Thursday, May 3, 2018

Nostalgia di Museum Angkut Batu Malang



"Wow... Ini apaaaa?"
" Kereeenn banget!"
"Haaaaah?"
"Oh... Wooow!"

Melongo,  itulah ekspresi saya pertama kali masuk ke ruangan luas, yang berisi banyak banget mobil klasik.

  Some people said, It's just like travel back in time😍.

Gimana enggak,  mobil dari jaman sebelum Indonesia merdeka ada disini, beraneka merek, type, hingga tahun serta dari berbagai negara,  ditulis lengkap beserta bendera negaranya.

Kalau teman-teman pernah nonton Sherlock Holmes, Indiana Jones, James Bond (era kesukaan Ayah saya - Sean Connery), sampai jamannya Elvis Presley, nah ini hampir semua mobil-ada disana.

So classic and unique




Sengaja tak ingin browsing tentang Museum Angkut di internet, kami justru makin surprise. Pas banget orang tua saya suka sekali sama mobil-mobil ini, berasa nganterin mereka nostalgia di jaman Galih dan Ratna. Owh so sugar sweet :)). Musa excited banget, pengen lari-lari masuk kedalam mobil. Alhasil saya dan suami sibuk pegangin dia *lol*.

Agak surprise karena koleksi mobilnya lumayan banyak, mulai dari brand yang terkenal sangat mahal seperti Mercedes Benz, Porsche, Land Rover, Renault, Rolls Royce (most of it), dan Volkswagen. Di zona Amerika  Cadillac dan Mustang turut show off. Ford, Chevrolet, Alfa Romeo berbagai type pun juga ada disini.



Ada juga Chrysler Windsor Deluxe mobil di era Presiden Soekarno. Masih gagah mentereng, bodynya pun kinclong.




I'm so in love with this placeπŸ˜‚, secara saya suka banget mobil klasik. Berasa maen di film James Bond jaman baheula :))).


Favorit saya pastinya  yang kapnya terbuka,  dengan body depan super lebar.  Iiiiiih asik kali yaaa bisa nyetir mobil segedhe ini keliling kompleks rumah.
*khayaal banget Gaes*
 *masuk angin*
*siap-siap kerokan*

Percaya atau tidak, ternyata sebagian mobil ini "hidup" dan bisa dipakai lhoh. Sering juga dipamerkan keliling Museum Angkut.



Tak ketinggalan banyak pengunjung yang berusaha touching-touching  mobil-mobil itu,  mungkin pengen ngetes itu bodynya betulan atau dari kayu *dont try this,  please*. Ada juga sich yang boleh dipegang doang, tapi jangan dinaikin yaak heuu.





Selain mobil klasik, juga ada helikopter,  air plane bergelantungan, plus yang paling saya sukai ada juga disini.
Apa hayoooo?
Replika/miniatur mobil mini,  Diecast, banyaaak banget! Tertata rapi didalam lemari kaca, duh pecinta Diecast pasti suka.
 Jadi pengen ambil kresek, bawa pulang satu-satu
*eh*
*aroma maling*





Oh iyaa... Buat yang belum pernah ke Museum Angkut, pasti rasanya bingung yaa, ngapain sich pergi ke museum, konvensional banget. Ternyata Museum Angkut ini adalah museum transportasi, didesain dengan cara modern lhoh, gak akan bosan berada disini. 

Museum Angkut menjadi destinasi wisata favorit saya di Kota Batu. Selain karena bersih,  juga tertata rapi dan terkonsep dengan apik. Gak melulu soal selfie, juga banyak edukasinya. Alur perjalanan dari satu lokasi ke lokasi lainnya tidak membingungkan. Beragam moda transportasi mulai jaman baheula ada disini seperti sepeda kayuh, sepeda motor, becak,  kapal kayu,  mobil, helikopter, truk, hingga tank (((tank))).

Mostly, mobil sich yang paling lengkap koleksinya di Museum Angkut

Spot foto bagi yang hobi selfie dan wefie juga tersedia cukup banyak. Jangan kuatir! 


❤❤❤



Okaay... Kembali ke laptop. *halah*
Setelah puas berkeliling melihat aneka mobil kuno nan unik, kami menuju ke lantai dua menggunakan lift.

Di lantai dua tak kalah seru ada beraneka transportasi laut, seperti replika kapal kayu yang super duper keren banget. Dibuat secara detil.





Movie studio bisa juga teman-teman nikmati. Beragam moda transportasi laut,  udara,  dan air ada kisahnya di lantai 3. Area ini peralatannya pun lumayan lengkap,  niat banget settingnya.
Two thumbs up!


Okaay skip skip skip...

 Pokoknya seru dech di lantai 2 dan 3, perjalanan selanjutnya menuju ke area terbuka yang juga tak kalah mencengangkan.



❤❤❤



China Town

Setelah tadi melewati perjalanan aneka transportasi, lalu bertemu zona wisata China Town sempat mikir apa hubungannya ya? 

Ternyata transportasi masa itu ada juga disini, dan itu berasa keren aja. Tak ketinggalan mobil,  sepeda motor,  dan alat pengangkut berjejer di pinggir jalan. Dihiasi  lampion khas China Town yang menggantung di udara,  kami seakan berada di Singapore dan Kya-Kya di Surabaya (era dimana China Town di Surabaya lagi booming...). 

Unik dan seru


Beberapa bajaj, bemo, becak motor terparkir di pinggir jalan. Di area Pecinan ini kita seolah-olah berada di pasar  mencicipi beberapa sajian kuliner, ada gerobak soto - jangan lupa bayar yaa :)))

Setelah melewati China Town, kami singgah di area Batavia dan Sunda Kelapa. Aaah.. Nuansa jaman lampau langsung terasa, dokar,  becak,  hingga truk super besar  pun ada disini. Nuansa pelabuhan disetting dengan apik dan konsepnya pas banget, menggambarkan suasana pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta.






Gangster Town

Awal masuk ke lokasi ini, oh okay ini Gangster Town!
Berasa di film-film Hollywood lah pokoknya,  settingnya seperti kota kecil di Amerika, heuuuu.

Di pinggiran jalan ada mobil-mobil klasik lagi parkir. Sementara itu, di sebelah kanan kirinya ada cafe, barber shop kayak jaman lampau gitu.

Kalau teman-teman beruntung, bisa melihat performance flash mob di Gangster Town lhoh. Kita bisa berada diantara pemain teater yang lain nari flash mob gitu. Asiiik dech, seruuu lah jadi bagian flash mob sambil cekikikan hihiii.
Kadang ada Costplay, Ghost, boneka kartun, semuanya ikutan joget, lucu-lucu sich, mereka berbaur dengan pengunjung.



Di lokasi ini juga sering tampil performance Broadway Street, kadang ada yang nge-dance, nge-band, teatrikal juga (hasil browsing di Youtube).

Ini spot keren banget buat foto di tengah jalan, tapi kalo pas lagi rame pengunjung  musti pasrah yaa hihii ^.^

Puas berjalan-jalan?

Oh tidak! Masih panjang perjalanan kita pemirsa.
 *kibas mic*

Lokasi berikutnya kami menuju ke Eropa, mulai dari Italy,  Perancis, lalu Jerman dengan tembok Berlinnya. Beragam setting cafe ada disini. Ada juga London Market [yang ini saya gak ngerti apa ciri khasnya hehehe].
Zona yang lumayan seru  di Buckingham Palace.
[Apes...  Baterai saya low bat, jadi pengabadian foto berfaedah berakhir disini.]

Nah... Saat menuju keluar gedung, sudah ada lokomotif yang udah tua banget mengepulkan asap tanda akan berangkat. Asapnya itu betulan ngebuuul, hitam pekat :)))).





Pasar Apung Nusantara


Astaga kenapa pula ada pasar apung diantara moda transportasi, pikir saya pas ngeliat zona ini pertama kali. 

Whatever, pokoknya konsep Pasar Apung Nusantara ini asik banget sich.

Siapapun yang mendesain area ini perlu dipeluk eh diancungin jempol. 

Floating Market! 

Pasar!

Apung! 

Pasar = makanan = belanja! 


Gimana enggak, capeeek beuuut jalan dari depan sampai kemari. Yang ada kaki lemas, mata berkunang-kunang, pusing kepala, gara-gara KELAPARAN :)))).

Begitu saya lihat beraneka food court yang ditata apik sekali, plus suasana di pinggir kolam super besar,  sukses saya borong gorengan plus es teh manis dua gelas. 
*mamak doyan makan* 


Pasar Apung Nusantara ini pas banget lokasinya disitu dech pokoknya. Pengunjung bisa langsung mengisi kekosongan jiwa perut dengan beraneka makanan yang tersedia. Plus cuci mata dengan membeli souvenir,  yeaaay!
*mamak girang, semua senang*


Indonesian Heritage Museum

Di samping Pasar Apung Nusantara ini juga ada Indonesian Heritage Museum.

What?  

Apalagi ini?

Jadi, beragam koleksi batik, senjata antik,  dan beraneka topeng dipajang disini. Ada juga berbagai benda antik yang menggambarkan budaya Indonesia seperti koleksi buku.

Senjata antik yang dipamerkan seperti beraneka keris dari berbagai kerajaan di Indonesia.

Area berikutnya Hollywood and Last Vegas, akan saya tulis di blogpost kapan-kapan yaaa.

Nah... Akhirnya selesai juga mengelilingi Museum Angkut yaah. Setidaknya butuh waktu sekitar
2-3 jam menikmati berbagai zona di museum unik ini. Lama yaa? Ini pun udah skip banyak tempat, cuman lirik doang langsung go!
Tapi rasanya excited dan fun banget!

❤❤❤

Hari dan Harga Tiket Masuk:

Hari Senin - Kamis Rp.  60.000,-
Weekend dan hari libur Rp. 100.000 orang

Lebih hemat kalau beli tiket paket atau terusan yaa,  tapi saya gak catat totalannya :)).
So, datangnya pas weekday aja,  ambil cuti. Selain harga tiketnya murah, puaas banget jalan-jalan disini karena agak sepi. 



Tips bagi teman-teman yang ingin berkunjung ke 

Museum Angkut :

  • Pakai sepatu kets atau sandal yang nyaman di kaki,  karena lokasinya sangat luas. 
  • Datang di hari kerja,  supaya puas mengunjungi aneka spot disana.
  • Selalu membawa tongsis, stabilizer, gorilla pod, atau apalah supaya konten yang dihasilkan makin kece.
  • Selalu charge hp,  kamera sebelum berangkat,  pasti nyesal kalo low bat.
  • Kosongkan memori hp sebelum berangkat, sayang donk pas mau cekrek teng tong memori anda penuh.
  • Pakai kaos atau baju yang menyerap keringat agar nyaman kalo lagi banyak pengunjung.
  • Usahakan sudah sarapan sebelum berangkat, khan sayang kalo kelaparan.
  • Bagi yang membawa kamera, akan dikenakan  tarif khusus yaa, kecuali kamera hp.
  • Jangan lupa touch up, make up dulu,  benerin jilbab dulu sebelum difoto yaaa hueheuehue. Asliiii spotnya cocok banget buat yang narsis abis. 
Banyak amat yaaak tips-nya hahaha. 


Overall, Museum Angkut ini jadi destinasi wisata "terasyik" bagi saya dan keluarga. Gak nyesal mampir kemari meskipun waktu itu hujan deras banget plus adegan dipayungin ama mas-mas security (satpam-red)  :))). Btw fotonya banyak pake stiker, kami udah kusut banget, pegeel πŸ˜‚πŸ˜‚.

Okay... Segitu dulu yaaa kisah (((kisah)))  jalan-jalan ke Museum Angkut. Buat yang belum pernah ke Batu, harus datang ke Museum Angkut. IS A MUST!

Oh iyaa... Jangan lupa mampir ke next blogpost yaaaaa. 

Baaaaaiiii :)))


Museum Angkut

Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu
Jawa Timur
65314
0341595007

19 comments:

  1. Wis terbayang kalo aku disana bakal banyak cekrek-cekrek dah...hahaha. Lah semuanya kece badai gitu. Dan akhirnya bingung mau upload yang mana

    Ternyata tiketnya lumayan juga ya harganya kalo weekend, Mbak Dira

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa Mbak Dila, bingung memori hp sampai penuh :))
      Lumayan Mbak Dila bertiga 300rb kalo weekend, belum lagi jajannya hehehe

      Delete
  2. Jadi kepengen ke sana lagi karena pas ke sana waktunya hanya sebentar jadi belum puas kelilingnya. Membaca tulisan mbak Dira ini bikin ngiler deh...mupeng ke sana lagi

    ReplyDelete
  3. Ahhhh mau banget ini saya cita2 ke museum angkut malang.. makasih loh mbak referensinya

    ReplyDelete
  4. Makin pgn kesiniiiiiii...
    Tp klok aku kayaknya bakal lama di area mobil klasik. Suka bgd soalnyaaaa...makasih sharenya ya mbk, lengkap, harga tiket plus tips pula.

    ReplyDelete
  5. Kenapalaaaah pas aku ke malang 2013 des, ini blm adaaaaa. Hihhh... Sejak itu blm prnh ke sana lagi. Keren banget memang kalo aku baca dari blog2 yg nulis ini. Itu foto yg di china town, beneran dapet bgt suasananya ya mba. Yg die cast itu lgs inget ama koleksi suami aku hahahaha. Dia jg punya bnyk di rumah.. Dia mah pasti tergila2 kalo ksana, secara pecinta mobil

    ReplyDelete
  6. Sudah ke sini 2 tahun yang lalu dan puas banget..Waktu itu masih harga lebaran, jadi kena harga khusus 65 ribu kalau enggak salah. Dan dengan koleksi yang sedemikian bersejarah, lengkap dan penataan yang modern Museum Angkut memang wajib didatangi kalau ke Batu..Keren!!

    ReplyDelete
  7. Aku pengin ke situ mba...kematin lihat postingan temen di fb kayaknya asik banget tempatnya

    ReplyDelete
  8. ihhhh kerenn, pengen banget ke daerah Jawa Timur :(

    ReplyDelete
  9. Wahh bahaya ini! Bahaya kalo ngajak anak-anak bisa kalaap nggak mau pukang heuheueheu... kerennn bingitt tempatnya. Bikin makij muoeng ke Malang. Kyaaaaaaaaa!

    ReplyDelete
  10. waaah, aku juga lagi nulis tentang ini mbaaa, belum selesai hihihi. Museum Angkut recomanded bangeeet memang :)

    ReplyDelete
  11. Aahh racun banget ini sih infonya. Kan aku jadi pengen... Tipsnya yang harus datang di hari kerja aku banget tuh, males aja ke tempat wisata pas hari libur, beuuh gayaa... hehee..

    ReplyDelete
  12. Pernah ke museum angkut dan kudu nyiapin energi ekstra terutama kaki kl ke Malang, hahahahaha

    ReplyDelete
  13. Kebayang ni serunya berkunjung ke sana. Kapan yaaa.. aku juga suka liat mobil klasik yg di film2 itu. 😁

    ReplyDelete
  14. Mobilnya unik dan antik ya...dan ternyata masih berfungsi?? Perawatannya pasti maksimal. Barang kuno tapi masih bisa jalan, kereen!!

    ReplyDelete
  15. Wah baca tulisan ini jadi nostalgia MUSeum Angkut jaman masih berdua sm suami. Ternyata mba Dira pecinta mobil klasik toooh, kirain knapa fotonya pakai stiker mbak, akhirnya ada jawabannya. Harus bawa Luigi kesini.

    ReplyDelete
  16. sayangnya satu aja kita ga boleh bawa kamera beneran ya ke dalem heheh...eh boleh ding ya tpi kena charge khusus yaa....

    anak dijak ke sana seneng bangetakunya yg udah beberapa kali ke sana dah pegal duluan...
    luas bangeet

    ReplyDelete
  17. seru ya datang berkunjung ke museum angkut ini. wishlist nih.

    ReplyDelete
  18. Apik-apik koleksinya ya .. juga tema nya beragam.
    Lokasi ini cocok banget buat pecinta selfie.
    Keren banget.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komentar. Mohon tidak memberikan link hidup ya 😊.

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES