Saturday, April 21, 2018

Mengagumi Miniatur Indonesia di Jatim Park I



Bulan April menjadi sejarah pertama kalinya saya mengunjungi suatu objek wisata tanpa "kepo".

Ini rekor di dunia persilatan,  secara saya orang yang perfeksionis dan ribet jika sedang mempersiapkan  travelling. Biasanya saya sibuk browsing Google, cari referensi blog tentang lokasi wisata, membaca review,  mempersiapkan uang, hingga Itinerary-nya lengkap.

Kali ini saya bonek,  bawa tas dengan isi seadanya plus uang secukupnya, terus berangkat bareng Eyangnya Musa. Kebetulan Abi-nya Musa sedang ada acara seminar,  jadinya plesiran bareng orang tua dan anak saya saja.

Rasanya gimana?  Hahaha... Lumayan menegangkan untuk ukuran orang yang selalu detil dan prepare segala macam hal.

Destinasi wisata yang saya pilih untuk berpetualang adalah Jatim Park I dan Museum Tubuh. Jatim Park I adalah wahana wisata edukasi yang baru kami kunjungi setelah bertahun-tahun tinggal di Jawa Timur.

Sengaja ingin menikmati lokasi wisata ini tanpa browsing dan menggali informasi, ternyata seru juga lhoh. Berasa in the middle of nowhere hahaha...  Excited banget, sekaligus belajar keluar jalur. Seru!

Coba-coba bikin videonya dan diupload ke Youtube 😁.



Bermodal nekat tanpa informasi, kami menuju ke lokasi tanpa dibantu Google Maps, mengulang masa dimana kami sekeluarga hidup tanpa bantuan smartphone. Untungnya Mama saya super keren daya ingatnya, jadi tak perlu tersesat menuju ke lokasi. Thanks God I have her in my life!!!! *kecuup Mama akuuuh*.

Tiba di Kota Batu, kami langsung menuju Jatim Park I mengandalkan papan petunjuk dan ingatan Mama. Yeaaay... Lebay? Biarin kami senang banget pokoknya hihihi. Berhasil menjangkau lokasi tanpa bantuan dunia digital ternyata masih menyenangkan *sok gaya aja*
*padahal udah keringatan*.


Setelah mengucapkan syukur karena tiba dengan selamat tanpa tersesat, kami pun memasuki lapangan upacara eh lapangan parkir yang luaass banget. Kebetulan weekend,  so pasti penuh sesak dengan rombongan bus wisata.

Kami disambut oleh penampakan Bagong yang super besar dan disampingnya terlihat punakawan (tokoh dalam pewayangan Jawa). Aaaah... Ini dia rupanya Jatim Park I dan The Bagong Adventure.  Apa saja yang ada didalamnya?  Yaap... Karena saya sengaja tidak browsing, jadi saya gak tahu isinya apa hihihi. Curious banget, Musa yang udah gak sabar langsung melesat lari ke arah gapura Jatim Park I. Oh Boy! Padahalnya emaknya pengen benerin lipstik ama alis dulu *eh.


Jatim Park I


Memasuki pelataran Jatim Park I, kita akan disambut patung Semar,  Gareng, Petruk dan Bagong. Jadi ingat masa kecil suka nonton wayang punakawan yang lucu tapi kaya pesan moral *cieeee*.

Pembelian tiket saat kami datang dilakukan di stand khusus,  bukan di loket. Kurang tahu juga kenapa begitu yaa.  Setelah membayar,  kami langsung masuk ke area Jatim Park I.



Kesan pertama  sebagai orang yang belum pernah baca review orang lain tentang Jatim Park I, saya terpukau. Pertama kali masuk ke area didalam, terlihat banyak sekali patung tiruan. Mulai dari orang sedang kenduri tumpengan, topeng wayangan, hingga setting acar wayang lengkap dengan patung sinden, dalang, hingga gamelan pun ada. Indonesia yang kaya akan budaya ada disini.

Uniik! Beberapa spot di Jatim Park I yang menarik perhatian seperti Catur Topeng Malangan,  Kampung Nusantara, Taman Sejarah,  Jawa Timuran,  Galeri Etnik Nusantara.

Catur Topeng Malangan


Saya termasuk orang yang kurang aware dengan budaya dari kota lain. Sejak tiga tahun merantau, akhirnya merubah diri saya menjadi semakin peduli dengan budaya daerah sekitar. Termasuk feeling amaze saat mengunjungi area entrance ini,  baru di bagian depan saja sudah banyak banget aneka topeng, wayang,  duh betul-betul selama ini saya cuek banget.


Taman Sejarah


Menyusuri lokasi berikutnya kita akan disuguhi aneka miniatur kerajaan, masjid dan candi-candi yang ada di Indonesia. Lokasinya di halaman yang luas, dan alam terbuka.

Banyak wisatawan yang berteduh sambil menkonsumsi snack diantara pepohonan yang rimbun. Berasa piknik didekat candi dan keraton. Adeeem!

Desain bangunan seperti masjid,  candi,  dan keratonnya disuguhkan semirip mungkin dengan bentuk aslinya tapi dalam versi "mini". Lengkap dengan halaman dan pagar yang luas.


Kampung Nusantara

Spot favorit saya yang kedua adalah Kampung Nusantara. Setelah puas berjalan-jalan di "lobby depan", kami pun memasuki wilayah Kampung Nusantara.

Kampung Nusantara ini didesain dengan bentuk rumah adat yang ada di Indonesia serta maniken yang menggunakan baju adat khas daerah.




Cukup banyak wisatawan yang selfie sukaesih disini hihihi. Teman-teman bisa mengambil spot foto seru seperti masuk ke rumah adat, dan berfoto dengan pasangan maniken.

Yang rindu kampung halaman bisa bernostalgia disini yaa,  seperti kemarin banyak keluarga dari Medan, Bali,  dan Papua yang berfoto di rumah adat.



Sesuai dengan tema Jatim Park I sebagai wisata edukasi,  kita akan diajak bernostalgia belajar sejarah dong ya. Nah... Salah satunya berupa ruangan yang berisi patung, diorama, dan maket peristiwa bersejarah di Indonesia.

Mulai dari penjajahan Belanda, Jepang hingga Proklamasi Kemerdekaan dan peristiwa lain setelah Proklamasi seperti Konferensi Meja Bundar.

Aneka diorama jaman pra sejarah juga terdapat di Jatim Park I. Selain itu keanekaragaman tempat ibadah beserta aktivitasnya disajikan dalam bentuk diorama berukuran kecil.

Sungguh mengasyikkan, apalagi bila sepi pengunjung,  lebih khusyuk menikmati macam-macam koleksi budaya dan sejarah di Indonesia.








Di Jatim Park I ini banyak sekali wahana permainan anak. Hampir ada empat area permainan. mulai dari taman bermain,  kolam renang,  Froggy, Tour Bus,  Flying Tornado,  Samba Balon-Columbus,  Superman Coaster, hingga 3D Theatre. Anak-anak pasti sangat puas bermain disini. Saya rasa satu hari disini pasti bisa menikmati semua wahana yang tersedia.

Area pembelajaran yang disediakan oleh Jatim Park I menurut peta wisata ada dua bagian.

  1. Bagian pertama terdiri dari Taman Agro, Taman Sejarah, Adegan Prasejarah, dan Keraton Nusantara. 
  2. Bagian kedua terdiri dari Galeri Etnik Nusantara,  Jawatimuran, dan Science Center, Kimia Biologi.



Di blogpost berikutnya akan saya ceritakan tentang Science Center,  jangan lupa mampir juga yaaa.

Nah.. Bagi teman-teman yang ingin mengajak anak-anak berwisata sambil menikmati wahana permainan serta belajar tentang budaya dan sejarah Indonesia, Jatim Park I bisa dipertimbangkan dalam list destinasi wisata yaa.


Jatim Park I
Jl. Kartika No.2, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315



11 comments:

  1. waaah komplit banget liputannya mbak Dira..bikin pengin berkunjung ke sana lagi..soalnya luas banget ya tempatnya jadi rasanya sehari belum puas deh nikmati semuanya...semoga bisa segera ke sana aaah.. tks ya tulisannya membantu plus keren bingits....

    ReplyDelete
  2. Semoga bisa berkunjung ke jatim park 1 seperti mbak dira dan mas musa.

    ReplyDelete
  3. Menurutku traveling spontan seperti itu menarik. Walau tak selalu. Nah kejutan-kejutannya, ragu-ragunya, yang membuat cerita jalan-jalannya lebih bermakna. Jadi cerita menarik seperti cerita Jatim Park I ini, Mbak

    ReplyDelete
  4. Kayaknya udah banyak berubah nih. Dlu patung catur topeng ada di deket Taman Sesat, sekarang dipintu masuk awal ya mbak. Ah udah lama banget gak ke JP 1. Jadi pengen kesana mba Indi. :)

    ReplyDelete
  5. Insya Allah september aku mau ke malang, kayanya must visit banget ini ya... Semoga anakku gak takut lihat bagong.

    ReplyDelete
  6. Asiikk mba dira mulai travel blog. Jadi bisa lebih tau banyak wisata di Jawa. Terima kasih untuk informasinya mba :)

    ReplyDelete
  7. Terakhir ke Jatim Park 1 itu kapan ya? Apa pas masih kerja ya? agak lupa saya. intinya sejak itu saya belum traveling ke Jatim lagi.. Trus jadi mupeng gara-gara bolak-balik baca postingan Mbak Dira

    ReplyDelete
  8. Berarti ada jatim park II kah gitu ya mba? Btw tempatnya seperti museum ya, kesukaan suami ku. Paling cocok bawa suami kesini tapi kalau aku tidak hehehe

    ReplyDelete
  9. Wahhh, saya belum pernah ke Jawa Timur... Hihihi. Semoga suatu saat juga bisa kesana mbak Dira. Terimakasih sharingnya tentang Jatim Park mbak!

    ReplyDelete
  10. Aku cuman sekali ke Jatim Park 1, tapi dulu belum ada area ini. Sekarang makin keren aja ya. Macam TMII deh kalo ada area ini

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komentar. Mohon tidak memberikan link hidup ya 😊.

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES