Friday, April 20, 2018

Ketika Saya Ketagihan Editing Video ❤





Vlog alias video blog, salah satu konten yang mampu menarik perhatian pembaca di blog.

Rasanya kalau membaca blog tentang travelling, kecantikan,  dan masakan terus ada videonya, saya sukaaaa banget,  berasa puas aja baca kontennya. Kalo aku sich yes, kalian yes juga khan? Gak tahu lagi ya kalo Mas Anang.
Meskipun ngabisin kuota juga sich hahaha. *goyangin tower provider*



Trend membuat vlog sendiri sudah jauh-jauh hari dilakukan banyak blogger, terutama beauty blogger dan travel blogger. Saya selalu takjub dengan ketelatenan mereka,  ngurusin video itu gak gampang lhoh!  Sueeeer! Urusan foto yang cetar, ditambah vlog "Hallo Gaes" sambil muter-muter, duuuh berat,  saya gak kuat, cepat panggil Dilan! Eh panggil Bang Radit!




Saya sendiri termasuk blogger yang gaptek banget untuk urusan edit video huhuhu. Kalau Ata Halilintar udah bisa dapat ratusan juta dari bisnis ini, saya mah masih buat kirim-kiriman video Musa di WAG Keluarga aja udah senang heuheueheu.



Jadi, kalau lihat Eka Gustiwana, Edo,  dan Kaesang, saya suka envy aja, pengen juga suatu hari seperti mereka. Ssssssttt... Blogger abal-abal pengen jadi Youtuber,  bahahaha ngedit video aja,  saya masih kagok banget. Dira tolong yaa mimpinya diatur yang sopan,  jangan ketinggian *kibas kemoceng*. Mereka mah kelasnya bukan cuman ngevlog huhuhu.

Kebetulan komunitas Joeragan Artikel yang digawangi oleh Ummi Aleeya memberikan training gratis kepada Pasukan Blogger. Kami dipandu oleh Rafi, mahasiswa LP3I untuk menggunakan Viva Video. 
Pokoknya Emak-emak di WAG Pasukan Blogger mulai eksis ngevlog dan semakin aktif upload di Youtube *kiss satu-satu*. Tawaran diendorse pun berdatangan. OMG... siapa bilang Emak Jaman Now gaptek!

So, inti cerita kali ini,  saya sedang ketagihan editing video untuk di upload di blog. Saya pun mencoba beberapa aplikasi edit video yang bisa diinstall di Android. Sembari tiduran, me time ala-ala saya sekarang sambil edit video *emak gaool jaman now*.

Beberapa aplikasi editing video yang ramah untuk emak gaptek macam saya,  antara lain:


Viva Video Maker 




Keunggulan aplikasi bernuansa oranye ini, penggunaannya mudah dan fitur-fiturnya tidak ruwet. 
Untuk vlogger pemula (((vlogger wannabe)))  seperti saya,  cocok banget pakai Viva Video Maker ini. 




Tema yang ada juga buanyak banget, tapi saya kurang suka pakai tema sich ya. Bagi yang suka pakai blink-blink,  love-love,  butterfly effect, lengkap kok tema di Viva Video ini.  span style="font-family: inherit;">Untuk stiker dan teks juga tersedia,  lucu-lucu bingitts, hahaha. Cocok buat yang suka iseng kayak saya dech.

Untuk membuat video dengan suara kita dipadukan dengan musik, kita  bisa mengeraskan atau mengecilkan audio pada video. Seru dech, saya jadi makin semangat nge-review produk, sambil latihan dubbing drama Korea hahaha. 


Kekurangan Viva Video yang gratis,  tentu saja ada watermarknya. Bagi teman-teman yang ingin menghilangkan watermarknya, sebaiknya beli di Google Playstore yaa. 



Filmora Go


Tahun lalu saya sempat menginstall Filmora, tapi belum sempat mempraktekkan dengan serius, keburu lupa. Tuch khan, kebanyakan alasan.

Fitur-fitur dan tema-nya memang tidak sebanyak Viva Video,  tapi menurut saya malah lebih seru untuk membuat seperti tampilan slide. 



Menurut saya Filmora Go ini cocok untuk pemula yang ingin belajar cara editing video. Menu-nya gak ruwet, cukup mudah khususnya buat emak-emak yang ga suka terlalu ribet.




KineMaster




Salah satu aplikasi editing video favorit saya adalah KineMaster.
Kalo menggunakan aplikasi ini,  saya betah berjam-jam mengutak-atik video Musa, anak saya.


Keunggulan aplikasi KineMaster menurut saya di bagian edit terdapat multilayer. Fitur-fiturnya sangat lengkap, tombolnya pun mudah diakses. Tinggal klik klik, rasanya cukup mudah menggunakan KineMaster bagi yang menyukai tombol semacam ini. 




Teman-teman bisa menggunakan foto dan video dengan aplikasi KineMaster ini. Bagi pemula bisa mencoba mengeksplor KineMaster pelan-pelan. Tidak sesulit yang dibayangkan kok, justru malah bikin ketagihan hehehe.



Selain itu ragam audio-nya juga lebih banyak dibandingkan dengan Viva Video,  bahkan kita bisa membeli lagu-lagu lain kalo bosan dengan lagu/audio yang disediakan. 



Power Director



Alplikasi Power Director terkesan rumit! Menurut saya dari sisi fitur, banyak yang tersembunyi. Perlu usaha keras untuk mengulak-ulik fitur-fiturnya.



Untuk pemula seperti saya, biasanya akan kesulitan di awal-awal.  Sebaiknya menggunakan Power Director kalo sudah ahli saja yaa heueheuehue.

Bagi yang sudah expert,  Power Editor ini bisa dieksplor, hasilnya sungguh sangat apik. Nanti kalau sudah bosan dengan aplikasi lain, bisa dicoba lhoh aplikasi Power Director ini. 

Gimana? Tertarik untuk membuat video dengan aplikasi editing video di android? Ternyata seru banget lhoh dengan mengedit video,  kita bisa mengabadikan momen penting bersama keluarga.  Selain itu juga bisa meningkatkan "nilai jual" blog khan,  apalagi untuk review produk, makin laris kalau blogger bisa editing video sendiri.

Kalo saya sukanya bikin video jalan-jalan dan wisata kuliner :))) Masih abal-abal, baru belajar jadi mohon maaf kalo masih kasar yaa videonya.


Jalan-jalan ke Surabaya North Quay

Jalan-jalan di Klub Bunga Butik Resort

Jalan-jalan di Klub Bunga Butik Resort

Yuuuuk...  Jangan ragu lagi, buat yang merasa gaptek,  mari belajar editing video menggunakan aplikasi diatas yaa. Ternyata tak semengerikan yang saya bayangkan. 

Jangan lupa Subscribe Youtube saya yaa Gaeees :))) @ShaniaRani.







13 comments:

  1. Wah makasih banyak infonya. Kemaren aku masuk grupnya terlambat. Jadi belum paham betul. Hihihi

    ReplyDelete
  2. Aku belum pernah nyoba pakai Kinemaster..
    Sejak dapat ilmu dari AA Rafi belum dipraktekkin secara detil, karena ada beberapa urusan #halah
    Padahal penasaran banget dan pengin nambah profesi satu lagi..vlogger! hihihi..

    Keren semangatnya Mbak Dira, ahh...

    ReplyDelete
  3. wiih info keceh mba, saya pernah bikin video puisi pake filmorago yah lumayanlah hehehe :) TFS

    ReplyDelete
  4. mantep banget mbak, semangat terus dan telaten. Kalau saya pribadi lebih suka pake Quik dan Google photos sih untuk buat video. Keren dan gratis juga fitur-fiturnya. Oiya mbak, di videonya sepertinya kurang stabilize deh, berasa goyang-goyang pas merekam.

    ReplyDelete
  5. Saya masih belum nemu selahnya mba bikin video yg greget. So far masih nyaman nulis dan edit gambar. Tapi setuju blogger tanpa video itu kaya ada yg kurang.

    ReplyDelete
  6. Asiiikk jadi vlogger hehehe.
    Sama aku juga lebih suka dengan kine master, karena hasilnya lebih smooth hehehe.
    Asiikk akan banyak video kuliner dan wisata nih.
    Ditunggu videonya yang lain yaa mba dira :)

    ReplyDelete
  7. Saya malah belum bisa praktik sampai sekarang, kentara banget gaptenya yah...
    Mudah-mudahan suatu waktu bisa juga praktik.

    ReplyDelete
  8. Makin keren nih mba Dira. Saya belum maksimal ngedit pake hape ini, kendalanya di alat pas rekam entah kenapa suaranya seringkali ga muncul. Jadi kalau bikin video ngeditnya musti di lappy. Tapi mau coba lagi ahh nanti biar syemakin cetar kaya mba Dira

    ReplyDelete
  9. Wah, keren banget. Saya juga suka ketagihan kalau sudah pegang vidio. Makanya sengaja gak bikin dl. Ntar yg lain keteteran. Heheheh

    ReplyDelete
  10. Keren infonya Mba Dira, saya blm nyoba.

    ReplyDelete
  11. HP saya dah nggak muat buat donlod aplikasi lagi. Huhuhu.. Nangis di pojokan kalau lihat teman-teman dah bisa buat video.

    ReplyDelete
  12. setuju mbak. Buat video itu beraaaattt!! Tapi aku kesenengan buat vlog. Padahal viewersnya ratusan aka aku udah senang 😆

    ReplyDelete
  13. saya juga kemarin suka edit-edit video pakai viva sama kinemaster. sayang sekarang sudah mulai jarang rekam-rekam lagi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan komentar. Mohon tidak memberikan link hidup ya 😊.

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES