Wednesday, September 13, 2017

Playdate




Dear Mommies...

Apa kabar? Masih semangat donk yaa bermain dan belajar dengan Si kecil?

Playdate sebenarnya semacam kegiatan bermain buah hati dengan teman-temannya, bisa outdoor atau indoor. Orang tua biasanya mengundang teman-teman anak untuk bermain dan mengajarkan sosialisasi.



Sementara dalam bahasan ini, saya kerucutkan menjadi permainan bersama antara ayah dan buah hati hehehe.


Moms sendiri apakah pernah membiarkan Ayahnya anak-anak untuk pergi beraktivitas berdua dengan Si kecil?

Jika pernah, seberapa sering?

Ternyata sangat bermanfaat lhoh Moms bila anak sering playdate dengan ayahnya. Salah satunya Moms bisa me time dengan tenang hahahaha :D *That was so truuuue*

Interaksi pengasuhan anak oleh ayah dapat memberikan kontribusi penting bagi  perkembangan anak,  khususnya anak laki-laki.

Sementara kita tahu waktu yang dihabiskan ayah berinteraksi dengan anak lebih sedikit dibandingkan dengan ibunya. Bagaimana tidak, ayah akan bekerja mulai dari pagi hingga sore hari, itupun belum lembur
an tugas kantor lainnya.

 Iya khan Moms?

Nah terpaksa kita harus mencarikan waktu yang "frekuensinya" sama antara ayah dan buah hati. Jika dipaksakan untuk beraktivitas berada di waktu yang tidak tepat, yang ada malah perang dunia ke tiga, empat, lima, dan seterusnya.

Mengapa penting bagi anak untuk playdate dengan ayahnya, khususnya tanpa ibu? Menurut beberapa penelitian, bounding (ikatan) interaksi antara ayah dan anak bisa diciptakan dengan sering berbicara, berkomunikasi, dan berinteraksi dengan anak.


Saya upayakan untuk Musa dan ayahnya ada waktu pergi jalan-jalan berdua. Tidak setiap hari donk ya, tapi ada waktu khusus, dimana saya tidak ikut. Memang tidak seharian penuh, tapi waktu beberapa jam ini sangat penting bagi kami untuk menciptakan bounding tadi.


Apa saja yang bisa dilakukan Ayah untuk meningkatkan bounding dengan anak?


  • Menstimulasi tumbuh kembang sejak bayi (mengajak bicara, mendongeng, bernyanyi, menggendong, bermain yang memancing stimulasi motoris anak)
  • Bermain di Kids ground
  • Berjalan-jalan di sekitar rumah
  • Menyuci mobil/sepeda motor
  • Naik sepeda berkeliling kompleks rumah
  • Membuat permainan Do It Yourself ala ala youtuber (yang ini seringnya gagal, karena sudah diacak-acak duluan)
  • Berkeliling mall, bermain di arena bermain anak.


Manfaat yang bisa didapatkan dengan playdate antara ayah dan anak:

  • Ayah akan menjadi teladan bagi anak
  • Interaksi komunikasi dengan anak menjadi lebih lancar
  • Anak akan merasa percaya diri dan bahagia dekat dengan ayahnya
  • Menumbuhkan sikap ingin kuat seperti ayahnya
  • Anak akan belajar mandiri dan menjadi berani
  • Anak akan belajar bertanggung jawab
  • Ayah dapat memberikan solusi terhadap masalah saat bermain, memberikan motivasi, dan inspirasi saat bermain bersama anak. 
  • Anak akan menjadi belajar bertanggung jawab melalui interaksi dengan ayah



Selain manfaat diatas, tentunya anak juga merasa bahagia berinteraksi dengan ayahnya. Jika setiap hari bertemu ibunya, yang biasanya ada ritme tertentu menggunakan Nada tinggi (hahahaha...curhat gue), perlu diminimalisir dengan kehadiran ayah yang tentunya berpengaruh secara psikologis.

Anak juga ada masanya merasa bosan dengan ibunya (kali yaaaa, tetap diikutin juga sich maminya haha). Nah dengan Playdate ini insyaallah bisa merefresh pikiran buah hati kita.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Moms yaa. Silahkan diambil baiknya, buang yang dirasa tidak bermanfaat.


Artikel ini diposting dalam rangka #kebbloggingcollab dari Grup Raisa

Happy sharing, and happy blogging♥


19 comments:

  1. Bener banget. Anak juga harus dekat dengan ayahnya, tidak hanya dengan ibunya aja.

    ReplyDelete
  2. Mau banget nih minta suami pergi berdua sama baby F, tapi suami masih belom pede karena baby F masih 14 bulan.

    Akhirnya bonding yang biasa dilakukan adalah nemenin baby F tidur siang kalo suami lagi di rumah.

    ReplyDelete
  3. Setujuuuuu, bagi saya pergi sama papa utk playdate jg seru, krn mama selalu bilang kl mau main kuda sama papa aja. Jadi memang ada aktivitas bermain yg asiknya dikerjakan bareng ayah. ^_^

    ReplyDelete
  4. Keseimbangan itu perlu ya mbak. Biar anak bisa dekat sama kedua ortunya, kalo ibu udah pastilah ya, lbh banyak waktunya bersama anak. Tapi kalo ayah kan ga. Makanya ayah harus pinter bagi2 waktu nih biar anak ga kurang perhatian

    ReplyDelete
  5. Hampir tiap sabtu, anak saya playdate dengan Bapaknya. Dan tampaknya dia sangat menikmatinya. Dia akan terus bertanya kapan hari Sabtu lagi. Mama juga senang karena itu berarti waktu me time, walau hanya beberapa jam saja.

    ReplyDelete
  6. Setujuuu! Anak saya 12 bulan laki-laki deket banget sama ayahnya, kalau weekend pengennya nempel ayahnya terus, ke bundanya kalau haus mau nyusu aja hihi

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah setiap hari ada waktu bagi anak2 dan ayahnya bermain bersama di luar. Memang terasa sekali manfaatnya

    ReplyDelete
  8. Betul, penting banget anak menjalin kedekatan dengan si ayah. Kedua anakku juga dekat banget dengan ayahnya. Sering menghabiskan waktu bareng si ayah tanpa bunda.

    ReplyDelete
  9. Anakku suka banget playdate sama ayahnya.. Besok juga mau aku tinggal seminar. Terpaksa deh ninggalin baby2 dirumah. Tapi alhamdulillah ayahnya malah support n siap bermain dengan 3 bocah cow nya.. Xixix

    ReplyDelete
  10. Emang beda mbak efeknya. Waktu kecil aku jarang ketemu ayah soalnya ayah kerja di luar kota. Aku lebih deket sama ibu dibanding ayah jadinya. Bonding yang kudapat malah pas ayahku pensiun

    ReplyDelete
  11. Anakku dua cowok meski sudah gede selalu ada jadwal playdate sama bapake, mbak:) Seperti Sabtu, kadang mereka pergi bertiga tanpa aku. Syukurlah mereka lumayan dekat padahal dulu kami sering LDR sama bapake.

    Btw...TFS, Mbak Dira:)

    ReplyDelete
  12. Terima kasih ide-idenya. Patut dicoba nih 😃

    ReplyDelete
  13. Anak saya setengah hari penuh bersama ayahnya karena laki-laki jadi aku biarkan mereka dekat

    ReplyDelete
  14. Kalau main sama bapak, ngajari lebih berani juga. Anak saya sering diajak main ke lapangan sama bapaknya. Emaknya bisa lanjut beberes rumah terus ngopiii :-D

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah paksu kerja dari rumah, biasa nemenin anak main juga..

    ReplyDelete
  16. setuju anak harus dekat denan ayah....supaya perkembangan jiwanya seimbang

    ReplyDelete
  17. Kelekatan anak dengan ayah memang perlu, untuk menyeimbangi kelekatan anak dengan ibunya. Karena ada karakter tertentu yang hanya ayah yang bisa menstimulasinya.

    ReplyDelete

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES