atau pengaturan berfungsi untuk mengelola pengaturan pada komentar, memprivate blog, pengaturan  Email, Bahasa, dsb.



Reading List : Menu reading list berisi daftar blog yang telah Anda follow


Nah... Sekarang sudah familiar khan dengan tampilan dashboard blogspot? Semakin sering Anda menggunakannya, maka Anda akan semakin familiar dan akan semakin nyaman menulis di blog Anda.


Happy sharing and happy blogging


1 comment:

  1. Assalamu'alaikum. Banyak hal baru yang didapat dari kursus ngeblog onlinenya Mbak. Cuman agak keteteran dengan tugas kantor (pembekalan pulang liburan santri). Mohon maaf kalo tugasnya belum terkumpul buat menulis review pembelajaran blogger for beginnernya.

    Sementara sedang ngumpulin file yang Mbak share di batch. Dan berusaha memahaminya. Makasih banyak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komentar. Mohon tidak memberikan link hidup ya 😊.

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES