Friday, April 20, 2018

The Bagong Adventure, Museum Tubuh Terbesar di Asia


Hallo readers... Siapa yang belum pernah ke Kota Batu,  Kabupaten Malang? 

Kota Batu di Jawa Timur selalu menjadi magnet yang kuat untuk mengundang para wisatawan. 

Saya dan suami paling senang jalan-jalan ke kota ini, selain wahana wisata yang beragam, juga didukung oleh udara yang sejuk plus dingin dan minim polusi udara. 
Kota Batu selalu bikin kangen dech *kecuuup*.

Meskipun perjalanan menuju Kota Batu harus dilalui dengan kemacetan panjang,  orang rela berkutat dengan antrian yang mengular, tapi banyak wahana wisata yang bisa dikunjungi. 
Salah satu destinasi wisata yang selalu ramai  khususnya oleh para pelajar adalah
  The Bagong Adventure, Museum Tubuh

Museum yang mengklaim dirinya sebagai Museum Pertama dan Terbesar di Asia ini menyuguhkan pameran pendidikan tentang bagian dan fungsi tubuh manusia. Penyajiannya sangat interaktif,  jadi kita bisa membayangkan sedang berada dalam bagian tubuh kita sendiri. 





The Bagong Adventure,  Museum Tubuh


Dari jauh terlihat bentuk bangunannya yang khas yaitu kepala Bagong dengan mulut "menganga", dengan posisi tengkurap,  tangan kanannya terangkat seperti hendak menyapa pengunjung. Hehehe, penasaran juga kenapa penampilannya mesti begitu amat.


Pintu masuknya tepat di mulut Bagong, plusbkita serasa akan masuk ke dalam tubuh Bagong. Eh busyet, gue ditelan!!

Masuk kedalam mulut Bagong eh Museum Tubuh, agak takjub dan terpukau sich, karena tampak struktur otak manusia yang berukuran super besar menggantung di udara. Museum Tubuh ini didesain sedemikian rupa hingga mirip bentuk aslinya, keunikannya yaa ukurannya yang super jumbo. Jadi, lebih mudah edukasinya karena super size kali ya?

It's like woooow, gimana cara buatnya?


Di semua dinding penuh dengan tulisan edukasi, terbayang di kepala saya ini pasti sepanjang jalan ketemu pelajaran biologi huueheeuehue.

Tiket masuk untuk dewasa dikenakan Rp.60.000 per orang, kebetulan Musa tinggi badannya belum perlu membayar. Yeaaay... bisa buat beli snack khan!

Otak Manusia

Berhubung saya pergi berempat, dengan Musa dan kedua Eyangnya, jadi kesempatan untuk menikmati ruangan tidak semaksimal seperti pergi dengan suami. Ditambah lagi Musa paling takut masuk ke ruangan tertutup, alhasil sepanjang jalan dia menangis minta gendong hihihi. Lumayanlah, encok, pegal, linu emaknya stroooong, cyiiint!




Desain Ruang Praktek Dokter Gigi

Kesan pertama yang saya rasakan tentang Museum Tubuh ini keren banget!! Bisa membuat maniken, tiruan atau apalah namanya dengan sedetil mungkin.

Saya rasa kalo di kampus-kampus kuliah dan praktikumnya pakai contoh segede itu, mahasiswanya pasti mudheng banget yaa hahaha.


Sesuai namanya, The Bagong Adventure ini menawarkan wisata edukasi mengenai tubuh dan segala macam aktivitas, mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Cocok banget dikunjungi oleh anak-anak usia pelajar, mahasiswa khususnya bidang kesehatan seperti kedokteran, keperawatan, kebidanan,  dll.

Berbagai macam bentuk visual sangat membantu bagi mereka yang ingin belajar lebih detil.

Di setiap ruangan kita akan disuguhi berbagai macam "pengetahuan" tentang masing masing bagian tubuh.


Bagi teman-teman yang memiliki anak di usia sekolah, saya rasa sebaiknya mengajak anak anak ke Bagong Adventure ini di pagi hari saat masih sepi. Teman-teman bisa melihat dan mengamati berbagai anatomi dan fisiologi tubuh manusia dengan lebih puas.



Ada 7 Atraksi yang ditawarkan di The Bagong Adventure ini,  antara lain:
Cadaver, Free Medical Check Up, 3D Cinema, Heart Zone, Teeth Zone, Eyes Zone, dan Become A Doctor.

Pokoknya lengkap sich menurut saya, maklum aja kuliah dulu belajarnya tentang ini semua  *lol*.

Bagi teman-teman yang tidak pernah berhubungan dengan "dunia" ini, masih bisa kok have fun dengan foto-foto mencari lokasi yang instagramable heueheuehu. Dibuat senang aja, kalau bosan bisa buru-buru cari pintu keluar.


Beberapa tips bagi teman-teman yang ingin mengunjungi The Bagong Adventure Museum Tubuh:

  1. Sebaiknya sudah makan, karena jalannya jauh banget, lumayan bikin lapar kalau jalan pelan-pelan *dasar tukang makan*.
  2. Bagi yang membawa anak, jika anak takut gelap, sebaiknya diedukasi sejak awal, karena beberapa ruangan bercahaya redup.
  3. Jika memiliki anak usia sekolah, Museum Tubuh ini sangat cocok untuk edukasi tentang pelajaran Biologi. Sebelum mengunjungi bisa bermain tebak-tebakan dengan anak.
  4. Jangan lupa berfoto di tempat tempat yang diperbolehkan, buat kenang kenangan hehehe.
  5. Museum Bagong ini buka setiap hari mulai pukul 08.30 sampai 16.30. Jadi, sebaiknya datang pada sore atau pagi hari saat tidak terlalu ramai yaa.

Didalam lift selalu ada cerita edukasi

Pelayanannya menurut saya cukup menyenangkan, guide di masing masing "stand" cukup ramah dan murah senyum. Bahkan saat kami datang selalu menawarkan bantuan memotret kami sekeluarga. Berhubung kami kurang narsistik, terpaksa tawaran tersebut selalu kami tolak hahaha.


 Nah... Sudah mempunyai referensi wisata edukasi baru untuk anak-anak dan keluarga khan?  Oh iya.. Jangan lupa mampir juga ke blogpost berikutnya yaaaa.

Happy sharing, happy travelling ❤




Museum Tubuh Manusia
The Bagong Adventure
Jl. Kartika No.1, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314
0341597777


28 comments:

  1. Wah, keren banget. Kayaknya asyik bawa anak ke sana. Thanks infonya. Kapan bisa ke situ yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak Emmy, semoga betah mampir kemari yaa Mbak

      Delete
  2. Whuaa batu emang destinasi wisata ramah anak no.1 nih. Insya Allah sept ke sana aaah kmrn udah ngantongin tiket promo pas GATF. Heee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa Mbak Arum, favorit dech ke Batu. Asyik banget buat jalan-jalan sekeluarga. Welcome to East Java yaaa

      Delete
  3. Ini tempat yang ingin kami kunjungi ketika mudik nanti. Aamiin..
    Makasih infonya mbak Dira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mudik ke Batu yaa Mbak Lisa, siap-siap macet yaa Mbak hihi. Semoga bisa ketemuan yaa

      Delete
  4. Kereeen museumnya. Aku belum pernah ke sini Mbak, tapi anakku sudah. Waktu acara English Camp ke Pare, Kediri..rombongan berkunjung ke Bagong Adventure ini..
    Bisa didatangi nih biar si Adik dapat ilmu juga
    Thanks for sharing Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pas mudik ke Kediri atau Madiun bisa singgah ke Batu-Malang dulu yaa Mbak Dian. Tapi jauh yaa muternya :D

      Delete
  5. wahhh kerenn, tempatnya penuh wawasan. Pasti anak-anak senang sekali diajak kesana karena melihat langsung, karena saat diceritakan mereka hanya bisa membayangkan.
    terima kasih sharingnya mba dira :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah berkenan mampir Teh Eggy ^^

      Delete
  6. Waah...saya belom pernah kesana Mba Dira, pdhal wkt anak msh kuliah di sana, 3 bln sekali saya pasti ke malang & sudah banyak daerah wisata yg saya kunjungin...ini wajib didatangin nih...tq.infonya Mva Dira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Bunda Srie, pasti seru jalan-jalan dengan anak-anak ke wahana di Batu.

      Delete
  7. Kami harus ke sana!!!
    😁😁😁

    Btw ini di Batu bagian mananya ya mba?
    Sama Museum Angkut dan Jatim parknya deketan mana?

    Sudah lama banget ga pernah masuk ke tempat-tempat ginian.
    Padahal baru juga dari Batu.
    Macetnya itu gak kukuuuu...

    Lewat Cangar, gak kuat maboknya karena jalannya ekstrim.
    Semoga jalan tol Malang Pandaan segera jadi dan disusul tol Malang Batu 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maceeett ya ampun Mbak Rey, kami berangkat juga panjang banget hhehehe. Gempor nyetir mobilnya.

      Museum Tubuh sebelahan sama Jatim Park I Mbak, persis disampingnya.

      Delete
  8. Wah seperti ini rupa rupanya, waktu saya ke Batu masih tahap pembangunan..sudah jadi, keren yaa, thx infony mb dira :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi sudah mau mampir yaa Mbak Mega :D

      Delete
  9. Beberapa destinasi baru di Malang aja belum sempat nyenggol, eee udah ada yang baru lagi.Kan tambah pengen aku, Mbak. Btw cocok banget nih buat jelasi ke anak-anak. kalau pakai gambar kan udah biasa, trus kurang asoy juga. Kalau kayak gini anak2 pasti tertarik banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke Batu kalo sehari langsung pulang rasanya gak puas Mbak Damar, pegal di jalan yaa. Harus ajak anak-anak ke Museum Tubuh Mbak, terus di video buat belajar di rumah dicocokin sama buku hehehe,

      Delete
  10. Kalo kaya begini belajar biologi jadi menyenangkan ya.. aku juga pgn ajak anak liburan kesini.. BTW gagal fokus kenapa hrs si bagong ya yg jadi pemeran utamanya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu yang belum seraching kenapa tokohnya Bagong Mbak Bella. Wisata edukasinya memang cocok untuk ajak anak-anak usia sekolah Mbak Bella ^^

      Delete
  11. Dulu Museum Tubuh ini belum dijadikan wahana terpisah dari Jawa Timur Park. Tapi memang sedari dulu lokasinya menarik! Bisa menjawab rasa penasaran saya yang saat itu masih kecil. Kayaknya anak-anak wajib diajak ke sini, deh, sebab mereka bisa main sambil belajar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga baru tahu kalo pernah gabung dengan Jatim Park lho Mbak Imaniar hihii. Anak-anak pasti heboh :D

      Delete
  12. Wah belum pernah kesini, kayaknya nunggu anakku gedean dikit kuajak ke sini deeeeh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar waktu Luigi masuk TK aka Mbak Septi hihii, Musa kemarin nangis terus karena ruangannya banyak yang redup biar fokusnya ke objek anatomi.

      Delete
  13. Hihi aku liatnya suka geli-geli gimana gitu mba.. :D Tapi ini baguuusss banget ya buat anak-anak apalagi.. Dan aku belom pernah ke Malang aaaakk pingin ke sana.. :D Di museum ini bisa medical check up juga mba? Waw, mayan juga yaah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha geliii yaa Mbak Dita.
      Iyaa bisa medical check up, tapi waktu itu antrinya panjang, saya ga coba Mbak hehwhw

      Delete
  14. Menarik yaa .. bisa lihat ragam fungsi anatomi tubuh dengan ukuran besar2.
    Kita semua jadi tau banget fungsi2nya.

    Seperti mengingat pelajaran masa sekolah dulu, tapi dengan visualisasi lebih menarik.

    ReplyDelete
  15. Salam kenal mba Dira. Saya belum pernah ke Batu, karena jauh banget dari Jakarta, hehehe. Tapi sepertinya kota Batu ini banyak banget tempat wisatanya ya, soalnya saya sering baca postingan tentang berbagai tempat wisata di kota Batu ini. Rasanya pengen banget mencoba mengunjunginya.

    Agak heran, kenapa namanya musti Bagong ya? Apakah mungkin ada filosofinya? Tapi sayangnya kurang pencahayaan ya, jadi bagi yang takut gelap, bisa paranoid juga, hehehe. Idenya sangat kreatif, wisata sekaligus edukasi. Coba di Jakarta ada kayak gini. Yang nambah bukannya tempat wisata, tapi mall, hotel dan kantor. Mall, hotel dan kantor. Itu-itu lagi, kan bosen ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komentar. Mohon tidak memberikan link hidup ya 😊.

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES